Iveco Meluncurkan Iveco Stralis NP 6×2 Bertenaga LNG

Baru-baru ini, produsen truk asal Italia Iveco meluncurkan versi 6×2 dari Stralis NP yang bertenaga LNG. Ini bukan kali pertama bagi Iveco memproduksi truk-truk berbahan bakar gas. Sebelumnya Iveco meluncurkan Stralis NP 4×2 pada tahun 2016.

Sayangnya debut Iveco pada truk-truk berbahan bakar gas kurang sukses di pasaran. Iveco Stralis NP 4×2 hanya terjual di Inggris sebanyak 25 unit. Hal ini lebih dikarenakan pasar lebih menyukai truk-truk berkonfigurasi 6×2 ketimbang 4×2.

Merespon kebutuhan customer-customernya, Iveco Stralis NP 6×2 pun diluncurkan. Truk ini didesain dengan daya angkut operasional 44 ton. Versi baru ini ditenagai oleh engine 4 Cp 13 NPcp 4-bit bervolume 12 liter dan transmisi 12-kecepatan Hi-Tronix yang sama dengan versi 4×2.

Kekuatiran atas jarak tempuh yang terbatas telah ditangani dengan pemasangan tangki gas ganda, yang memberikan potensi jarak tempuh mencapai 750 km. Ukuran roda-rodanya sementara masih dilengkapi dengan diameter konvensional 22.5 inchi pada semua tiga axle-nya.

Stuart Webster, direktur bisnis Iveco menyatakan: “Customer-customer kami memberikan sinyal bahwa range model truk yang kami produksi akan menjadi kunci untuk memenangkan pembelian yang mereka lakukan, dan kami yakin bahwa solusi truk-truk berbahan bakar LNG kami akan memberikan jarak tempuh optimal untuk sebuah truk bertenaga gas dengan konfigurasi 6×2.”

(TP)

Leave a Comment