JCB 510-42, Telescopic Handler yang Mampu Mengangkat Beban 4,5 Ton Tanpa Outrigger

jcb_510_42_loadall_equipina

Outrigger bagi sebuah alat berat yang didesain untuk mengangkat beban berat seperti crane atau telescopic handler merupakan bagian yang sangat vital. Outrigger menjaga keseimbangan alat berat dengan menambah titik tumpu alat berat pada sisi kiri maupun kanan. Tanpa adanya outrigger alat berat bisa terguling. Namun bagaimana jika sebuah telescopic handler mampu mengangkat beban berat tanpa outrigger? Inilah yang dikembangkan oleh JCB melalui produknya, telescopic handler JCB 510-42.

Produk yang diluncurkan pada Agustus 2017 ini memang menjadi satu terobosan baru pada lifting equipment. Betapa tidak, fungsi outrigger sebagai penyeimbang pada crane telah dikenal sejak ditemukannya truck-mounted crane pada tahun 1947. Sejak saat itu, setiap pabrikan pembuat crane selalu menyertakan outrigger pada crane yang diproduksinya. Namun outrigger sendiri memiliki kelemahan: waktu yang dibutuhkan untuk mengatur posisi outrigger cukup menyita waktu apalagi di area yang kurang ideal seperti di tanah yang lunak atau tidak rata. Seringkali waktu untuk mengatur outrigger hampir sama lamanya dengan pengangkatan bendanya sendiri.

JCB telescopic handler 510-42 Loadall memiliki kemampuan mengangkat beban maksimum 4,536 ton sedang ketinggian boom maksimumnya mencapai 12,8 meter. Untuk mengangkat beban maksimum maupun pada ketinggian maksimum unit ini tidak memerlukan outrigger, sehingga sangat menghemat waktu.

Menggunakan engine JCB EcoMAX ada 2 pilihan engine untuk unit ini: 100 Hp dan 74 Hp. Kedua engine ini didesain ramah lingkungan, hal ini ditunjukkan dengan tidak diperlukannya Diesel Particulate Filter (DFP) untuk varian 100 Hp. Sementara untuk varian 74 Hp tidak memerlukan DFP atau Diesel Engine Fluid (DEF).

Inovasi dilakukan juga dari segi maintenance, dimana interval service adalah 500 jam, lebih tinggi daripada kebanyakan alat berat yang memiliki service interval 250 jam. Prosedur maintenance pun disederhanakan dengan semua daily check cukup dilakukan pada permukaan tanah, tanpa perlu menaiki unit. Untuk membantu manajemen maintenance, JCB 510-42 dilengkapi dengan sistem telematik LiveLink yang menyediakan informasi status unit melalui perangkat remote.

Dengan berbagai fitur yang jauh di depan dari produk-produk sejenis, JCB 510-42 memang menawarkan berbagai kelebihan yang membuat berbagai pekerjaan pengangkatan material menjadi lebih efisien. Sayangnya produk ini baru tersedia di wilayah Amerika Utara.

JCB merupakan perusahaan alat berat terbesar memfokuskan produk-produknya pada sektor konstruksi dan pertanian. JCB memproduksi lebih dari 300 model alat berat seperti Loadall telescopic handler, backhoe loader, excavator, wheel loader, compact excavator, skid steer loader, compact track loader, Access aerial work platform, rough terrain forklift, dan Fastrac tractor.

 

(BW)

(Visited 5 times, 1 visits today)