News

JJ-Lurgi Memperluas Portofolio di Indonesia: Penyelesaian Pabrik Oleochemical 200 Kilo Ton Diserahkan ke Sinar Mas Cepsa

Salah satu anak perusahaan Jebsen & Jessen Indonesia Group, JJ-Lurgi telah sukses menyelesaikan pengerjaan pabrik oleochemical yang berkapasitas 200 kilo ton per tahun untuk Sinar Mas Cepsa (joint-venture antara Golden Agri, unit usaha Group Sinar Mas, salah satu penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia., dan Cepsa, perusahaan minyak dan gas dari Spanyol). Pabrik ini menjadi fasilitas industri hilir fatty alcohol terbesar yang dimiliki oleh Sinar Mas.

jj_lurgi_portfolio_jebsen_jessen_equipina

JJ-Lurgi telah menyelesaikan lebih dari 300 pabrik pengolahan di Asia Tenggara dan China. Proyek mega ini menjadi salah satu pencapaian JJ-Lurgi di Indonesia dan memperkuat posisi perusahaan sebagai penyedia teknologi mutakhir dengan kapabilitas engineering yang handal.

Selain itu, Radju Munusamy, Chairman Jebsen & Jessen Indonesia Group, mengatakan, “Proyek ini menjadi salah satu bukti akan kemampuan Jebsen & Jessen Group dalam menyediakan solusi teknologi terbaru dan produk tepat guna yang dibutuhkan industri di Indonesia, dan sekaligus menunjukkan pentingnya Indonesia dalam cakupan kawasan Jebsen & Jessen Group.”

Dari kapasitas pabrik yang mencapai 200-kilo ton per tahunnya, sekitar 160-kilo ton akan digunakan untuk fatty alcohol, salah satu bahan utama untuk produk personal care dan sabun cair. Untuk kapasitas 40-kiloton lainnya akan digunakan untuk memproduksi fatty acids, yang merupakan bahan untuk deterjen dan glycerin. Fasilitas produksi ini didesign sedemikian rupa oleh JJ-Lurgi untuk dapat mengakomodir perubahan dalam rasio kapasitas.

Pabrik yang berlokasi di Dumai, Sumatera ini memanfaatkan palm kernel oil dan akan melayani pasar internasional di Asia dan Eropa.

Jakob Helms, President Direktur JJ-Lurgi Engineering Indonesia mengatakan, “Pabrik baru ini memperlihatkan keahlian teknikal dan engineering kami di industri oleochemical. Penyelesaian pabrik ini telah menunjukkan kesuksesan kami di industri komoditi Indonesia sekaligus menambahkan jumlah pencapaian JJ-Lurgi.”

 

(ES)