John Deere Mendapat Penghargaan World’s Most Ethical Companies

John Deere (www.JohnDeere.com), perusahaan alat berat asal Amerika Serikat yang berfokus menyediakan berbagai alat berat dan layanannya pada industri infrastruktur, konstruksi dan pertambangan, baru-baru ini berhasil penghargaan World’s Most Ethical Companies. Penghargaan diberikan oleh Ethisphere Institute, sebuah lembaga yang membuat peringkat perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia yang dinilai memiliki praktek bisnis paling beretika.

Pada tahun 2018 ini 135 perusahaan yang berasal dari 23 negara dan 57 jenis industri memperoleh penghargaan dari lembaga yang berdiri sejak 2007 ini. John Deere merupakan 1 dari 12 perusahaan yang selama 12 tahun berdirinya Ethisphere Institute berhasil meraih penghargaan secara berturut-turut setiap tahunnya.

Metodologi penilaian diberikan berdasarkan standar yang dibuat oleh Ethisphere yang disebut Ethics Quotient (EQ), yang terdiri dari 160 pertanyaan pada 5 kategori, yaitu ethics and compliance, corporate citizenship and responsibility, culture of ethics, governance and leadership, dan innovation and reputation. Sebuah perusahaan tidak saja diukur secara absolut dari standar ini saja, namun dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan sejenis pada industri yang sama. Hasil penilaian EQ diumumkan oleh sebuah tim panel Methodology Advisory yang anggotanya berasal merupakan pakar-pakar dari berbagai industri. Sebuah perusahaan akan memperoleh penghargaan tertinggi World’s Most Ethical Companies bila perusahaan itu konsisten setiap tahun memperoleh penghargaan tanpa jeda.

Sam Allen, chairman and chief executive officer John Deere mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi yang berhasil diraih John Deere, “Keberhasilan ini berawal dari komitmen John Deere untuk menegakkan perilaku beretika dan hal-hal yang benar dengan cara yang benar. Kami memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan standar integritas yang telah dibangun oleh John Deree sepanjang sejarah berdirinya.”

Sementara Timothy Erblich, chief executive officer dari Ethisphere dalam sambutannya mengomentari keberhasilan John Deere ini, “Perusahaan-perusahaan global yang beroperasi secara taat hukum merupakan kekuatan sosial terkuat untuk meningkatkan nilai-nilai kemanusiaan. Perusahaan-perusahaan yang berhasil meraih penghargaan World’s Most Ethical Companies merupakan perusahaan-perusahaan yang mampu menunjukkan kepemimpinan berdasarkan contoh.”

(TM)

Leave a Comment