Kobelco CKS900, Crane Handal Untuk Berbagai Pekerjaan Konstruksi

Pada pekerjaan-pekerjaan konstruksi dengan ketinggian, seperti pembangunan gedung, flyover, jalur Mass Rapid Transport (MRT) seperti yang sedang berlangsung di Jakarta membutuhkan crane yang handal. Berbagai benda dan material harus dipindahkan selama berlangsungnya proyek. Namun sifta dari proyek konstruksi juga sangat dinamis. Crane harus bisa mengerjakan berbagai pekerjaan secara fleksibel, tangguh dan aman.

kobelco_crane_cks_900_equipina

Kobelco CKS900 merupakan crawler crane hidraulik yang serbaguna. Crane ini bisa digunakan sebagai unit crane standar maupun dilengkapi dengan ekstensi jib maupun sebagai clamshell. Kapasitas maksimumnya mencapai 100 ton, dengan panjang boom maksimum 61 meter dan tambahan panjang 18 meter jika menggunakan jib standar. Sumber tenaganya menggunakan engine Hino J08E-VM, 4 silinder, turbocharge, berpendingin cairan. Engine ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 286 Hp dengan kapasitas bahan bakar mencapai 400 liter.

Huruf akhir S menyatakan bahwa unit ini menggunakan software penghemat energi Kobelco G-Mode. Seri S ini juga menyatakan unit merupakan penyempurnaan desain dengan berbagai komponen yang memudahkan crane ini mudah untuk dimobilisasi. Memiliki lebar 2,99 meter, Kobleco CKS900 memiliki bobot cukup ringan untuk crane dengan kapasitas 90 ton, tidak lebih dari 45 ton.

Unit crane ini dilengkapi dengan safety device yang akan mengkalkulasi bobot dari counterweight, slew angle dan ground level yang akan terpampang pada monitor pada kabin operator dengan desain baru. S series crane ini juga bisa diaplikasikan menggunakan bucket dan aplikasi pengangkatan hanya dengan memindahkan posisi switch pengaturan hydraulic circuit apakah menggunakan mode songle pump atau dual pump.

Unit ini memiliki standar sistem swing berbasis hidraulik yang mampu berputar 3600. Swing sistemnya menggunakan spring-set, untuk pengereman putarannya menggunakan sistem multiple disc yang terpasang pada swing motor.

Namun bukan itu saja, Kobelco CKS900 memiliki kabin yang tertutup seluruhnya yang memiliki sudut pandang luas. Kabin yang nyaman ini dilengkapi dengan asbak rokok, foot mat, footrest, cup holder, sun visor dan kursi operator yang bisa diatur dengan mudah.

kobelco_crane_cks_900_equipina_1

Berbagai fitur modern juga bisa ditemukan di unit ini, seperti sistem pendeteksi counterweight yang bisa meminimalkan terjadinya error ketiika dilakukan penyetingan counterweight, alarm yang otomatis mati selama berpindah tempat dan melakukan swing. Kamera pemantau yang bisa membantu operator untuk melihat keadaan sekitar dengan baik, kemudahan untuk melihat posisi crawler dan sistem penguncian joystick yang bisa mencegah terjadinya gerakan tiba-tiba akibat beban yang diangkat.

 

(ES)