Kolaborasi Caterpillar dan Newmont Dalam Pengembangan Alat Berat Autonomous Tambang Bawah Tanah

Caterpillar dan Newmont Mining, dengan dukungan dari Cashman Equipment Co., dealer Caterpillar di Nevada, Amerika Serikat, telah menandatangani perjanjian kerjasama untuk mengembangkan teknologi otomatisasi penambangan bawah tanah. Fokus awal dari upaya kolaboratif ini adalah sistem pengendali bawah tanah, Command,  yang merupakan sistem yang dikembangkan Cat untuk mengendalikan operasional alat berat semi-otonom bawah tanah. Command sendiri merupakan bagian dari Cat MineStar.

Newmont adalah pengguna terbesar teknologi otomatisasi alat berat bawah tanah Cat di belahan dunia barat. Newmont saat ini mengoperasikan loader bawah tanah menggunakan Command untuk pemuatan material di tambang emas Carlin yang terletak di Nevada Utara. Nantinya, perjanjian kolaborasi ini akan memanfaatkan pengalaman Newmont selama ini dalam operasional otomatisasi alat berat bawah tanah untuk menghasilkan peningkatan-peningkatan pada tahap selanjutnya.

“Mengotomasi loader bawah tanah memungkinkan operator alat berat bekerja dengan aman dan efisien dari ruang kontrol di permukaan tanah,” kata Graden Colby, manajer operasi bawah tanah, pertambangan Leeville. “Selain meningkatkan keamanan, sistem semi-otonom dapat meningkatkan utilisasi loader, meningkatkan produktivitas dan memungkinkan satu operator mengendalikan dua atau lebih alat berat.”

Perjanjian kolaborasi ini berupaya meningkatkan teknologi yang ada dan mempercepat pengembangan fitur-fitur baru alat-alat berat bawah tanah. Newmont, Caterpillar dan Cashman akan bekerjasama untuk memastikan teknologi Command memberikan manfaat baik sekarang maupun di masa depan. Perjanjian ini juga menyediakan akses untuk berbagi informasi antara ketiga belah pihak dalam pengambilan keputusan strategis terkait dengan otomatisasi.

“Bisnis kami dibangun dengan membina hubungan jangka panjang untuk menghasilkan nilai bagi pelanggan kami,” kata Randy Schoepke, manajer komersial bawah tanah dari grup teknologi pertambangan Caterpillar. “Kesepakatan kami dengan Newmont memungkinkan dua pemimpin industri untuk mengatasi tantangan dan mendorong satu sama lain untuk mencapai perbaikan dalam kinerja dengan memanfaatkan pengalaman dalam dunia nyata sebaik-baiknya.”

“Melalui visi bersama kami dengan Caterpillar dan Cashman – yang sejalan dengan komitmen top manajement kami – kami memasuki babak baru di pertambangan untuk meningkatkan keselamatan kerja, produktivitas, dan sekaligus menekan biaya,” kata David Thornton, manajer umum operasional bawah tanah Newmont pada pertambangan Carlin Newmont. “Perjanjian ini menyediakan landasan untuk menciptakan kemampuan baru atau mengembangkan yang kemampuan sudah ada secara cepat, bisa diujicoba, dan bila terbukti bisa langsung diadopsi ke dalam operasional pertambangan kami.”

Perjanjian ini juga memungkinkan sistem ini bisa direplikasi secara cepat di seluruh bisnis Newmont. “Melalui model bisnis global dan jaringan dealer Caterpillar, sistem Command ini dapat digunakan secara relatif mudah di tambang-tambang Newmont lainnya dan menghasilkan nilai tambah bagi operasional kami secara konsisten,” jelas Mike Wundenberg, wakil presiden teknologi operasional dan inovasi Newmont.

(HP)

Leave a Comment