Komatsu Excavator PC195LC-8, Excavator Efisien Untuk Berbagai Pekerjaan Infrastruktur

Pada ajang Construction Indonesia 2017 yang berlangsung pada tanggal 13 – 16 September 2017 yang lalu, PT. United Tractors, Tbk. menampilkan salah satu produk terbarunya, yaitu excavator Komatsu PC195LC-8. Sebetulnya produk ini bukanlah produk terbaru dari United Tractor, karena sejatinya Komatsu PC195LC-8 diluncurkan pertama kali pada April 2017 yang lalu.

komatsu_pc195lc8_equipina_1

Namun, unit ini tetap menarik untuk disimak, apalagi kalau bukan berbagai kelebihan yang ditawarkannya di tengah persaingan pasar excavator kelas 20 ton yang sangat ketat. Memang kehadiran unit ini tidak terlepas sedang booming-nya sektor konstruksi di Indonesia dimana pemerintah sedang menggenjot pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia.

Ada yang cukup menggelitik dari unit ini, pada umumnya excavator kelas 20 ton menggunakan angka model 200, 210, 20 dan lainnya yang menyiratkan bobot dari unit tersebut berkisar 20 ton. Namun Komatsu PC195LC-8 menggunakan angka model 195 yang berarti bobotnya berkisar pada 19,5 ton. Bisa jadi hal ini merupakan bagian dari strategi marketing. Namun ternyata, dengan bobot yang sedikit lebih ‘ringan’ memberikan manfaat bagi customer. Secara logika, pengurangan bobot akan membuat sebuah unit alat berat lebih lincah, lebih hemat bahan bakar, dll. Hal inilah yang akan diperoleh customer.

Unit ini didesain sesuai dengan tuntutan sektor konstruksi. Pada sektor ini, volume bukanlah hal yang terpenting seperti pada sektor pertambangan. Sifat dari pekerjaan pada sektor konstruksi lebih mengutamakan kecepatan, fleksibilitas dan konsumsi bahan bakar yang irit. PC195LC-8 mampu melakukan swing dengan kecepatan 12 rpm. Sebetulnya tidak terlalu istimewa, karena Komatsu PC200LC-10 mampu melakukannya dengan kecepatan 12,4 rpm. Namun perlu diingat, swing speed Komatsu PC200LC-10 ini dihasilkan oleh engine yang lebih besar kapasitasnya. PC200LC-10 menggunakan engine Komatsu SAA6D107E 6.69 liter yang menghasilkan output 158 Hp, sementara PC195LC-8 menggunakan engine SAA4D107E 4,46 liter yang menghasilkan tenaga maksimum 123 Hp.

Dengan hanya sedikit perbedaan performance dari ‘kakaknya’, Komatsu PC195LC-8 hanya mengkonsumsi bahan bakar 14 liter/jam untuk economy mode dan 16 liter/jam untuk power mode tergantung dari jenis aplikasi kerja. Pada umumnya excavator kelas 20 ton mengkonsumsi bakar berkisar 20-30 liter per jamnya. Penghematan konsumsi bahan bakar ini juga disebabkan penggunaan engine yang bersistem common rail yang menyebabkan timing penyemprotan bahan bakar terjadi pada saat yang tepat dan jumlah yang pas.

Komatsu PC195LC-8 memiliki mesin dengan standar Tier 3 equivalent yang ramah lingkungan serta Physical Vapor Deposition Piston Ring dan Additional Pre-filter untuk menjaga mesin agar lebih tahan lama.

Berbagai fitur canggih pun disematkan di excavator ini yang umumnya dimiliki oleh excavator kelas yang lebih besar. Sebut saja, kabin yang lebar dan nyaman dan mempertimbangkan faktor ergonomis dari operator. Kabin ini dilengkapi sistem pressurized yang membuat tekanan udara di dalam kabin lebih tinggi dari tekanan udara luar, sehingga mampu mencegah masuknya debu ke dalam kabin saat bekerja di area yang sangat berdebu.

Untuk melakukan pemantauan alat, Komatsu PC195LC-8 telah dilengkapi fitur Komatsu Machine Tracking System (KOMTRAX) dan Equipment Management Monitoring System (EMMS) yang dapat membantu pelanggan mengetahui lokasi, rekaman kerja alat dan kondisi alat, yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja dengan multi bahasa termasuk bahasa Indonesia.

komatsu_pc195lc8_equipina

Komatsu PC195LC-8 juga telah dipasangi heavy duty undercover plate pada bagian bawahnya sebagai solusi untuk mengurangi resiko kerusakan struktur bawah. Sedangkan untuk mengurangi resiko tercampurnya kotoran dan air pada sistem hidrolik, produk ini menggunakan triple dust seal pada silinder bucket-nya. Disisi lain, breather juga telah dipasangkan pada masing-masing tangki untuk mengurangi resiko tercampurnya debu ke bahan bakar dan oli hidrolik.

Salah satu fitur unggulan dari Komatsu PC195LC-8 ini adalah penggunaan bucket bertipe Most Efficient (ME) yang patennya dimiliki Komatsu. Sebagai informasi, bucket ME adalah bucket general purpose yang didesain dengan side cutter yang lebih landai. Dengan bucket ME ini akan mengurangi hambatan dari material yang digali karena dengan bentuk bucket yang khusus ini akan menyesuaikan dengan arah gerakan bucket. Dengan bucket seperti ini, konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih hemat, proses penggalian yang lebih cepat dan bucket pun menjadi lebih awet, karena friksi dengan material berkurang.

Masih banyak fitur-fitur yang dimiliki unit ini, berbagai fitur yang bisa mengefisienkan biaya operasional, waktu dan pemeliharaan, yang sangat dibutuhkan pekerjaan-pekerjaan multi dimensi seperti pada berbagai pekerjaan konstruksi.

 

(ES)