Komatsu PC2000-8, Big Excavator yang Mengutamakan Kemudahan Repair & Maintenance

Sejak excavator Komatsu PC1500-1 diluncurkan pertama kali pada tahun 1982 dan PC1600 pada tahun 1988, produk-produk hydraulic excavator berukuran besar dari Komatsu telah digunakan pada berbagai proyek pertambangan, quarry dan berbagai pekerjaan pemindahan material skala besar di seluruh dunia. PC1500-1 sendiri merupakan lompatan besar perubahan yang dilakukan Komatsu terhadap produk-produk hydraulic excavatornya, dimana sebelumnya line product excavator Komatsu yang terbesar adalah PC400.

PC1500-1 bersama bulldozer D555 juga menjadi alat berat pertama di dunia yang menggunakan micro computer.Namun setelah sekian dekade berlalu perubahan-perubahan yang dilakukan Komatsu pada ‘giant machine’ini relatif sedikit, bisa dikatakan tertinggal, dibanding kompetitor-kompetitornya. Selama bertahun-tahun produk-produk giant excavator Komatsu walaupun dikenal handal namun kurang responsif mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi.

Ketidakresponsifan terhadap perkembangan yang terjadi, pelan-pelan mulai menggerus kepercayaan customer terhadap produk-produk excavator berukuran besar Komatsu. Komatsu pun menyadari terjadinya ‘erosi’ kepercayaan ini. Perubahan pun dilakukan dengan meluncurkan PC1600-1. Perubahan terus dilakukan Komatsu untuk mengejar ketertinggalannya. Model Pc1600 dengan beberapa serinya dimunculkan dengan penambahan fitur-fitur baru, yang kemudian dilanjutkan dengan model PC1800.

Walaupun pembaruan-pembaruan terus dilakukan, namun beberapa tren terbaru pada industri alat berat belum sepenuhnya disematkan pada produk-produk baru yang diluncurkan. Salah satu ketertinggalan Komatsu adalah tren adopsi sistem standar emisi. Customer masih mendapat kesan, produk-produk excavator Komatsu masih tertinggal dibanding produk-produk excavator merek-merek lain.

Belajar dari situasi ini, Komatsu kemudian mengeluarkan langkah ‘revolusioner’ dengan membuat perubahan-perubahan dramatis pada excavator besar yang dikembangkan. Metodologi ‘Dantotsu’ yang didasarkan pada tiga fokus: environment, safety dan IT digunakan sebagai tools yang menjadi bagian pada desain dan pengembangan produk-produk terbarunya. Akhirnya pada tahun 2016, Komatsu meluncurkan PC2000-8 yang menjadi giant excavator yang sarat dengan berbagai fitur yang menjawab kebutuhan customer-customernya.

Salah satu fitur yang menjadi terobosan Komatsu pada produk PC2000-8 ini adalah kemudahan dalam melakukan repair & maintenance. Perubahan besar dilakukan Komatsu dengan membuat layout dari komponen-komponen penting pada PC2000-8 dalam sistem kluster dan modul sehingga proses repair & maintenace menjadi lebih mudah karena komponen-komponen penting dikumpulkan pada lokasi yang berdekatan.

Sistem kluster terlihat dari layout di bawah, dimana kita bisa melihat ada dua kluster dari komponen-komponen PC2000-8, yaitu kluster hydraulic system dan kluster engine. Pada kluster hydraulic system, hydraulic tank, control valve, swing motor, swivel joint dan hydraulic oil filter berada pada lokasi yang berdekatan, sehingga bila diperlukan pengecekan pada komponen lain, mekanik tidak perlu berpindah-pindah lokasi yang memakan waktu.

Pada kluster engine system, selain mengumpulkan beberapa komponen pada lokasi yang berdekatan, komatsu juga menggunakan sistem modul yang dinamakan Power Module. Pada module ini, engine, main pump, PTO, fan pumpberada pada satu box (modul) yang bisa dilepas sebagai satu kesatuan dari unit excavator. Dengan sistem baru ini berbagai pekerjaan maintenance bisa dilakukan dengan mudah.

Salah satu contohnya adalah pekerjaan overhaul, umumnya pekerjaan overhaul engine memakan waktu lama. Salah satu penyebab lamanya pekerjaan yang dilakukan adalah proses remove-install engine. Selain proses pencabutan berbagai aksesoris engine, seperti hose, kabel, fuse, dll, pekerjaan yang cukup memakan waktu adalah mencopot semua baut pengikat engine dan mengangkat engine keluar dari unit. Proses pengangkatan engine juga sering memakan waktu lama karena posisi engine yang terhalang oleh berbagai bagian dari unit.

Dengan sistem power module ini, cukup mengangkat satu bagian modul ini dari unit. Setelah engine berada di atas tanah, bisa dilanjutkan dengan pencopotan engine untuk dibawa ke workshop. Bahkan bila mekanik menghadapi keterbatasan tools untuk pekerjaan pencopotan engine, power modul ini bisa sekaligus dibawa ke workshop.

Proses instalasi engine juga bisa dilakukan dengan mudah. Setelah engine selesai dioverhaul, mekanik cukup menginstall engine pada modul sekaligus memasang berbagai aksesoris engine yang bisa dilakukan di atas tanah. Begitu telah selesai modul bisa diangkat ke engine compartement dan dilakukan proses penyambungan berbagai aksesoris engine. Dengan kemudahan ini, tidak saja waktu yang bisa dihemat, kesalahan pengerjaan juga bisa dihindari karena mekanik bekerja pada lokasi yang tidak menyulitkannya dalam bekerja. Tenaga mekanik pun bisa dihemat.

Dengan sistem kluster dan modul ini, tidak hanya pekerjaan besar seperti overhaul yang menjadi mudah, pekerjaan maintenance rutin pun bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini yang menjadi keunggulan Komtasu PC2000-8 dibanding excavator sekelas dari kompetitor-kompetitornya.

(TP)

Leave a Comment