Laser-Grader, Solusi Pekerjaan Grading Yang Membutuhkan Akurasi

Dalam pekerjaan-pekerjaan konstruksi dan penataan lahan, pekerjaan yang dilakukan tidak hanya pekerjaan utama. Misalnya dalam pekerjaan pembukaan jalan, setelah pekerjaan utama pada badan jalan diperlukan pengerjaan-pengerjaan yang sifatnya merapikan bahu jalan. Pada jalan-jalan tertentu pengerjaan pada bahu jalan seringkali diikuti dengan pengaspalan, walaupun kualitas aspal yang digunakan lebih rendah daripada kualitas aspal pada badan jalan. Atau pada pekerjaan penataan taman, seringkali diperlukan pembuatan kontur-kontur yang membutuhkan alat berat yang sesuai. Namun, tidak semua alat berat dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan seperti ini, mengingat umumnya alat berat berukuran besar yang ditujukan lebih ke volume pekerjaan. Disinilah dibutuhkan alat berat yang berukuran lebih kecil agar akurasi pekerjaan dapat tercapai.

Laser-Grader hadir memenuhi kebutuhan pekerjaan konstruksi dan penataan lahan yang membutuhkan akurasi sekaligus volume yang tinggi. Laser-Grader yang diproduksi oleh Laser-Grader Manufacturing, sebuah divisi di bawah P. Ronci Machine Co., USA sejak tahun 2003 ini menawarkan mini grader yang didisain khusus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan konstruksi yang membutuhkan akurasi tinggi.

laser_grader_garis_harmoni_equipina

Keakuratan Laser-Grader yang hanya memiliki satu varian model, 106-6WD diperoleh dengan penggunaan Trimble®  Grade Control System yang telah telah dipatenkan.

Sistem ini menggunakan kontrol sistem menggunakan laser yang terdiri dari 3 komponen, yaitu Sonic Tracer, Receiver dan Control Box. Sonic Tracer yang terpasang pada swing bracket akan mendeteksi sekecil apapun perubahan ketinggian kontur tanah dengan sinar laser. Data ketinggian tanah ini secara simultan dipancarkan dan diterima oleh Receiver yang terpasang pada tiang yang dilas pada mold board untuk kemudian disalurkan pada Control Box yang berada di depan operator.

Dengan Trimble®  Grade Control System ini, operator dapat mengoreksi ketinggian dan posisi mold board sambil beroperasi. Ketinggian dan kemiringan mold board pun dapat diprogram sesuai keinginan operator, sehingga operator cukup berfokus pada pengendalian unit Laser-Grader selama bekerja. Hal ini berbeda dengan kebanyakan grader yang berukuran lebih besar, dimana operator harus membagi konsentrasinya terhadap pengendalian grader dan juga pengaturan mold board.

Laser-Grader 106-6WD menggunakan engine Kubota Diesel D1105 3 silinder 1000 cc. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 22,5 Hp. Sistem transmisi menggunakan hydrostatic transmission untuk menggerakkan 6 roda secara independen (6 wheel drive) yang dapat bergerak secara articulated. Dengan bobot 1,45 ton, Laser-Grader 106-6WD dapat melaju sampai dengan kecepatan 16 km/jam. Laser-Grader 106-6WD dilengkapi dengan pusher blade untuk membersihkan area di bagian depan unit sebelum diratakan oleh mould board. Lebar dari pusher blade 1,5 meter, sedangkan mould board 1,8 meter.Dengan panjang keseluruhan 3,5 meter, Laser-Grader 106-6WD dapat berputar pada area yang sangat sempit (max turning radius 2.7 meter)

laser_grader_garis_harmoni_equipina_1

 

Laser-Grader 106-6WD yang diageni oleh PT. Garis Harmoni, sebuah perusahaan yang berbasis di Surabaya ini, menawarkan dukungan purna jual yang cukup handal baik service maupun spare part. Dengan workshop yang cukup besar di Gresik, PT. Garis Harmoni pun siap mengirimkan mekanik ke lokasi kerja customer di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

PT. Garis Harmoni
Mangga Dua Centre B7 No. 10
Jl. Jagir Wonokromo
Surabaya 60244
Telp. : 031 – 8432 821
Fax : 031 – 8432 964
Website : www.garisharmoni.com

 

(ES)

 

Leave a Comment