News

Liebherr Akan Berkolaborasi Dengan Autonomous Solutions, Inc. Untuk Mengembangkan Autonomous Dump Truck

Teknologi autonomous pada alat berat nampaknya akan menjadi keniscayaan alat berat di masa yang akan datang. Setelah berbagai produsen utama alat berat dunia seperti Volvo, Komatsu, Caterpillar dan Case mengembangkan prototipe-prototipe alat berat autonomous, giliran Liebherr mengumumkan rencana pengembangan alat berat autonomous untuk rigid dump truck yang diproduksinya. Hal ini disampaikan pada event Autonomous Industrial Vehicle Technology Symposium di Cologne, Jerman, baru-baru ini.

Baca juga :
Alat Berat Autonomous. Keniscayaan atau Ilusi?

Untuk mewujudkan rencana ini, Liebherr Mining Equipment Newport News Co., sebagai produsen alat berat Liebherr akan menggandeng Autonomous Solutions, Inc., sebuah perusahaan pengembang sistem autonomous terkemuka asal Amerika Serikat untuk mengembangkan sistem autonomous yang menggabungkan teknologi GPS, radio, dan teknologi informasi pada dump truck raksasa Liebherr.

liebherr_autonomous_equipina

Rencananya, dump truck autonomous Liebherr akan mulai diuji coba di site milik customer pada tahun 2019. Liebherr sendiri mulai intens mengembangkan teknologi autonomous sejak 2016.

Autonomous Solutions, Inc. akan mengembangkan sebuah sistem autonomous khusus bagi Liebherr yang diberi nama Mobius. Agak berbeda dengan sistem autonomous yang dikembangkan pabrikan-pabrikan alat berat lain, Mobius berbasis open platform yang memungkinkan sistem ini mengintegrasikan berbagai dump truck autonomous Liebherr sehingga memberikan fleksibilitas bagi customer-customernya.

Drew Larsen, Business Development Director Liebherr Mining Equipment Newport News Co. menyatakan, “Dengan mengadopsi platform dari Mobius, Liebherr memposisikan alat-alat berat autonomous yang diproduksi oleh Liebherr berbeda, dimana customer akan memperoleh kemudahan dalam pengoperasian. Saya percaya market akan menyambut baik pilihan yang diambil Liebherr ini.”

Sebagai tambahan, sistem Mobius ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan sistem diagnostik dan pengontrolan unit yang sudah dikembangkan Liebherr sebelumnya. Sistem Mobius akan mengintegrasikan sistem yang dibuat oleh Liebherr melalui serangkaian protokol yang terdisplay pada interface yang mengontrol unit secara keseluruhan.

 

(TP)