Liebherr Meluncurkan Bulldozer 50 Ton : PR 766

Baru-baru ini, Liebherr meluncurkan produk bulldozer terbarunya, PR 766, yang melengkapi line product bulldozer Liebherr pada kelas 50 ton. Memiliki bobot antara 46 – 54 ton (tergantung kelengkapan unit), PR 766 dimaksudkan sebagai penerus keberhasilan PR 764 sebelumnya.

Bulldozer bertenaga 422 Hp yang dihasilkan oleh sebuah engine Liebherr V-8 ini telah mengadopsi standar emisi Tier 4 yang sarat dengan teknologi-teknologi terbaru yang dikembangkan Liebherr. Seperti pada upaya mengurangi emisi gas buang, Libherr mengembangkan teknologi 2 tahap. Pada tahap 1, sebuah proses pengoptimalan proses pembakaran dengan mengurangi partikel-partikel pemicu kadar emisi tinggi pada saat berada di dalam engine. Liebherr mendesain sistem injeksi common rail yang diatur oleh sebuah kontroler yang juga dikembangkan sendiri. Pada tahap 2, gas buang yang dihasilkan pada Tahap 1 kemudian dikurangi kembali dengan katalis. Hasilnya engine ini lolos pada tahap pengujian kadar emisi Tier 4. Hebatnya, kadar emisi yang rendah ini diperoleh dari proses pada engine tanpa menggunakan filter, seperti yang umum dilakukan.

liebherr_766_dozer_equipina

Tenaga yang dihasilkan engine kemudian disalurkan pada transmisi hidrostatik yang didesain khusus, sehingga sekalipun unit PR 766 sedang beroperasi dengan beban maksimum, putaran engine tetap terjaga konstan. Hal ini sekali lagi membedakan sistem penggerak PR 766 dengan sistem penggerak pada bulldozer berukuran besar yang lain.

Seperti pada unit-unit bulldozer Liebherr Generasi 6 lainnya, PR 766 dilengkapi dengan fungsi ‘ECO’ yang memberi keleluasaan kepada operator untuk memilih mode pengoperasian high performance atau maximum efficency dengan konsumsi bahan bakar yang ekonomis.

Fitur lain yang tidak kalah inovatif adalah Proactive Power Management. Menggunakan kalkulasi yang rumit, kombinasi parameter-parameter eksternal dari unit disesuaikan dengan parameter engine . Jadi sekalipun ada gerakan halus pada joystik, tenaga yang dikeluarkan engine secara otomatis akan meningkat pada waktu yang singkat.

Kemampuan traksi unit bulldozer ini juga ditingkatkan, dengan teknologi oscillating undercarriage yang menjadi standar dari unit. Track roller akan menyesuaikan dengan kondisi medan yang dijalani. Alhasil, unit memiliki kemampuan traksi yang tinggi sekaligus bisa bergerak dengan halus, yang bisa dirasakan saat unit ini bergerak di medan berbatu-batu. Operator akan merasakan pengoperasian yang nyaman, sekalipun unit bulldozer ini melintasi permukaan bebatuan yang kasar. Hal ini juga berarti peningkatan umur komponen undercarriage.

Seperti pada PR 776, bulldozer Liebherr kelas 70 ton yang diluncurkan pada tahun 2016 yang lalu, kabin PR 766 terkesan lapang. Pada saat melakukan desain pada unit ini, memang Liebherr berfokus pada desain unit yang simpel dan aman dioperasikan. Interior kabinnya terasa sangat modern dan memberikan kenyamanan. Operator pun dimanjakan dengan inovasi single-lever dari Liebherr, dimana operator bisa melakukan banyak hal dengan hanya menggunakan sebuah joystick.

Kabin yang lapang merupakan salah satu pendukung yang membuat operator bisa merasa nyaman dan mengurangi kelelahannya. Salah satu fitur khusus pada kabin PR 766 adalah pengontrolan yang terpusat dengan layar sentuh (touchscreen) yang berwarna. Melalui layar kontrol ini, operator bisa melakukan berbagai pengaturan, seperti fungsi ECO, menggerakkan unit, termasuk steering. serta pengaturan perlengkapan safety, seperti rear view camera yang merupakan kelengkapan standar unit ini.

Kabin juga didesain secara ergonomis, sehingga operator bisa mengoperasikan berbagai hal, dari mulai travelling, pengaturan blade dan ripper. Pengaturan kecepatan travelling juga bisa dilakukan dengan mudah dengan melakukan penyetelan pada joystick, termasuk pengaturan gerakan unit secara halus, terutama pada kecepatan rendah. Joystick ini juga berfungsi sebagai alat pengendali saat pengoperasian ripper.

Desain PR 766 yang modern juga memberikan area pandang yang luas bagi operator pada semua arah. Baik pada pengoperasian pada medan yang miring, bahkan termasuk saat pengoperasian blade dan ripper, operator tetap memiliki area pandang yang luas, sehingga meningkatkan efisiensi dan keselamatan kerja.

liebherr_766_dozer_equipina_1

 

 

Dari sisi kemudahan perawatan, PR 766 memiliki akses-akses pada bagian penting unit seperti engine, filter, tangki, dll yang mudah. Dilengkapi penutup kompartemen yang bisa dibuka dengan lebar. Kompartemen engine juga memiliki lampu penerang sebagai kelengkapan standar, sehingga pemeriksaan harian unit bisa dilakukan dengan cepat dan efisien, bahkan saat kondisi minim penerangan. Interval penggantian oli hidraulik pada unit baru PR 766 bisa ditingkatkan sampai dengan 8000 jam, asalkan dilakukan pengecekan oli secara rutin.

Sebagai alat pembantu pengontrolan unit, sistem fleet managemen LiDAT disematkan sebagai standar kelengkapan bagi unit ini. Sistem ini menyediakan informasi unit secara lengkap yang berguna bagi perencanaan pengoperasian unit yang bisa dilakukan secara remote. data unit diupdate beberapa kali dalam satu hari dan bisa diakses secara mudah menggunakan web browser. Bahkan fitur canggih seperti aktivasi alarm bisa diatur, misalnya saat unit meninggalkan suatu area kerja yang telah ditentukan atau saat sebuah situasi kritis terjadi.

 

(BW)