Liebherr R9800, Giant Mining Excavator Untuk Pertambangan Skala Raksasa

Perkembangan alat berat dari waktu ke waktu menunjukan tren ukuran yang semakin besar, terutama pada alat-alat berat untuk pertambangan. Tentunya ada maksud dibalik ukuran yang semakin besar ini. Semakin berkurangnya cadangan bahan tambang setelah melalui proses ekploitasi selama bertahun-tahun, bahkan mungkin puluhan tahun, membuat perusahaan pertambangan dihadapkan pada pilihan untuk terus beroperasi dengan efisiensi yang tinggi atau menutup pertambangan itu karena sudah ekonomis lagi. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi adalah meningkatkan kapasitas produksi, dimana peranan alat berat sangat vital untuk meningkatkan produksi. Disinilah ukuran alat berat menjadi faktor penentunya.

Pada semua pertambangan, 2 jenis alat berat yang sangat menentukan kelangsungan produksi tambang itu adalah excavator dan dump truck. Sebagai salah merek alat berat terkemuka, Liebherr pun tidak ketinggalan memproduksi excavator dan dump truck raksasa. Untuk excavator, unit terbesar yang diproduksi pabrikan alat berat asal Jerman ini adalah R9800, yang bersama Hitachi EX8000 dan Komatsu PC8000, merupakan excavator raksasa kelas 800 ton. Sebelumnya, ketiga excavator ini dianggap sebagai hydraulic excavator terbesar di dunia. Setelah Caterpillar meluncurkan Cat 6090, yang merupakan excavator kelas 900 ton, Cat 6090 menjadi pemegang record sebagai hydraulic excavator terbesar di dunia.

Liebherr R9800 ditawarkan dalam 2 pilihan: backhoe dan front shovel. Excavator ini didesain untuk beroperasi pada pertambangan skala raksasa dengan kondisi paling ekstrim. Sebagai sumber tenaga, customer memiliki pilihan menggunakan 2 engine Cummins QSK60 60 liter 16 valve Tier 2, yang masing-masing mampu mengeluarkan output 2000 Hp pada 1800 rpm atau 2 engine MTU 12V4000 57,2 liter 12 valve Tier 2 dengan output masing-masing 1910 Hp pada 1800 rpm. Customer juga bisa memilih menggunakan engine elektrik. Pilihan ini diberikan semata-mata untuk memberikan keleluasaan kepada customer.

Unit ini didesain dengan filosofi memaksimalkan performance unit dengan meningkatkan efisiensi pada semua komponen individual, hal ini terlihat bukan sekedar jargon marketing. Bila dilihat dari 2 output yang menjadi tolak ukur kemampuan sebuah excavator yaitu bucket digging force  dan arm crowding force, Liebherr R9800 memiliki bucket digging force dan arm crowding force yang lebih besar dari dua pesaingnya, begitupun dengan swing speednya sebesar 3,6 rpm, jauh lebih tinggi dibanding pesaing-pesaingnya. Walaupun begitu unit ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Dengan kapasitas tangki 17.597 liter yang cukup untuk operasional selama 1 hari, Liebherr R9800 yang lebih besar sekitar 30% dari adiknya Liebherr R9600, namun konsumsi bahan bakarnya cuma 15% lebih tinggi dari Liebherr R9600.

Performance dan efisiensi yang sangat menjanjikan ini, diperoleh dengan mengoptimalkan kemampuan komponen-komponen yang sangat vital. Ambil contoh, ketimbang menggunakan hydraulic pump dengan kapasitas tinggi yang digunakan untuk travel, menggerakkan attachment dan swing, Liebherr R9800 menggunakan 10 variable flow axial piston pump berkapasitas menengah untuk menggerakkan attachment dan travel. Sementara untuk melakukan swing digunakan 4 pompa berkapasitas tinggi dengan sistem closed-loop, yang berarti Liebherr lebih memfokuskan hidraulik sistemnya untuk melakukan swing yang memang lebih diperlukan saat melakukan loading-unloading material.

Untuk mengontrol semua gerakan unit, Liebherr R9800 menggunakan sistem Litronic Plus hasil pengembangan Liebherr yang memungkinkan pengontrolan semua gerakan baik travel, menggerakkanb attachment maupun swing, bahkan bila semua gerakan itu dilakukan pada saat yang bersamaan. Litronic Plus juga bertanggung jawab penuh terhadap produktivitas, efisiensi, safety bahkan kenyamanan.

Di Indonesia, tercatat PT. Kaltim Prima Coal merupakan pengguna Liebherr R9800. Tiga buah Liebherr R9800 bersama sejumlah Liebherr excavator R996 dan R996B menjadi unit-unit utama excavator yang melayani Liebherr T282 rigid dump truck beserta unit-unit dump truck lainnya pada pekerjaan pembuangan material OB. Kemampuan Liebherr R9800 diakui sangat handal, kedua unit pertama R9800 telah mencapai operating hours lebih dari 100.000 jam. Untuk maintenance unit-unit Liebherr ini, KPC menjalin contract maintenance dengan PT. Liebherr Indonesia Perkasa, sebagai representatif Liebherr di Indonesia.

Untuk informasi lebih jauh mengenai unit-unit Liebherr, hubungi:

PT. Liebherr Indonesia Perkasa
JL. Mulawaraman No. 019
Manggar, Balikpapan Timur
Kalimantan Timur 76116
Telp. : 542 – 764215
Fax. : 0542 – 770330
E-mail : info.ptl@liebherr.com
Website : www.liebherr.com

Lihat juga fitur-fitur lainnya dan spesifikasi Liebherr R9800 berikut ini (klik pada thumbnail, scroll up/scroll down untuk zoom in/zoom out):

(ES)

Leave a Comment