LiteBIG Enterprise, Solusi Komunikasi Untuk Operasional Bisnis Alat Berat yang Aman dan Cepat

Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, semua perusahaan berusaha memenangkan hati pelanggan dengan menawarkan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Pada bisnis alat berat, produk dengan brand yang kuat memang merupakan satu nilai lebih, namun ada hal lain yang tidak kalah penting, yaitu kualitas pelayanan. Sebaik apapun sebuah produk tanpa dibarengi dengan kualitas pelayanan yang prima akan membuat produk tersebut terengah-engah menghadapi kompetisi dengan brand-brand lain, bahkan juga dengan brand-brand pendatang baru.

Salah satu masalah yang dihadapi perusahaan alat berat untuk melayani customer-customernya adalah seberapa cepat perusahaan itu dapat merespon keluhan-keluhan customernya. Seringkali sebuah problem lambat dieksekusi cuma karena hal-hal sepele. Misalnya customer menghubungi dealer alat berat yang dibelinya karena unit alat beratnya mengalami permasalahan di lapangan. Namun karena customer menelpon saat sudah lewat jam kerja dan tidak ada yang menerima pengaduan customer itu. Alhasil, baru keesokan harinya problem itu mulai ditangani. Itupun dengan catatan tidak adanya problem seperti tidak adanya mobil operasional, atau tidak ada mekanik, dsbnya. Jika kekecewaan customer tersebut berlanjut dan hal serupa sering terjadi, sangat mungkin customer tersebut tidak memilih alat berat dengan merek tersebut, saat ia memiliki rencana untuk melakukan pembelian alat berat baru.

Sistem komunikasi dan koordinasi konvensional yang selama ini digunakan hampir semua perusahaan alat berat yang mengandalkan telpon, email, sms, bbm, whatsapp, dan lainnya rentan menimbulkan keterlambatan respon. Problem utamanya adalah, si penerima pesan dari customer tidak langsung mengeksekusinya karena tidak ada pengontrolan dari atasannya, sehingga cukup dengan mematikan komputer atau handphone-nya, ia memiliki alasan untuk menunda untuk mengeksekusi laporan customer.

LiteBIG Enterprise bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan seperti ini dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya. LiteBIG Enterprise merupakan aplikasi komunikasi berbasis mobile bagi bisnis yang memungkinkan sebuah perusahaan memiliki sistem data sendiri yang aman. Diciptakan oleh PT. Sandika Cahaya Mandiri, LiteBIG Enterprise merupakan varian bisnis dari LiteBIG Massenger sebuah aplikasi mobile untuk komunikasi hasil karya anak negeri. Bagi Anda yang belum pernah mencoba LiteBIG Massenger, aplikasi massenger ini bisa disejajarkan dengan aplikasi whatsapps yang banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini bisa didownload dari Google Playstore, dan merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh. Sampai dengan saat ini, lebih dari 1 juta kali aplikasi LiteBIG Massenger telah diunduh.

litebig_massenger_for_business_equipina_1

Dengan menggunakan LiteBIG Massenger perusahaan bisa meminta dilakukan kustomisasi dari fitur-fitur yang diinginkannya. Versi enterprise ini kemudian diinstall di handphone karyawan-karyawan yang terkait, manajemen dan juga customer-customernya dengan nama aplikasi, logo, warna, dll yang sesuai dengan identitas perusahaan. Pihak LiteBIG menerapkan biaya per user untuk aplikasi yang terpasang. Biaya ini jika dibandingkan dengan layanan sejenis dari aplikasi-aplikasi sejenis dari dalam dan luar negeri relatif murah, hanya sekitar Rp. 10 ribu per user. Biaya ini bisa ditekan lagi jika data tersimpan di server dari perusahaan penggunanya.

Mungkin Anda bertanya, apa keunggulan LiteBIG Enterprise dibanding sistem yang sudah ada di sebuah perusahaan? Berbeda dengan sistem di sebuah perusahaan yang berbasis komputer, misalkan SAP, LiteBIG Enterprise menggunakan perangkat handphone, sehingga pertukaran informasi dapat terjadi secara ‘realtime’, layaknya kita menggunakan massenger lainnya, seperti whatsapp, BBM, dll. Dan tidak kalah penting, sistem ini merupakan sistem tertutup, sehingga orang lain di luar kepentingan bisnis perusahaan tidak dapat mengaksesnya. Disamping data yang terkirim melalui proses enkripsi, sehingga aman dari penyabotan data.

Yang menarik, tidak saja membuat satu lingkungan komunukasi baru berbasis mobile, LiteBIG Massenger juga bisa menggabungkan email, sms dan lainnya, tanpa menghilangkan atau mengubahnya. Untuk email, sistem LiteBIG Enterprise ini dapat menangani file-file attachment yang berukuran sampai dengan 50 MB. Karyawan tetap dapat menerima dan membalas email, kapanpun dan dimanapun serta menindaklanjuti laporan customer.

Dalam hal-hal yang menyangkut mekanik dan spare part, seorang foreman atau supervisor dapat langsung mengeksekusinya. LiteBIG Massenger bisa dikonek dengan sistem inventory, memberikan penugasan kepada mekanik (termasuk berkomunikasi dengan si mekanik), dan memonitor progress dari pekerjaan yang dilakukan mekanik. Pihak manajemen pun dapat memonitor berbagai keluhan customer dan tindak lanjut yang sudah dilakukan oleh tim service, sekaligus berkomunikasi dengan customer.

Berbagai perusahaan besar di Indonesia telah menggunakan LiteBIG Enterprise ini, sebut saja Epson, Jababeka, Sharp, KFC, PGN, Surveyor Indonesia dan United Tractors dan masih terus bertambah. Jika Anda menginginkan peningkatan kualitas layanan customer Anda, Anda perlu mulai mempertimbangkan penggunaan LiteBIG Enterprise ini.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi 0811 1095 550 atau melalui email admin@equipina.com.

 

(HP)

Leave a Comment