Maintenance

Memastikan Ketersediaan Service dan Spare Part Melalui Berbagai Pilihan Program Purna Jual Hino

Pada investasi pembelian kendaraan komersial dan alat berat, setelah unit diserahterimakan tentunya customer ingin menggunakan kendaraan atau alat berat itu sesegera mungkin untuk bekerja dan menghasilkan keuntungan. Namun terkadang karena hanya berfokus dengan upaya menggenjot produktivitas, sisi perawatan menjadi terabaikan. Padahal perawatan yang baik menjadi kunci efisiensi yang ujung-ujungnya biaya yang dikeluarkan menjadi optimal sehingga keuntungan pun meningkat.

Sebagai sebuah merek truk yang menjadi pemimpin pasar kendaraan komersial berjenis truk di Indonesia, Hino menyediakan berbagai pilihan program purna jual bagi pelanggan-pelanggannya. Program purna jual ini merupakan program tingkat lanjut dari keseluruhan layanan purna jual yang disediakan oleh Hino. Berbeda dengan layanan purna jual yang bersifat ‘case on going’, program layanan purna jual ini lebih bersifat preventive maintenance, yang meliputi Kontrak Service dan Kontrak Suku Cadang.

hino_dukungan_operasional_customer_equipina

Service merupakan salah satu hal penting pada perawatan suatu produk. Sebagai sebuah produk otomotif yang sarat dengan teknologi, tidak semua orang bisa melakukan pemeliharaan yang baik pada truk-truk yang dimilikinya. Menyadari keadaan ini, Hino menawarkan program Kontrak Service yang akan memberikan kenyamanan bagi customer karena tidak perlu memikirkan perawatan truk-truk Hino-nya, sehingga bisa lebih fokus pada kegiatan utama bisnisnya.

Kontrak Service ini dilakukan oleh mekanik yang terlatih yang menjamin perawatan yang dilakukan sesuai standar pabrik dan karena dilakukan oleh orang-orang yang berkompeten, setiap pekerjaan yang dilakukan dijamin dengan garansi. Berbeda jika pekerjaan ini dilakukan sendiri oleh customer. Manfaat lainnya dari Kontrak Service ini, spare part yang digunakan merupakan spare part asli yang juga dijamin dengan garansi. Dari sisi biaya, keuntungan dengan Kontrak Service ini customer membayar dengan biaya perawatan yang tetap selama kontrak berlangsung, sehingga customer terhindar dari fluktuasi harga yang dipengaruhi faktor-faktor eksternal, seperti kondisi perekonomian, dll.

Adapun program Kontrak Service dari Hino ini terdiri dari:

Kontrak Perawatan dan Perbaikan (Repair & Preventive Maintenance Contract). Merupakan kerjasama perawatan dan perbaikan (service periodik dan service ringan) truk Hino selama 1 tahun dengan harga tetap selama kontrak. Untuk kontrak service ini, customer tidak perlu membayarkan uang muka (down payment) untuk jasa yang diberikan, sistem pembayaran sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Keuntungan lain dari Kontrak Perawatan dan Perbaikan ini, pekerjaan bisa dilakukan di workshop dari dealer maupun pool kendaraan customer.

Repair Service Contract (Overhaul). Untuk Kontrak Service jenis ini bisa dipilih jika customer menghendaki saat terjadi problem truk, truknya bisa ditangani segera. Merupakan kontrak harga suku cadang dan harga jasa overhaul selama 1 tahun antara dealer Hino dengan customer, dengan harga yang mengikat selama 6 bulan.Customer akan mendapat manfaat dengan berupa jaminan waktu pengerjaan overhaul dan harga spare part serta jasa pengerjaan yang kompetitif.

National Service Contract. Merupakan kontrak service yang bisa dipilih jika customer memiliki wilayah kerja yang luas di seluruh Indonesia. Customer akan mendapatkan pelayanan, diskon harga spare part dan harga jasa yang samadi berbagai dealer Hino. Tentunya hal ini akan disesuaikan dengan area operasi dari truk, cukup dengan stau perjanjian kontrak untuk jangka waktu tertentu.

Kontrak Mekanik. Merupakan kontrak tenaga mekanik tanpa termasuk spare part. Manfaat dari kontrak service ini, customer bisa mengoptimalkan biaya jasa mekanik untuk berbagai pekerjaan maintenance yang dilakukan. Biaya mekanik dibayarkan sesuai nilai kontrak, sedangkan biaya spare part dan oli akan ditagihkan sesuai dengan kondisi aktual dengan harga yang berlaku saat itu di tempat itu.

hino_dukungan_operasional_customer_equipina_1

Selain Kontrak Service, bila customer melihat spare part adalah hal paling krusial yang perlu menjadi perhatian, customer bisa memilih Kontrak Spare Part yang terpisah dari service. Manfaat dari kontrak spare part ini meliputi jaminan ketersediaan spare part, jaminan mendapatkan spare part Hino asli, harga atau diskon yang mengikat selama kontrak, harga spare part yang kompetitif, serta tidak adanya biaya stok yang dibebankan pada harga spare part.

Adapun Kontrak Spare Part ini meliputi :

Parts Price Contract. Merupakan kontrak spare part untuk jangka waktu tertentu berdasarkan perkiraan (forecast) kebutuhan spare part dari truk. Hino dengan dealer-dealernya yang berpengalaman bisa membuatkan forecast dari spare part di masa yang akan datang, dengan memasukkan berbagai faktor seperti rencana service sampai dengan prediksi penggantian sebuah item spare part sebelum item spare part tersebut mengalami masalah.

National Parts Service Contract. Sama seperti program National Service Contract, customer juga bisa mendapat kepastian ketersediaan spare part truk Hinonya dengan harga  yang sama di seluruh dealer Hino di Indonesia untuk jangka waktu tertentu.

Konsinyasi. Pada jenis kontrak spare part ini dealer Hino menempatkan fast moving parts di warehouse milik customer sesuai item-tem fast moving yang disepakati. Customer akan membayar sesuai pemakaian spare part yang dilakukan.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi alamat di bawah atau dealer-dealer Hino terdekat:

PT. Hino Motors Sales Indonesia – After Sales – Service & Spare Parts

  • Tangerang (Service & Spare Parts)
    Jl. Jend. Gatot Subroto Km. 8.5
    Desa Manis Jaya, Kec. Jatiuwung
    Tangerang
    Telp. : 021 – 591 7744
  • Surabaya (Depo Spare Parts)
    Jl. Raya Kletek No. 9
    Taman Sidoarjo, Surabaya
    Jawa Timur
    Telp. : 031 – 787 2225
  • Banjarmasin (Depo Spare Part)
    Jl. Banjar Gawi Raya No. 6E
    Banjarbaru – Kalimantan Selatan
    Telp. : 0811 8204 962
  • Balikpapan (Service & Spare Parts)
    Jl. Pulau Balang Km. 13
    Kel. Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara
    Kalimantan Timur
    Telp. 0542 – 706 6043
  • Medan (Service & Spare Parts)
    Jl. Medan – Lubuk Pakam Km. 24
    Desa Pardamean, Kec. Tanjung Morawa
    Kab. Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara
    Telp. 061 – 8880 4955

 

(BW)