Maintenance

Membersihkan Air Filter? Begini Caranya

vendor.2015.ipa-tools.air-comb.cleaning-air-filter

Air filter merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu alat berat karena fungsinya menyaring partikel-partikel debu dari udara yang dihisap untuk digunakan sebagai pembakaran pada mesin. Apalagi bila alat berat beroperasi pada daerah yang sangat berdebu. Masuknya debu pada ruang bakar mesin bisa menimbulkan akibat yang fatal. Itulah sebabnya semua produsen alat berat menyarankan untuk secara periodik dilakukan penggantian air filter untuk menjaga mesin menerima pasokan udara yang bersih.

Namun bila setiap dilakukan service berkala dilakukan penggantian air filter, tentunya akan menimbulkan biaya pemeliharaan yang besar. Pada sebagian merek, pabrik mengizinkan untuk melakukan pembersihan (cleaning) air filter, sehingga tidak harus dilakukan penggantian. Untuk itu, kita harus mengetahui cara membersihkan air filter yang baik, sehingga air filter tetap dapat melakukan fungsinya secara maksimal tanpa menimbulkan resiko kerusakan pada mesin.

Air filter dipasang pada housing air filter pada intake system, umumnya air filter dari alat berat bentuknya berupa silinder. Air filter ini akan langsung menyaring udara yang terhisap masuk, sebelum masuk ke dalam sistem pembakaran. Karena itu sangat mungkin udara yang masuk dan disaring oleh air filter tidak hanya berupa partikel-partikel debu yang halus, namun bisa juga berupa pasir atau serangga. Umumnya elemen inti dari air filter terbuat dari fiber, kertas, asbes dan lain-lain yang didisain untuk mudah menangkap partikel-partikel halus debu.Namun terkadang air filter juga menyaring udara yang mengandung uap air atau bahkan minyak, sehingga elemen air filter menjadi lengket dan membuat partikel-partikel yang tertangkap menjadi bertumpuk dan mengeras.

Berikut adalah beberapa metode yang digunakan untuk membersihkan air filter:

Cara PembersihanMaterial Pengotor
Penyemprotan dengan udara bertekananDebu
Penyemprotan dengan air bertekananDebu
Penyedotan dengan vacuumDebu
Air detergen tanpa busaDebu atau endapan ringan

Penyemprotan dengan udara bertekanan

Metode ini digunakan untuk membersihkan air filter yang kering, bukan digunakan untuk air filter yang basah karena air atau minyak. Tekanan udara tidak melebihi 40 PSI (276 kPa). Jarak nozzle terhadap elemen air filter tidak kurang dari 5 cm. Air filter dalam posisi berdiri. Gerakan nozzle dari air compressor dengan arah naik dan turun, sambil perlahan memutar air filter pada sumbu silindernya. Untuk penyemprotan dilakukan baik pada sisi dalam silinder maupun sisi luar silinder. Lakukan cara ini sampai semua debu terbongkar, gunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu-debu yang tersisa. Penting untuk diperhatikan, jangan menyentuh ujung nozzle dengan elemen air filter, karena bisa menyebabkan kerusakan elemen.

Penyemprotan dengan air bertekanan

Metode pembersihan ini dapat digunakan untuk membersihkan air filter yang kering atau basah. Gunakan penyemprotan air tanpa menggunakan nozzle. Tekanan air yang digunakan tidak melebihi 40 PSI (276 kPa). Jarak penyemprotan tidak kurang dari 5 cm. Setelah filter bersih, lakukan pengeringan dengan udara hangat bertekanan(70 derajat celcius), misalnya dengan menggunakan hair dryer. Jangan melakukan pembersihan dengan cara ini melebihi 5 kali pembersihan.

Penyedotan dengan vacuum

Untuk metode ini jarak penyedotan tidak menjadi masalah, yang perlu diperhatikan adalah ujung selang penghisap tidak menyentuh elemen air filter karena akan menyebabkan kerusakan. Gerakan selang penghisap dengan arah naik dan turun sambil perlahan memutar air filter pada sumbu silindernya.

Air detergen tanpa busa

Pembersihan dengan metode ini harus menggunakan detergen khusus tanpa busa, umumnya detergen tanpa busa adalah detergen yang digunakan pada laundry. Pembersihan dilakukan dengan cara merendam air filter di suatu bak berisi air yang telah dicampur dengan detergen tanpa busa. Gunakan air hangat bersuhu 37-60 derajat celcius. Jangan merendam filter secara keseluruhan di dalam air karena akan menyebabkan pembersihan tidak efektif. Rendam air filter dengan jangka waktu 15-30 menit sambil memutar air filter pada sumbunya atau mengayunkan di dalam air supaya kotoran terlepas, kemudian putar air filter pada sisi sebaliknya yang terendam dalam air dan lakukan cara yang sama seperti sebelumnya. Kemudian air filter dijemur sampai tidak ada air yang menetes. Lakukan pengeringan air filter dengan udara hangat bertekanan (hair dryer), sampai elemen air filter benar-benar kering. Untuk metode ini jangan dilakukan melebihi 5 kali pembersihan. Lakukan penggantian jika telah melebihi 5 kali pembersihan.

 

(ES)

 

Leave a Reply