Memenangkan Persaingan Bisnis Dengan Sertifikasi, Profile Sertifikasi Bureau Veritas

Persaingan bisnis yang semakin ketat pada saat ini menuntut perusahaan untuk beroperasi secara efisien dengan menggunakan segala sumber daya yang dimiliki untuk memasarkan berbagai produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Namun sayangnya, tuntutan dunia bisnis ini tidak selalu diikuti oleh semua perusahaan. Banyak faktor yang mempengaruhinya, misalnya keterbatasan sumber daya yang dimiliki, termasuk dana, atau merasa cukup puas dengan bisnis yang dijalani selama ini dan tidak adanya kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan perusahaan.

Salah satu ukuran suatu bisnis telah dianggap mampu bersaing pada tingkat yang lebih tinggi adalah seberapa jauh perusahaan telah menerapkan azas-azas yang lazim berlaku di bidangnya. Misalnya, quality control. Suatu perusahaan akan dianggap telah mampu menghasilkan produk-produk atau jasa yang berkualitas jika perusahaan tersebut telah menerapkan pengendalian kualitas, mulai dari perencanaan pembuatan produk atau jasa, sampai dengan produk atau jasa telah diterima dan digunakan oleh pelanggan.

Untuk menjustifikasi sebuah perusahaan telah memenuhi standar-standar yang berlaku diperlukan lembaga-lembaga sertifikasi yang kredibel. Salah satunya adalah Bureau Veritas (baca : Biro Verita).

Bureau Veritas, S.A. yang sebelumnya dikenal sebagai BVQI, Bureau Veritas Quality International) adalah sebuah lembaga sertifikasi internasional yang berbasis di Seine, Perancis. Berdiri pada tahun 1828 di Antwerp, Belgia, awalnya Bureau Veritas merupakan kantor informasi bagi asuransi maritim. Pengalaman yang panjang dalam melakukan pengujian dan sertifikasi berbagai perusahaan besar di dunia membuat Bureau Veritas menjadi salah satu lembaga sertifikasi yang paling disegani di dunia. Tidak heran, dengan menyandang sertifikasi dari Bureau Veritas merupakan prestise tersendiri bagi sebuah perusahaan.

Pada saat ini, Bureau Veritas memiliki lebih dari 90.000 customer yang tersebar di seluruh dunia. Auditornya mencapai lebih dari 6400 orang di berbagai negara. Jumlah sertifikasi aktif di berbagai customernya mencapai lebih dari 120.000 sertifikat. Di samping itu, Bureau Veritas merupakan lembaga sertifikasi pemegang akreditasi terbanyak, ada 70-an akreditasi yang dipegang oleh Bureau Veritas.

bureau_veritas_equipina_1

Bureau Veritas memiliki beragam layanan audit dan sertifikasi, dari mulai audit  dan sertifikasi yang standar sampai dengan kustom. Ada 6 kategori audit, meliputi Customized Audits, Quality Management, Risk Management, Sustainable Development, Corporate Social Responsibility dan Training & Personnel Certification.

Audit yang berkaitan dengan Supply Chain merupakan audit yang sifatnya ‘customized’, meliputi Supplier Audits, SMETA Audits, Internal Compliancedan Supply Chain Security ISO 28000-TAPA.

Audit Quality Management merupakan layanan yang paling dikenal oleh berbagai perusahaan, terdiri dari

  • Quality ISO 9001
  • Automotive ISO-TS 16949
  • Aeronautics AS/EN 9100
  • Railways IRIS
  • Food: Organic, ISO 22000, FSSC 22000, BRC, IFS, SQF, GlobalG.A.P., FAMI QS, GMP+, EFISC dan Product Certification
  • Seafood: MSC, ASC, MSC-ASC CoC, BAP
  • Information Security ISO 27001
  • Medical Devices ISO 13485

Audit yang berkaitan dengan Risk Management merupakan audit-audit yang menilai kemampuan perusahaan dalam mendeteksi dan melakukan mitigasi dari resiko yang dapat timbul, meliputi HSE/OHSAS 18001, ISO 45001, GFSI Recognized Schemes dan Business Continuity ISO 22301.

Sustainable Development merupakan rangkaian audit yang menilai kemampuan perusahaan dalam mengurangi pengaruh dampak lingkungan dalam operasinya, terdiri dari:

  • Environment ISO 14001-EMAS
  • Wood: FSC, PEFC Timber Legality
  • Biofuels: ISCC, Red Cert, 2BSVS
  • RSPO, UTZ
  • Climate change: CDM, VCS, EU-TS, Carbon Disclosure Project, ISO 14064
  • Energi Management ISO 50001

Audit yang terkait dengan Corporate Social Responsibility merupakan audit-audit yang mengukur seberapa jauh sebuah perusahaan mengaitkan hal-hal sosial dengan bisnisnya. Terdiri dari:

  • Social Acountability SA8000
  • Assurance of Sustainability Reporting ASR
  • ISO 26000
  • Global Reporting Initiative
  • Social Responsibility: EICC, LBMA, RJC, DMCC

Audit yang berkategori Training & Personnel Certification merupakan serangkaian audit yang mengukur kemampuan perusahaan dalam mengembangkan skill dan kompetensi karyawannya, meliputi: Classroom Training, E-Learning, Personnel Certification, Internal Auditors dan Auditors IRCA Training.

PT. Bureau Veritas Indonesia
Wisma Bakrie 1 Building, 1 st Floor
Jl. HR. Rasuna Said Kav. B-1, Kuningan
Jakarta 12920

Jakarta T : 021 – 521 0393, F : 021 – 2152 1866
Surabaya T : 031 – 829 4570, F : 031 – 829 4571
Medan T : 061 – 664 3000/1, F : 061 – 664 3003
Batam T : 0778 – 748 6671, F : 0778 – 748 669

E-mail : bvcertindonesia@id.bureauveritas.com
Website : www.certification.bureauveritas.com

 

(TP)

(Visited 74 times, 1 visits today)

Leave a Comment