Meminimalkan Biaya Perbaikan Alat Berat Dengan Scheduled Oil Sampling

Pada pemeliharaan alat berat, salah satu hal yang terpenting adalah mengantisipasi sebuah problem sebelum betul-betul terjadi. Karena dengan melakukan antisipasi kita sudah bisa melakukan langkah-langkah koreksi sekaligus mempersiapkan berbagai hal seandainya masalah itu terjadi. Misalnya, kita bisa mempersiapkan alat berat pengganti, atau menyediakan komponen pengganti atau spare part, serta proses perbaikannya. Apakah cukup dilakukan perbaikan minor saja atau harus dilakukan tindakan yang lebih besar dengan overhaul.

Salah satu upaya untuk mengantisipasi sebuah problem yang mungkin timbul pada sebuah alat berat adalah dengan melakukan program oil sampling analysis. Kondisi oli sudah lama disepakati para praktisi yang berkecimpung pada alat berat sebagai salah satu indikator kondisi alat berat. Kondisi oli bisa menggambarkan apakah alat berat tersebut kondisinya cukup baik, ada indikasi problem pada suatu komponen ataukah kondisinya sudah kritis dan memerlukan tindakan segera.

Di Indonesia, seperti kita ketahui ada berbagai perusahaan yang menyediakan jasa analisa oil sampling, salah satunya adalah Laboratorium S-O-S (Scheduled Oil Sampling) Trakindo. Laboratorium yang telah beroperasi cukup lama, lebih dari 25 tahun, memiliki pengalaman panjang dalam memberikan support bagi para pemilik alat berat dengan hasil analisa dan rekomendasi yang diberikan.

Laboratorium S-O-S Trakindo telah mendapatkan akreditasi ISO 17025 sejak tahun 2009 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), sehingga telah memenuhi standar internasional dalam pengujian oli. Dengan Program S-O-S yang dikembangkan oleh Trakindo, Laboratorium S-O-S telah memantau lebih dari 15.000 unit alat berat dan menyimpan data historinya. Tidak saja bagi alat berat Caterpillar yang diageni oleh PT. Trakindo Utama, Laboratorium S-O-S juga menerima analisa sampel oli dan cairan dari berbagai merek alat berat. Bahkan, tidak hanya alat berat, Laboratorium S-O-S juga menerima sampel cairan dari perlatan non-alat berat seperti peralatan yang digunakan dalam industri manufaktur, kelautan, minyak dan gas, serta transportasi.

Tidak sekedar melakukan pengujian oli dan berbagai cairan dari peralatan, Laboratorium S-O-S juga bisa memberikan layanan yang lebih lengkap melalui program pemeliharaan yang dilakukan oleh pengguna. Dengan layanan ini, dapat diketahui efektivitas program perawatan yang sudah dilakukan oleh pelanggan, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikannya.

oil_analysis_equipina_1

Pada waktu belakangan ini, Laboratorium S-O-S Trakindo juga telah mengembangkan serangkaian pengujian untuk mendukung program preventive maintenance dengan mengacu pada metode standar ASTM untuk semua parameter analisa oli seperti Analisa Keausan Logam, Analisa Kondisi Oli, Uji Fisik, Kebersihan Oli dan Kontaminasi.

Analisa Keausan Logam adalah analisa untuk mengukur tingkat keausan dan kontaminasi yang ditemukan di oli bekas. Sementara Analisa Kondisi Oli akan mengukur tingkat degradasi oli bekas dari parameter-parameter yang ditemukan, meliputi jumlah kandungan jelaga, oksidasi, nitrasi dan sulfasi. Analisa ini merupakan analisa dengan menggunakan peralatan sinar infra merah. Uji Fisik merupakan analisa untuk menentukan apakah sifat-sifat fisik dari oli bekas sudah menurun atau belum. Dengan analisa ini dapat diketahui kualitas oli yang digunakan, apakah memenuhi syarat dari pabrikan alat berat. Kebersihan Oli merupakan pengukuran tingkat kebersihan oli pada komponen non-engine, seperti transmisi, diferensial, final drive serta berbagai komponen hidraulik. Jumlah partikel pada sampel oli dihitung dan dikonversi pada standar tingkat kebersihan sesuai ISO CODE 4406 atau NAS Class. Terakhir, Kontaminasi Oli merupakan pengukuran untuk menentukan apakah oli telah terkontaminasi air, bahan bakar, antifreeze dan kontaminan lainnya. Jika sudah, apakah kontaminasi itu telah melebihi batas maksimum yang diizinkan atau belum.

Hasil pengujian-pengujian yang dipilih oleh pelanggan akan dikirimkan melalui email. Semua laporan dengan hasil abnormal (perlu tindak lanjut segera) akan diterima pelanggan 20 menit setelah laporan selesai dibuat oleh Laboratorium S-O-S. Namun jika pelanggan belum menerima laporan dalam waktu 20 menit, ada kemungkinan trafik pada server sedang tinggi. Sedangkan laporan dengan kategori normal akan mulai dikirimkan mulai pukul 19.00.

Dengan layanan yang lengkap serta profesional ini, Laboratorium S-O-S perlu Anda pertimbangkan sebagai partner untuk memastikan kehandalan alat berat Anda. Bukankah mencegah lebih baik daripada memperbaiki?

 

(ES)

Leave a Comment