Memperpanjang Usia Bucket Dengan Armoured Bar

Pada pembelian excavator, umumnya pembeli akan menerima unit yang sudah dilengkapi bucket standar, kecuali ada permintaan khusus dari pembeli. Bucket standar merupakan bucket yang bisa digunakan pada hampir semua material. Umumnya bucket jenis ini direkomendasikan untuk digunakan secara normal. Pengertian normal adalah untuk pekerjaan penggalian material standar, yang umumnya dipakai sebagai patokan material dengan densitas kurang dari 1,7 ton/m3.

Namun selama umur pakainya, seringkali excavator digunakan pada pekerjaan penggalian material yang densitasnya berbeda-beda. Misalkan, pada suatu periode excavator bekerja pada area pembukaan lahan perkebunan yang terdiri dari topsoil, namun pada periode yang lain excavator pindah bekerja pada area penggalian tanah yang berbatu-batu. Pada situasi seperti ini tentu saja excavator seringkali bekerja pada material yang densitasnya tidak sesuai dengan fungsinya.

Sebuah bucket standar yang sering digunakan untuk bekerja pada area berpasir apalagi berbatu-batu yang bersifat abrasif, akan cepat terkikis atau mengalami kerusakan. Semakin lama dan semakin sering dipergunakan untuk material-material seperti ini, maka usia pakainya semakin cepat berkurang.

armoured_bucket_equipina

Seringnya perbaikan atau bahkan penggantian bucket akan berpengaruh terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Ketimbang harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perbaikan atau penggantian bucket maka akan lebih efisien jika dilakukan pengerasan pacda bucket sehingga usia pakainya menjadi lebih lama.

Anda mungkin sudah sangat mengenal dengan istilah kuku bucket (teeth) atau side cutter. Baik teeth maupun side cutter adalah cara yang sering dilakukan untuk memperkeras bucket. Namun sayangnya cara ini tidak selalu bisa menjawab persoalan yang ada. Karena fungsi dari teeth dan side cutter lebih pada memecah material yang akan diganti, sementara kita ketahui bucket bekerja setiap menggali dan memindahkan material. Pada saat bucket menggali material timbul gesekan dengan material yang digalinya. Gesekan ini terjadi pada bagian-bagian tertentu bucket. Umumnya bagian yang paling sering mengalami gesekan adalah bagian bawah dan sisi samping bucket.

Pada bucket standar, sisi bawah dan samping dari bucket menggunakan material yang sama berupa pelat besi dengan ketebalan yang sama. Untuk membuat sisi bawah dan samping bucket lebih kuat dapat ditambahkan dengan tambahan pelat yang dinamakan armoured bar.

Armoured bar menggunakan prinsip yang digunakan untuk melapis kendaraan militer sehingga lebih tebal dan tahan terhadap serangan peluruatau ledakan. Material armoured bar sendiri menggunakan baja khusus yang lebih tebal dan keras daripada pelat untuk bucket. Untuk menambah kekerasan armoured bar, umumnya armoured bar memiliki permukaan dengan pola tertentu, seperti bulatan-bulatan menonjol atau garis menonjol.

Dengan armoured bar ini, keausan dan kerusakan bucket bisa dikurangi, yang pada akhirnya akan mengurangi biaya perawatan, mempercepat waktu perbaikan serta mengurangi down time.

 

armoured_bucket_equipina_1

Walaupun sepintas terlihat mudah memasang armoured bar, Anda harus memperhatikan cara-cara pemasangan armoured bar yang baik. Pemasangan armoured bar terdiri dari 3 proses, yaitu pemotongan, pembengkokan dan pengelasan.

Pemotongan

Pemotongan armoured bar dilakukan dengan menggunakan gerinda potong yang abrasif (abbrasive cutting disc) dengan mesin gerinda kecepatan tinggi. Bila pemotongan armoured bar dilakukan dengan las potong gas, gunakan cutting nozzle  No. 1.

Pembengkokan

Untuk membengkokan armoured bar mengikuti permukaan bucket, lakukan pengelasan pada sisi ujung armoured bar. Tujuan pengelasan ini adalah memanaskan armoured bar sehingga bisa dibengkokkan dengan mudah. Selagi armoured bar panas, armoured bar dipukul-pukul dengan palu untuk membengkokan sesuai permukaan bucket.

Untuk proses pemanasan ini, lakukan pada batasan tidak melebihi 200 0 C, agar tidak mengubah struktur armoured bar. Seperti kita ketahui pemanasan yang berlebihan akan mengubah struktur atom-atom besi penyususn armoured bar. Pemanasan yang berlebihan akan membuat armoured bar menjadi rapuh.

Pengelasan

Lakukan pengelasan dengan menggunakan normal welding rod.

 

(HP)