Business & Profile

Mengenal Berbagai Line Product SEM, A Caterpillar Brand

Sebagai sebuah perusahaan alat berat terkemuka di dunia, Caterpillar dikenal dengan berbagai produk alat beratnya yang identik dengan kualitas terus melebarkan sayapnya. Namun, kualitas yang tinggi memang identik dengan harga yang juga tidak murah. Di sisi lain, wilayah Asia dengan jumlah penduduknya yang terbesar dibandingkan benua-benua lain merupakan pasar yang potensial bagi berbagai produk. Namun, banyak negara-negara di Asia yang taraf ekonominya belum semaju Amerika atau Eropa sehingga harga menjadi pertimbangan utama dalam berbagai pembelian, termasuk alat berat. Untuk bisa diterima di pasar Asia, produk-produk Caterpillar harus memiliki harga yang kompetitif.

Menyadari pentingnya pasar Asia bagi pemasaran produk-produknya, Caterpillar, Inc., melihat Tiongkok sebagai basis penting pengembangan produk-produknya di Tiongkok maupun berbagai negara Asia lainnya. Langkah Caterpillar mengembangkan basis produksinya di Tiongkok dimulai pada tahun 1994, dengan mendirikan perusahaan joint venture bersama Xuzhou Construction Machinery Group (XCMG), salah satu manufaktur alat berat terbesar di Tiongkok.

Baca juga :
Berbagai Produk Alat Berat XCMG Untuk Pasar Indonesia
One Stop Heavy Equipment Solution: PT. Gaya Makmur Tractors
XCMG Mensejajarkan Diri dengan Produsen Alat Berat Terkemuka Dunia Lainnya dengan XCMG DE400 dan XE4000

Pada tahun 2005, Caterpillar menginvestasikan kapitalnya dengan membeli 40% saham dari Shandong SEM Machinery, Co. Ltd. Shandong SEM Machinery, Co. Ltd. sendiri sebelumnya merupakan salah satu produsen wheel loader terkemuka di Tiongkok, dengan merek SEM (Shandong Engineering Machinery).

sem_wheel_loader_equipina

Caterpillar sepenuhnya mengakuisisi Shandong SEM Machinery, Co. Ltd. pada tahun 2008 dan mengubah nama perusahaannya menjadi Caterpillar (Qingzhou) Ltd. Di tangan manajemen Caterpillar, Caterpillar (Qingzhou) Ltd. memperluas line product dari SEM, tidak saja wheel loader, yang merupakan produk tradisionalnya, namun juga  motor grader kelas menengah, bulldozer dan compactor, disamping wheel loader dengan brand Caterpillar, Cat 950GC.

Di pabriknya di kota Qingzhou, Provinsi Shandong, Caterpillar memproduksi berbagai line product SEM bagi lebih dari 80 negara di Afrika, Asia Pasifik, Amerika Latin, Eropa Timur, India, dan Timur Tengah. Disamping pusat-pusat Research & Development di kota-kota Qingdao,Zuzhou dan Wuxi.

Produk-produk SEM memang ditujukan untuk pasar-pasar di wilayah-wilayah yang sangat memperhatikan harga (price concern), namun tetap memiliki kualitas yang baik dengan fokus pada sektor konstruksi. Produk-produk wheel loader SEM yang terdiri dari 4 model, SEM 618B (1,8 ton), SEM 639B (3 ton), SEM 656B (5 ton) dan SEM 660D (6 ton) merupakan wheel loader dengan tipe small to medium entry.

Untuk bulldozer, SEM juga memiliki 4 model : SEM 816 (4,3 m3), SEM 816 LGP (3,4 m3), SEM 822 (6,4 m3) dan SEM 822 LGP (5,5 m3). Sementara motor grader, dengan SEM 919, SEM 921 dan SEM 922 AWD. Dan terakhir compactor, yang merupakan jenis produk terbaru dari SEM dengan 3 modelnya, SEM 518, SEM 520 dan SEM 522.

Engine yang digunakan oleh produk-produk SEM mayoritas menggunakan engine-engine besutan Weichai, disamping beberapa brand seperti SDEC (Shanghai Diesel Engine Company) dan Yituo. Sementara transmisi, disamping transmisi yang diproduksi oleh SEM sendiri (wheel loader), juga menggunakan transmisi yang diproduksi oleh ZL maupun Hangchi.

sem_motor_grader_equipina

Di Indonesia, produk-produk SEM dipasarkan oleh PT. Tri Swardana Utama (TSU) sebuah perusahaan di bawah grup Mahadana Dasha Utama, yang bernaung di bawah PT. Tiara Marga Trakindo. TSU sendiri telah mengageni produk-produk SEM semenjak awal berdirinya pada tahun 2008.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk SEM, hubungi:

PT. Tri Swardana Utama
Gedung TMT 1, 1st Floor
Jl. Cilandak KKO No. 1, Jakarta 12560
Telp. : 021 – 2997 6677
Fax : 021 – 2997 6708
Website : www.tsu.co.id

 

(LK)