Mengenal Dumphoe, Si Mini Multi Fungsi Untuk Berbagai Pekerjaan

Backhoe atau excavator adalah alat berat yang berfungsi melakukan penggalian dan memuat material hasil penggalian ke atas truk atau hauler. Namun bagaimana jika excavator digabungkan dengan truk? Hasilnya adalah alat berat yang dinamakan dumphoe.

Dumphoe adalah sebuah alat berat yang menggabungkan kemampuan sebuah excavator dan dump truck. Disamping boom, arm dan bucket seperti layaknya sebuah excavator, alat berat ini dilengkapi juga dengan sebuah dump body yang bisa membuang (dumping) material. Untuk mengoperasikannya hanya dibutuhkan 1 orang operator. Dumphoe ini menggunakan ban (tire) sehingga dapat berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain lebih cepat ketimbang menggunakan track. Tentunya penggunaan tire ini untuk mengakomodir fungsi sebuah truk yang bisa bergerak lebih cepat untuk mengangkut dan membuang material.

Walaupun begitu, dump body yang digunakan berukuran kecil. Untuk memuat dump body berukuran kecil ini diperlukan 6x pemuatan (phase). Disamping menggali (digging), memuat, (loading), mengangkut (hauling), dan membuang (dumping), dumphoe ini juga dilengkapi dengan blade yang berfungsi merapikan material yang tercecer.

Di Indonesia kita masih asing dengan dumphoe ini, namun di berbagai negara dumphoe sudah banyak dipergunakan untuk berbagai proyek konstruksi. Memang dumphoe ini sangat cocok untuk melakukan berbagai pekerjaan ringan pada konstruksi. Pekerjaan konstruksi yang beragam dengan volume yang tidak begitu besar namun menuntut kecepatan sangat cocok bagi dumphoe ini. Bayangkan kita bisa menghemat biaya untuk membeli/menyewa 3 alat berat sekaligus, yaitu excavator, dump truck dan dozer.

dumphoe_equipina_1

Tidak banyak pabrikan yang memproduksi dumphoe ini. Tercatat hanya Caterpillar dan Keltec Engineering yang memproduksi dumphoe. Sejatinya Keltec Engineering adalah perusahaan fabrikasi asal Irlandia yang memproduksi berbagai macam attachment untuk alat berat konstruksi, termasuk di antaranya attachment berukuran besar, seperti Auto Swather, Universal Spreader, Ballast Tamper, Bale Handler. Untuk kategori unit alat berat, dumphoe adalah satu-satunya unit alat berat yang diproduksi Keltec.

Sejatinya Keltec dumphoe ini menyerupai Caterpillar dumphoe DH600. Tidak mengherankan karena Keltech adalah dealer Caterpillar di Irlandia. Dumphoe Keltech menggunakan engine Caterpillar sebagai sumber tenaganya.

Berikut spesifikasi dari dumphoe Keltec

Dumphoe Features

– Gross Power: 69kw/92hp.
– Load Rating: 6000 Kg.
– Weight Unladen: 8500 Kg.
– Hydrostatic Transmission 2 speed.
– Travel Speed: 9/32 KPH.
– Brakes: Immersed Disc.
– Steering: 2WS/4WS/CRAB
– Tyres: 18-19.5
– Hydraulic System: Load Sensing.
– Control: Servo Joysticks
– CAT 3054T Engine.
– Long Lasting, high performance & torque and excellent fuel economy.

 

(HP)

Leave a Comment