Maintenance Operation

Mengenal Kobelco Monitoring Excavator System (Komexs)

Bagi pemilik alat berat, merupakan hal yang sangat penting untuk memonitor alat beratnya. Bekerjanya alat berat secara normal akan memastikan sang pemilik untuk bisa mengontrol biaya operasi sekaligus produktivitas dari alat beratnya. Namun siapapun tahu, hal ini sulit dilakukan secara konsisten mengingat alat berat sering bekerja di berbagai wilayah yang sulit terjangkau. Terlebih lagi bila alat berat yang dimiliki berjumlah banyak dan bekerja secara serempak.

kobelco_komexs_equipina

Namun berkat kemajuan teknologi, pengontrolan alat berat bisa dilakukan dengan mudah. Tidak menjadi masalah dimanapun alat berat bekerja dan berapapun jumlahnya, pengontrolan tetap bisa dilakukan secara real time. Salah satunya seperti yang dikembangkan oleh Kobelco dengan Komexs-nya.

Kobelco Monitoring Excavator System (Komexs) adalah sebuah sistem monitor excavator Kobelco yang memungkinkan pemilik untuk mengontrol excavatornya dari jarak jauh. Berbasis web, sistem Komexs ini didesain untuk memonitor berbagai parameter operasi penting dan menampilkannya pada layar komputer pemilik alat maupun pusat kontrol, tanpa delay waktu.

Namun bukan hanya pemilik excavator saja yang bisa mengakses berbagai informasi penting yang dihasilkan excavator itu, tim service dari dealer juga akan mendapatkan data dan informasi yang sama, begitupun Kobelco sebagai pabrikannya. Hal ini akan membuat setiap potensi permasalahan yang timbul akan diketahui sedini mungkin. Dengan beberapa keyperson mengetahui potensi problem ini akan mempermudah koordinasi pemecahan masalahnya, sehingga problem pun bisa diselesaikan lebih cepat.

Komexs bekerja dengan mekanisme sebagai berikut: sebuah unit kontrol yang terpasang pada unit akan memonitor semua parameter penting dari unit dan memancarkan secara realtime melalui transmitter pada unit. Untuk menjangkau wilayah-wilayah yang jauh dan sulit dijangkau, Kobelco menggunakan satelit dengan orbit rendah. Transmitter memancarkan data ke satelit yang kemudian ditransmisikan kembali ke Kobelco base station untuk diolah pada server berbasis web sebelum diterima oleh pemilik alat, dealer maupun Kobelco sendiri.

Tidak seperti pada banyak sistem sejenis yang digunakan oleh merek-merek lain, Komexs ini merupakan sistem standar, artinya setiap unit excavator Kobelco telah dilengkapi dengan sistem Komexs tanpa tambahan biaya. Sebagai informasi, pada sebagian sistem sejenis, sistem monitoring ini merupakan opsi tambahan.

Penggunaan web-base system juga memberikan beberapa keuntungan bagi pemilik seperti tampilannya yang lebih user-friendly sehingga data/informasi yang ditampilkan tidak saja berupa angka dan tulisan, namun juga berupa grafis, sehingga lebih mudah dipahami. Selain itu, web-base system juga membuat sistem bekerja lebih cepat dan aman.

kobelco_komexs_equipina_1

 

Informasi yang bisa diakses melalui sistem Komexs ini meliputi informasi yang berkaitan dengan operasional dan maintenance. Untuk informasi operasional, seperti data lokasi unit, jam kerja operasional, konsumsi bahan bakar  termasuk lamanya unit tidak beroperasi (idle hours). Sistem Komexs juga bisa disetting untuk bekerja pada  lokasi tertentu. Pada saat excavator bergerak keluar dari area yang sudah disetting, alarm akan berbunyi sekaligus menginformasikan kepada petugas pengontrol. Komexs juga akan mencatat lokasi-lokasi yang sudah dilewati oleh excavator. Dengan informasi ini, pengoperasian excavator akan lebih mudah dikontrol sesuai dengan rencana kerja yang sudah ditentukan.

Sistem Komexs juga akan mencatat berbagai problem unit yang timbul selama pengoperasian, termasuk juga menginformasikan interval penggantian oli dan filter. Karena sistem Komexs ini mampu memonitor jumlah unit yang banyak, seorang petugas kontrol akan mudah memperoleh jadwal maintenance semua unit dan meneruskannya kepada tim service untuk dieksekusi.

Yang menarik, informasi maintenance ini bisa disetting untuk diterima pada komputer atau telepon selular, sehingga saat ada kondisi misalnya sistem komputer mengalami masalah atau saat hari libur, para penanggungjawab operasional tetap bisa memonitor unit.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi PT. Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia pada cabang-cabang atau kantor service terdekat, atau melalui Head Office, Pondok Indah Office Tower 3 Suite 1500, Jl. Sultan iskandar Muda Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta 12310. Telp. 021 – 7592 2828 (Hunting), Fax 021 – 7592 2880 (Marketing), email info@dayakobelco.co.id.

 

(BW)