Technology Update

Mengenal Sanjiang WTW220E, Giant Mining Truck Asal Negara Tirai Bambu

Tiongkok diakui sebagai salah satu negara industri termaju di dunia. Berbagai produk dari mulai barang-barang sederhana sampai dengan produk-produk berteknologi tinggi dihasilkan oleh Tiongkok. Terlepas dari isu kualitas yang sering disematkan orang pada produk-produk asal Tiongkok, namun dunia menyaksikan bagaimana Tiongkok mampu mensejajarkan diri dengan negara-negara industri lainnya yang membutuhkan waktu ratusan tahun hanya dalam waktu singkat.

Salah satu bidang yang mampu dimasuki Tiongkok dalam waktu singkat adalah industri alat berat. Berbagai produk alat berat asal Tiongkok kini terlihat sedang bekerja di berbagai wilayah Indonesia.  Hal ini tidak terlepas dari harga produk-produk alat berat Tiongkok yang cukup ‘miring’ dibandingkan produk-produk alat berat dari Amerika, Jepang, Eropa bahkan Korea.

Salah satu pencapaian besar Tiongkok pada industri alat berat adalah kemampuan memproduksi alat berat yang berkategori ‘giant’ yang selama ini hanya didominasi merek-merek tertentu saja. Salah satu produk alat berat raksasa yang cukup menghebohkan industri alat berat dunia adalah Sanjiang WTW220E.

Betapa tidak, Sanjiang WTW220E yang memiliki payload 220 ton ini memiliki disain yang agak berbeda dari off highway dumptruck berkategori giant pada umumnya yang menggunakan 3 sumbu. Sanjiang WTW220E menggunakan 4 sumbu.Perbedaan lainnya, bila off highway lainnya pada bagian roda depannya menggunakan 1 roda di kiri dan kanan, maka Sanjiang WTW220E menggunakan sepasang roda di sisi kiri dan kanannya. Selain itu, kabin dump truck ini terletak di bagian tengah dari unit, bukan di sebelah kiri.

Sanjiang WTW220E diproduksi oleh Wuhan Sanjiang Import & Export, Co., Ltd. (WSIEC), sebuah BUMN asal Tiongkok. WSIEC sendiri merupakan anak perusahaan dari China Sanjiang Space Group (CSSG), sebuah grup BUMN berskala besar yang memiliki 80 pabrik dan sekitar 15.000 karyawan dan merupakan salah satu dari 100 grup perusahaan terbesar di Tiongkok.

Produk utama WSIEC adalah kendaraan angkut modular berpenggerak sendiri. Produk-produk kendaraan angkut modular ini banyak diekspor ke berbagai negara di dunia. Melihat latar belakang dari CSSG yang telah berpengalaman panjang (sejak 1970) dalam memproduksi berbagai alat berat, tidaklah mengherankan jika salah satu anak perusahaannya mampu memproduksi giant dump truck ini.

sanjiang_equipina_1

2 buah engine diesel Cummins KTA38 Euro 2 yang menghasilkan tenaga lebih dari 2400 Hp digunakan untuk menggerakkan electric motor yang menyalurkan tenaga ke semua rodanya (all wheel drive). Salah satu inovasi yang dilakukan pada Sanjiang WTW220E ini adalah electric final drive (AC Drive).

Pada uji coba di area pertambangan di Tiongkok, Sanjiang WTW220E dapat mengangkut muatan penuh dan melaju cukup kencang baik pada jalan yang menanjak dan menurun. Bahkan di area yang licin, Sanjiang WTW220E tetap melaju dengan stabil. Begitupun saat melakukan pembuangan material (dumping), kedua lifting silindernya dapat mengangkat dump body tanpa mengalami kesulitan. Sayangnya dump truck ini harus berhenti dulu setelah membuang material untuk menurunkan dump body-nya. Setelah dump body kembali pada posisi semula barulah unit bergerak kembali.

Terlepas dari masih adanya kekurangan pada produk perdana ini, namun keberanian produsennya untuk memproduksi giant dump truck perlu diacungi jempol, di tengah-tengah ketatnya persaingan berbagai merek dump truck terkemuka. Kita tunggu inovasi-inovasi selanjutnya dari Sanjiang WTW220E ini.

WTW220E

 

(TP)

Leave a Reply