Technology Update

Mengenal Sistem Linkage Pada Wheel Loader, Z-Bar Linkage vs TP Linkage

Kompleksitas bisnis pada saat ini ternyata berpengaruh terhadap alat berat yang digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Alat berat dituntut bisa bekerja secara cepat, efisien dan ekonomis. Sebuah alat berat diharapkan dapat mengerjakan berbagai macam pekerjaan dengan mudah, sehingga dapat mengurangi biaya investasi yang diperlukan ketimbang harus menyediakan berbagai alat berat untuk pekerjaan yang berbeda.

Salah satu alat berat yang paling banyak digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di berbagai bisnis adalah wheel loader. Wheel loader dikenal sebagai alat berat yang lincah dan multifungsi. Berbagai jenis pekerjaan, dari mulai memindahkan material, mengangkat beban berat sampai pekerjaan yang bersifat mendorong dapat dilakukan oleh wheel loader.

Salah satu kelebihan wheel loader adalah dapat menggunakan berbagai macam attachment. Atachment-attachment ini didisain untuk digunakan oleh wheel loader dengan pemasangan yang praktis, bahkan operator tidak perlu turun untuk mengganti dan memasang attachment, semua dapat dilakukan dari kabin operator.

Bila kita memperhatikan berbagai brosur wheel loader dari berbagai merek yang ditawarkan oleh berbagai dealer alat berat, biasanya ada bagian yang menjelaskan mengenai attachment. Di situlah kita terkadang menemukan suatu istilah yang mungkin bagi sebagian dari kita dianggap sesuatu yang asing, yaitu Z-Bar Linkage dan TP Linkage. Apa itu Z-Bar Linkage dan TP Linkage?

Secara gampangnya linkage adalah sistem yang digunakan wheel loader untuk menggerakkan attachment. Untuk dapat menggerakkan attachment wheel loader menggunakan serangkaian fungsi mekanikal seperti cylinder, bar dan coupling. Linkage bekerja berdasarkan prinsip momen.

tp_linkage_vs_z_bar_linkage_main_equipina_1

Z-Bar Linkage merupakan sistem linkage yang dipopulerkan oleh Caterpillar. Pada saat ini Z-Bar Linkage ini digunakan pada berbagai merek wheel loader. Bisa dikatakan, mayoritas wheel loader menggunakan sistem ini. Bagian utama Z-Bar Linkage adalah cylinder boom, bar besar yang dapat berputar pada sumbunya, serta sebuah bar yang berukuran lebih kecil.

Prinsip kerjanya, cylinder boom mendorong bar besar yang menyebabkan bar ini berputar pada sumbunya. Gerakan bar ini akan menyebabkan bar kecil yang terpasang pada bagian bawah attachment tertarik dan sekaligus menarik attachment yang terpasang sehingga akan menunduk ke bawah. Begitupun untuk membuat attachment ‘menunduk’, cylinder boom akan menarik bar besar yang akan mendorong bar kecil sehingga attachment pun akan terdorong pada bagian bawahnya dan attachment pun akan mendongak ke atas.

Istilah Z-Bar mengacu pada garis imajiner yang menghubungkan boom cylinder, bar besar dan bar kecil yang membentuk huruf “Z”.

TP (Torque Parallel) Linkage adalah sistem linkage yang dikembangkan Volvo Construction Equipment. Berbeda dengan Z-Bar Linkage, TP Linkage justru menggunakan dorongan boom cylinder untuk mengangkat boom. Dengan terangkatnya boom akan menyebabkan bar kecil tertarik atau terdorong dan menarik atau mendorong attachment. Fungsi dari bar besar hanya sebagai tempat berpijak bar kecil.

Dengan perbedaan sistem ini terlihat, Z-Bar Linkage memanfaatkan tenaga dorongan/tarikan cylinder untuk menggerakkan attachment. Sedangkan pada TP Linkage gerakan attachment ditimbulkan oleh tarikan dan dorongan bar kecil. Dengan perbedaan sistem ini, wheel loader yang menggunakan sistem Z-Bar Linkage cenderung memiliki daya dorong attachment yang lebih besar, sehingga sangat cocok digunakan untuk mendorong dan memuat tumpukan material seperti stockpile. Sedangkan TP Linkage memiliki karakter, daya dorong yang lebih kecil namun dapat kelebihannya attachment dapat bergerak lebih leluasa. Wheel loader yang menggunakan sistem TP-Linkage sangat cocok digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan posisi attachment yang datar, misalnya saat membawa material pada bucket sambil berjalan, atau fungsi forklift yang membutuhkan posisi fork yang datar.

Mana yang lebih baik? Semua tergantung kebutuhan Anda.

 

(LK)

 

Leave a Reply