Mengenal Wacker Neuson, Rajanya Compact Equipment Asal Jerman

Menjadi pionir seringkali membawa keberuntungan bagi sebuah bisnis. Dengan menjadi yang pertama akan membuat bisnis tersebut lebih dikenal dan diingat dibanding bisnis sejenis yang menjadi pengikutnya. Namun menjadi pionir tidaklah mudah. Menemukan sebuah ide disaat belum ada orang belum ada yang memikirkannya memerlukan kejelian untuk menangkap peluang dan menjadikannya bisnis dan tidak itu saja, diperlukan konsistensi untuk menjalankan dan mengembangkannya, bahkan disaat bisnis tersebut belum terlihat perkembangannya seperti yang diharapkan.

Wackker Neuson yang saat ini dikenal sebagai produsen compact equipment terkemuka dunia asal Jerman telah melewati perjalanan panjang dalam membangun bisnisnya yang berangkat dari sebuah ide inovatif pada zamannya.

Berawal dari tahun 1848 ketika Johann Christian Wacker membuka sebuah toko perkakas di kota Dresden, Jerman. Dari sekedar menjual berbagai perkakas industri, pada tahun 1875 Wacker mulai memproduksi peralatan industri yang berlangsung selama 55 tahun, sebelum akhirnya mulai memproduksi peralatan konstruksi ringan. Hermann Wacker, cucu dari Johann Christian Wecker – seorang insinyur elektro, menciptakan sebuah mesin pemadat tanah portabel (rammer) yang bertenaga listrik pada tahun 1930-an.

wacker_neuson_equipina_1

Penemuan mesin pemadat tanah pertama di dunia ini segera mengubah cara kerja di industri konstruksi yang saat itu masih menggunakan metode tradisional, yang sekaligus meletakkan dasar bagi kesuksesan bisnis keluarga ini secara global. Pada tahun 1938, Wacker company mulai melebarkan pemasarannya baik pada tingkat domestik di Jerman maupun internasional dengan membentuk organisasi penjualan profesional.

Sayangnya Perang Dunia II berdampak besar terhadap perusahaan yang sedang tumbuh secara global ini. Kehancuran pabriknya pada tahun 1945 memaksa Wacker company yang saat itu dipegang generasi keempatnya memindahkan operasi perusahaan ke Kulmbach, sementara head office dipindahkan ke Munich pada tahun 1957. Setelah masa sulit ini perlahan-lahan bisnis Wacker mulai pulih dan mencapai kestabilannya. Rencana melebarkan sayapnya secara global pun kembali diteruskan.

Untuk memperkuat basis produksinya, Wacker membuka beberapa fasilitas-fasilitas produksi di berbagai negara. Selain di Jerman, pabrik-pabrik Wacker Neuson bisa ditemukan di Austria, Serbia, Amerika Serikat, Filipina dan Brazil. Tidak hanya itu, pemasarannya pun mulai merambah ke berbagai negara. Brand Wacker pun semakin dikenal sebagai produsen berbagai peralatan konstruksi ringan terkemuka. Pada tahun 2002, Wacker merestrukturisasi bisnisnya dan menjelma menjadi Wacker Construction Equipment AG.

Tidak hanya berbagai peralatan konstruksi portabel, Wacker pun mulai merambah industri peralatan berat dengan mengakuisisi Weidemann Group yang merupakan produsen wheel loader pertanian dan landscapping skala kecil sampai sedang dengan brand Weidemann. Sebagai informasi, produk-produk Weidemann merupakan market leader di Eropa Tengah. Tidak hanya Weidemann, Wacker juga mengakuisisi sebuah perusahaan Swiss, Drillfix AG dan sebuah perusahaan Amerika, Ground Heaters Inc. yang memperbesar portfolio Wacker.

Langkah strategis lainnya yang dilakukan Wacker untuk memperkuat penetrasinya dengan melakukan merger dengan Neuson Kramer Baumaschinen pada tahun 2007, yang membentuk Wacker Neuson. Sebagaimana diketahui, Neuson sebelumnya merupakan produsen hydraulic mini excavator yang juga melakukan berbagai langkah ekspansif, seperti mengakuisisi produsen truk asal Inggris, Lifton Ltd, merger dengan Kramer, sebuah produsen peralatan industri dan konstruksi asal Jerman. Setelah penggabungan ini, brand Wacker Neuson menjadi sebuah brand yang sangat diperhitungkan oleh produsen-produsen alat berat dunia, khususnya pada segmen compact equipment.

wacker_neuson_equipina

Pada saat ini, berbagai peralatan konstruksi portabel Wacker Neuson dikenal karena kualitasnya yang berada di atas rata-rata pesaingnya. Selain itu produk-produk Wacker Neuson juga dikenal memiliki teknologi yang sangat maju. Tidak heran, karena sejak awal perusahaan ini sangat kental dengan inovasinya. Berbagai hak paten penemuan-penemuan teknologi yang berkaitan denganbisnisnya dipegang oleh Wacker Neuson.

Salah satu contoh inovasi Wacker Neuson yang tidak dimiliki pesaing-pesaingnya adalah pada peralatan rammer. Bila pada umumnya pengoperasian rammer seluruh bagian rammer bergetar dengan keras sesuai dengan hentakan yang ditimbulkan, produk-produk rammer Wacker Neuson hanya bergetar keras pada bagian bawahnya, sementara bagian handling dan panel pengaturan hanya bergetar sedikit. Pada sebuah video ditunjukkan, sebuah gelas berisi air diletakkan pada bagian atas sebuah rammer Wacker Neuson. Sementara rammer bekerja memadatkan tanah, gelas air yang berada di atasnya tidak tumpah atau jatuh. Luar biasa. Manfaat dari fitur ini membuat operator rammer tidak cepat merasa lelah dibandingkan pengoperasian rammer pada umumnya.

Wacker Neuson memiliki produk-produk yang bervariasi, dari mulai utility sampai dengan produk-produk concrete loader, compaction, demolition, power, lighting, pumps, excavator, wheel loaders, skid steer loaders, telehandlers dan dumpers.

Berbagai produk Wacker Neuson yang termasuk kategori utility meliputi kategori-kategori high frequency converter, internal vibrator,external vibrator, pneumatic external vibrator, modular internal vibrator (HMS), vibratory truss screed, vibratory wet screed, concrete trowel, rammers, vibratory plate, vibratory roller (walk behind), vibratory roller (ride on), trench roller, gasoline breaker, asphalt & concrete cutter, cut-off saw dan lighting tower.

Penjualan dan after sales produk-produk Wacker Neuson di Indonesia dilakukan oleh PT. Maju Langgeng Jaya. Dengan kantor pusat di Jakarta, perusahaan ini memiliki 5 cabang di kota-kota Surabaya, Bali, Balikpapan, Makassar dan Medan. Untuk informasi lebih lanjut berbagai produk Wacker Neuson untuk kategori utility, hubungi:

PT. Maju Langgeng Mandiri
Jl. Kembang Kerep Raya Blok J7 No. 128
Kembangan, Meruya Utara, Jakarta Barat
Telp : 021 – 585 1478 / 585 1478
Fax : 021 – 5856821
Email : mlm@majulanggeng.co.id
Website : http://www.majulanggeng.co.id

Website Wacker Neuson : http://wackerneusongroup.com

 

(ES)

(Visited 10 times, 1 visits today)