Operation

Meningkatkan Efisiensi Loading-Unloading Forklift Dengan Container Loading Deck

Dalam pekerjaan pemuatan barang ke dalam kontainer maupun pembongkarannya, peranan forklift sangat vital. Forklift berfungsi memindahkan barang ke dalam forklift, namun keterbatasan jangkauan dari forklift sering menjadi problem tersendiri.

Biasanya barang yang akan dimuat ke dalam kontainer ditaruh di atas pallet, kemudian forklift akan mengangkat pallet dan memasukkan ke dalam forklift sampai batas jangkauan forklift. Untuk menempatkan barang pada bagian dalam kontainer dan menyusunnya, umumnya dilakukan dengan cara didorong secara manual dengan tenaga manusia. Dengan cara seperti memiliki berbagai kekurangan, dimana proses penyusunan barang akan memakan waktu yang lebih lama. Belum lagi jika barang yang disusun merupakan barang yang berat, tentunya tenaga manusia akan mengalami kesulitan untuk mengangkatnya. Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah pada sisi safety. Tidak mustahil terjadi kecelakaan kerja seperti terjepit atau tertimpa barang yang berat.

Container Loading Deck adalah platform yang digunakan sebagai akses forklift untuk masuk ke dalam kontainer. Container Loading Deck yang dibentuk memiliki kemiringan yang pas dengan ketinggian forklift akan membuat proses loading unloading forklift menjadi lebih cepat. Forklift dengan membawa muatan yang berat bisa dengan mudah memasuki kontainer, sekaligus menyusunnya.

Ada 2 jenis Container Loading Deck, Fixed dan Mobile. Fixed Container Loading Deck tidak bisa dipindah-pindah dengan mudah. Jenis ini memiliki kelebihan lebih stabil karena ‘kaki-kaki” nya tidak memiliki roda yang bisa bergeser. Sekalipun ada gerakan dari forklift, Container Loading Deck jenis ini sangat kecil kemungkinannya untuk bergeser. Kekurangan jenis ini, memerlukan space yang lebih besar karena Container Loading Deck harus ditempatkan di antara lokasi barang yang akan dipindahkan dan truk kontainer yang akan dimuati. Truk harus diposisikan dengan cara mundur sampai di bagian ujung kontainer bertemu dengan bagian ujung Container Loading Deck.

Jenis kedua adalah Mobile Container Loading Deck. Jenis kedua ini menggunakan roda pada kaki-kakinya, sehingga mudah memindahkannya ke berbagai lokasi. Kelebihan lainnya untuk jenis ini, memerlukan space yang lebih kecil, karena bisa diposisikan pada lokasi yang sempit sekalipun.  Namun kekurangannya, Mobile Container Loading Deck ini rentan untuk bergeser.

forklift_loading_ramp_equipina_1

PT. Sanki Cranes Indonesia, adalah sebuah perusahaan yang memproduksi Fixed Container Loading Deck bagi berbagai kebutuhan industri.Berdiri pada tahun 2011, PT. Sanki Cranes Indonesia merupakan anak perusahaan Sanki Co., Ltd., produsen overhead crane yang berkantor pusat di Kota Matsue Prefektur Shimane. Di Jepang sendiri, Sanki Co, Ltd. memiliki pengalaman panjang, lebih dari 60 tahun, dalam memproduksi berbagai merek

Pabriknya di Cikarang, Jawa Barat yang dioperasikan PT. Sanki Cranes Indonesia, merupakan pabrik pertama yang dibangun Sanki Co. di luar Jepang. PT. Sanki Cranes Indonesia memproduksi berbagai overhead crane dari mulai kapasitas 3 ton sampai dengan 300 ton, dengan brand Mitsubishi dan Bando. Disamping overhead crane, PT. Sanki Cranes Indonesia juga memproduksi komponen-komponen utama overhead crane seperti gear motor, inverter dan saddle.

Di samping itu, PT. Sanki Cranes Indonesia juga memproduksi Container Loading Deck berjenis fixed dengan kapasitas maksimum 6 ton, yang diasumsikan berat dari forklift 3 meter, sedangkan ketinggiannya minimal 1,4 meter. Dengan pengalamannya yang panjang, PT. Sanki Cranes Indonesia dapat memenuhi berbagai kebutuhan Anda dalam penyediaan Container Loading Deck.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

PT. Sanki Cranes Indonesia
GIIC Kota Deltamas Blok AA No. 15
Cikarang Pusat, Bekasi 17811
Telp. : 021 – 5055 4684
Fax : 021 – 5055 4686
PIC : Tedi Susanto (Marketing Group Leader) 0857 9503 4926 / 0812 1990 8052
Email : tedi@cranes-sanki.co.id
Website : http://wwww. sankicranesindonesia.com

 

(TM)

Leave a Reply