Michelin Mengakuisisi Produsen Ban Off-Road, Camso, Senilai $1,45B

Michelin telah mengakuisisi produsen ban Off The Road (OTR) asal Kanada, Camso. Dengan akuisisi ini Michelin berencana untuk membentuk divisi OTR gabungan baru yang akan menjadikan Michelin terdepan dalam industri ini.

Setelah melewati berbagai rintangan regulasi, Michelin akan membayar $ 1,45 miliar kepada Camso, yang didirikan pada tahun 1982 dan melaporkan penjualan sebesar $ 1 miliar pada tahun 2017.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Michelin akan menggabungkan divisi OTR dengan Camso, dan memindahkan semua pengambilan keputusan OTR ke markas Camso di Magog, Quebec, Kanada. Semua tim manajemen OTR dan eksekutif puncak akan bekerja di luar kantor Magog, jelas Michelin.

Michelin mengatakan akuisisi akan menciptakan “pemain pasar OTR nomor satu dunia,” dan “akan mewakili lebih dari dua kali lipat penjualan bersih Camso, yang didukung oleh 26 pabrik dan sekitar 12.000 karyawan.”

Michelin mengharapkan kerjasama antara para peneliti perusahaan di dalam divisi OTR gabungan yang baru untuk inovasi lebih lanjut pada teknologi ban tanpa udara.

Michelin menyatakan produk dan layanan Camso adalah pelengkap dari berbagai ban yang diproduksi Michelin sebelumnya sembari mengingatkan bahwa Camso adalah “pemimpin pasar” pada ban karet untuk peralatan pertanian dan kendaraan salju, serta ban mati dan ban bias untuk alat-alat berat earthmoving. Perusahaan ini juga merupakan pemain top-3 di pasar ban alat berat konstruksi ukuran kecil.

Di sisi konstruksi, Michelin mengungkapkan berbagai produk Camso akan memperkuat line product Michelin di market pertanian. Dengan akuisisi ini juga Michelin melihat peluang untuk menciptakan “pemain unik” yang menawarkan berbagai macam ban radial dan trek. Di sisi penanganan material, Michelin mengatakan pihaknya telah menjadi pemimpin pasar ban padat dengan memanfaatkan merek Camso’s Solideal dan Camso.

“Michelin dan Camso memiliki banyak kesamaan nilai. Akuisisi ini adalah peluang yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, ”kata Jean-Dominique Senard, CEO dari Michelin Group. “Michelin akan mendapat manfaat dari semua pengalaman Camso di pasar alat berat off-the-road. Sebaliknya Camso juga akan mendapat manfaat dari pengalaman Michelin di market yang khusus.”

“Bergabung dengan tim off-the-road Michelin adalah kesempatan luar biasa bagi Camso karena kesamaan nilai serta potensi pertumbuhan yang ada,” kata Pierre Marcouiller, Executive Chairman Camso. “Camso akan mencapai ambisinya untuk menjadi pemimpin pasar global pada segmen off-the-road dan sekaligus berkontribusi pada tim, teknis dan manufaktur serta pola pikir yang berfokus pada pelanggan. Akuisisi ini telah disetujui semua pemegang saham Camso. ”

(TM)

Leave a Comment