MTU Emission Flex Package, Sistem Adaptasi Standar Emisi Yang Cerdas

mtu_engine

Kepedulian terhadap lingkungan telah menjadi gerakan moral di seluruh dunia pada saat ini. Di beberapa belahan dunia standar emisi bagi industri dan otomotif semakin meningkat disertai dengan pengontrolan pemerintahnya yang sangat ketat. Tuntutan ini mengharuskan produsen-produsen engine untuk mampu menyesuaikan diri, dengan konsekuensi jika tidak mampu menyesuaikan diri maka produknya tidak dapat diterima di berbagai negara. Sayangnya peningkatan standar emisi ini menyebabkan produsen harus memproduksi berbagai engine model dengan berbagai tingkat emisi untuk berbagai negara yang seperti kita ketahui, memiliki pemberlakukan standar emisi yang berbeda-beda. Hal ini akan meningkatkan biaya produksi yang tinggi, disamping jumlah item spare part yang harus disediakan menjadi sangat banyak yang akan menyulitkan proses distribusi dan pengontrolannya.

Menyadari kondisi yang akan menyulitkan pabrikan sendiri, disamping customer-customer penggunanya, MTU, pabrikan engine terkemuka dunia asal Jerman mengembangkan engine-engine yang mampu menyesuaikan emisi gas buangnya sesuai standar emisi yang berlaku di suatu negara dari waktu ke waktu.

Prinsip yang digunakan adalah mesin-mesin tersebut dapat dikalibrasi berbagai parameternya dengan mudah menggunakan software yang tertanam di Engine Control Unit (ECU) sehingga menghasilkan emisi gas buang yang sesuai standar yang berlaku di situ. Sebagai langkah awal, sistem cerdas ini akan diterapkan pertama kali pada mesin-mesin MTU seri 1000 dan 1500. Engine-engine seri 1000 dan 1500 bukanlah engine model terbaru, engine-engine ini merupakan hasil pengembangan MTU bersama Daimler, yang merupakan induk perusahaannya sebelum dibeli oleh Rolls-Royce pada tahun 2014. Engine-engine seri 1000 dan 1500 ini telah menggunakan teknologi yang sangat maju, sistem Selective Catalytic Reduction (SCR) dan filter khusus.

Sistem Filter Khusus Hasil Pengembangan MTU

Sistem Emission Flex Package ini menggunakan kapasitor super yang khusus dikembangkan oleh Capasitor Power System (CaPoS) dan sudah diuji coba pada 3 mining truck di Afrika Selatan yang menggunakan engine-engine MTU seri 4000.

Emission Flex Package akan ditawarkan sebagai paket retrofit bagi engine-engine seri 460, 500 dan 900, sehingga pemilik engine-engine lama ini tidak perlu mengganti engine-engine-nya untuk menyesuaikan dengan tuntutan standar emisi. Bagi engine-engine baru, sistem ini akan diaplikasikan pada engine-engine dengan standar emisi minimal TIER-4 atau Euro-4.

 

(ES)

Leave a Comment