Business & Profile

One Stop Heavy Equipment Solution: PT. Gaya Makmur Tractors

Siang itu terlihat berbagai kesibukan di sebuah lahan di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Beberapa kontainer yang difungsikan sebagai kantor terlihat mengelompok di bagian pinggir lahan yang becek bekas lalu lalang truk pengangkut dan alat berat. Beberapa alat berat seperti dozer dan wheel loader terlihat terparkir. Lumpur yang mengeras terlihat pada beberapa bagian alat berat tersebut. Di beberapa sudut lahan terlihat kesibukan beberapa karyawan yang sedang menyusun berbagai barang yang baru datang.

Suasana ini merupakan suasana yang Equipina saksikan pada bulan awal Oktober 2005, 12 tahun silam. Suasana ini terjadi di area milik PT. Gaya Makmur Tractors, sebuah perusahaan alat berat yang baru berdiri kala itu. Dimulai dengan kesederhanaan, siapa yang menyangka PT. Gaya Makmur Tractors berkembang besar sampai dengan saat ini.

gaya_makmur_tractors_equipina_1
Kantor Pusat PT. Gaya Makmur Tractors

PT. Gaya Makmur Tractors (GM Tractors) yang didirikan pada 29 Agustus 2005 di Jakarta adalah distributor alat-alat berat untuk berbagai sektor, antara lain, infrastruktur jalan, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan berbagai sektor lainnya.

Saat ini GM Tractors memegang beberapa keagenan, antara lain, Wirtgen Grup dengan peralatan road machinery merekĀ Wirtgen, Vogele dan HAMM yang merupakan peralatan berat produksi Jerman untuk spesialisasi aplikasi di sektor infrastruktur jalan. Produk Jerman lainnya adalah Rubble Master (RM) dengan produk-produk mobile crushing plant-nya.

Tidak hanya produk-produk alat berat asal Jerman, GM Tractors juga mengageni berbagai merek alat berat terkemuka asal Jepang dan Tiongkok. Produk Jepang yang diageni dengan merek Takeuchi dan Winbull Yamaguchi yang merupakan mini excavator dan mini tracked dumpers. Dan tak kalah penting adalah Keihatsu, dengan hydraulic excavatornya. Keihatsu sendiri merupakan kolaborasi asal Shantui (Tiongkok) dan Komatsu (Jepang).

Selain itu GM Tractors juga merupakan distributor tunggal dari beberapa produsen alat berat asal Tiongkok, antara lain, Shantui Construction Machinery (Shantui) dengan berbagai produk buldozer, wheel loader dan forklifts. Xuzhou Construction Machinery Group (XCMG) dengan berbagai jenis produk crane, motor grader dan wheel loader, serta traktor-traktor pertanian dari Foton. Untuk XCMG sendiri, agar lebih fokus, saat ini ditangani oleh anak perusahaannya, PT. Gaya Makmur Putra.

 

gaya_makmur_tractors_equipina
Bulldozer Shantui

Salah satu kunci penting dalam bisnis alat berat adalah jaringan (network), GM Tractors melebarkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia dengan membuka kantor-kantor cabang di Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Batam, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar dan Kendari. Semua cabang-cabang ini terkoneksi secara online satu dengan yang lainnya,sehingga saat ada kebutuhan spare part, maka bila stok di cabang itu tidak ada/tidak cukup, maka spare part yang dibutuhkan bisa didatangkan dari cabang lain dengan cepat.

Untuk memberikan support kepada customer-customer-nya, GM Tractors memiliki warehouse modern yang dilengkapi dengan pendingin udara dan telah menerapkan sistem barcode, sesuai standar Wirtgen Group. Tidak hanya itu, kemampuan tim service juga terus dikembangkan dengan training-training teknikal bekerjasama dengan prinsipal-prinsipalnya. Untuk customer-customer yang menghendaki alat-alat beratnya terjaga kondisinya, GM Tractors juga menyiapkan opsi Service Contract sesuai dengan kebutuhan customer.

Hal ini sejalan dengan kebijakan dari manajemen GM Tractors, seperti yang disampaikan oleh Cahyadi Lie, pendiri sekaligus Presiden Komisaris GM Tractors, bahwa pencapaian GM Tractors sampai dengan saat ini bukan hanya bergantung dari upaya-upaya yang dilakukan prinsipal-prinsipalnya. Tentunya, sebagai prinsipal mereka terus berupaya memperbaiki produk dan berbagai hal lainnya. Namun tidak kalah penting adalah sinergi dari manajemen dan seluruh staf untuk memenuhi harapan customer.

Selain PT. Gaya Makmur Putra, yang khusus mengageni produk-produk XCMG, GM Tractors juga membawahi PT. Gaya Makmur Mobil yang menangani truk komersial dengan merek FAW dan breaker dengan merek Everdigm. Selain itu ada juga PT. Gaya Makmur Lestari yang khusus menangani material handling dan peralatan conveyor, serta PT. Gaya Makmur Techno Nusantara (Gamatech) yang khusus menangani genset-genset bermerek Fawde serta berbagai merek genset lainnya, panel, termasuk pembuatan tangki bbm.

 

(TP)