Pembaruan Sistem Transmisi dan Hidraulik Pada 4 Model Volvo Wheel Loader H-Series 2.0

Pada Februari 2018 yang lalu, Volvo CE meluncurkan beberapa pembaruan untuk Volvo wheel loader seri H, yang meliputi transmisi dan sistem hidrauliknya. Perubahan ini dilakukan pada 4 model, yaitu L150H, L180H, L220H dan L260H.

Pembaruan pada sistem transmisi yaitu gearbox baru yang telah ditanamkan teknologi OptiShift terbaru dan fungsi Reverse-By-Braking yang memungkinkan koneksi antara engine dengan transmisi terjadi tanpa delay. Dengan peningkatan kemampuan sistem transmisi, wheel loader H-series versi 2.0 ini bisa beroperasi lebih responsif pada kecepatan rendah, disamping akselerasi yang lebih cepat dan pengoperasian yang lebih halus dibanding pendahulunya.

Pembaruan juga dilakukan pada sistem hidraulik yang berkaitan dengan pengoperasian attachment. Dibenamkannya teknologi load-sensing pada sistem hidrauliknya membuat pengoperasian attachment wheel loader H-series versi 2.0 menjadi lebih responsif, sekaligus meningkatkan kecepatan naik turunnya boom sebesar 10% dibanding wheel loader G-series. Volvo juga menambahkan fungsi bucket levelling yang secara otomatis menurunkan bucket setelah melakukan dumping material.

Secara keseluruhan, Volvo mengklaim terjadi peningkatan efisiensi bahan bakar sebesar 20% akibat pembaruan-pembaruan ini, ditambah desain baru sistem pengereman dengan pengereman sistem kering P-brake yang mampu mengurangi hilangnya panas akibat gesekan. Penggunaan Eco pedal yang bisa memberikan tekanan balik pada pedal manakala pedal ditekan berlebihan juga memberikan kontribusi terhadap penghematan bahan bakar, disamping penonaktifan pompa hidraulik saat silinder boom terangkat tinggi.

(TP)

Leave a Comment