Performa Tangguh dan Efisien di Industri Kehutanan : Mini Excavator Hitachi Zaxis ZX138MF-5G

Industri kehutanan Indonesia yang didominasi kondisi medan yang susah dijangkau dan keadaan struktur tanah yang tidak stabil membutuhkan alat berat yang tangguh dan efisien. Ketidakhandalan sebuah alat berat dalam lingkungan kerja yang cukup jauh dari manapun akan membuat masalah besar yang akan mengganggu operasional kerja sebuah perusahaan kehutanan. Menyadari kondisi seperti ini, Hitachi Construction Machinery Indonesia sebagai perwakilan produsen alat berat Hitachi di Indonesia melakukan inovasi sesuai dengan permintaan pasar dengan menghadirkan mini excavator ZX138MF-5G.

Unit alat berat yang didesain khusus untuk industri kehutanan di Indonesia ini diluncurkan pemasarannya di Indonesia oleh PT. Hexindo Adiperkasa, Tbk., sebagai distributor alat-alat berat Hitachi di Indonesia pada periode Agustus – September 2017 yang lalu di enam kota di Indonesia, yaitu Surabaya, Pekanbaru, Balikpapan, Palembang, Makassar dan Jakarta.

Sebelumnya, line product Hitachi untuk sektor kehutanan terdiri dari kelas kecil sampai menengah, yaitu kelas 5 ton dan 10 ton, dan kelas menengah yaitu 20 ton. Namun range product yang telah ada ini belum bisa menjangkau kebutuhan customer pada kelas 10 – 20 ton. Kehadiran ZX138MF-5G di kelas 10 – 20 ton ini, semakin melengkapi line product Hitachi pada sektor kehutanan sekaligus memperkuat posisi alat berat Hitachi sebagai market leader produk excavator kehutanan di Indonesia. Di kalangan pelaku bisnis kehutanan, excavator-excvator Hitachi memang dikenal sebagai excavator spesialisasi lahan basah yang bersifat multifungsi.

ZX138MF-5G menawarkan ketangguhan, kualitas yang mumpuni, efisiensi bahan bakar dan kecanggihan sistem pendingin. Tak hanya itu, alat berat yang memiliki tenaga yangbesar ini mampu menambah produktivitas sebesar 4% namun tetap hemat bahan bakar. Penghematana bakar unit ini bisa mencapai 8% dalam mode PWR. Terlebih melalui mode ECO, alat ini dapat menaikan angka efisiensi bahan bakar secara cepat hingga 21%.

ZX138MF-5G dilengkapi dengan Monitor Needle Type yang dirancang dengan tampilan yang mudah dilihat meski dalam keadaan lingkungan pekerjaan yang kotor dan berdebu. Produk yang satu ini juga memiliki sistem yang mampu meningkatkan keseimbangan suhu melalui engine berpendingin kecepatan tinggi yang dapat menaikkan volume aliran udara untuk mendinginkan engine. Peningkatan pada desain cover engine juga mencakup ruang engine yang 15% lebih besar di sisi cover sehingga memiliki aliran udara dan alat penghisap yang lebih baik yang hasilnya dapat meningkatkan performa pendingin.

Sebagai sumber tenaganya, Hitachi terkesan tidak mau memaksakan teknologi yang cukup tren pada saat ini namun sangat rentan dengan kualitas solar yang rendah, yaitu common rail. Ketimbang menggunakan engine yang kurang cocok di area kehutanan yang terpencil dan minim support, Hitachi memasang engine yang berbasis non common rail dengan ketahanan tinggi pada unit ini, sehingga potensi unit tidak bisa dinyalakan bisa dikurangi.

Daya jangkauan ZX138MF juga cukup memadai untuk pekerjaan-pekerjaan kehutanan (4,6 m boom & 3,01 m arm) dengan grapple mencangkup jangkauan hingga 8,8 m dan dengan maksimum ketinggan 9,2 m. Untuk kegiatan non-logging dengan menggunakan bucket, unit ini mampu menjangkau kedalaman penggalian hingga 8,7 m dan ketinggian 6,7 m.

Dikenal dengan produk-produknya yang handal di lahan basah yang lunak, Hitachi memberikan perhatian lebih pada disain undercarriage ZX138MF. Hal ini terlihat dari ground clearance unit ini yang cukup tinggi mencapai 575 mm namun tetap stabil karena jarak antar kedua sisi undercarriage cukup lebar mencapai 2040 mm. Alhasil,  ZX138MF mampu bermanuver dengan lincah pada medan-medan yang sangat kasar. Struktur dari frame juga didesain khusus untuk berbagai pekerjaan kehutanan dengan pelat baja yang diperkeras. Sementara ground pressure tetap rendah karena menggunakan track shoes yang cukup lebar (960 mm).

Pada berbagai pekerjaan kehutanan, operator alat berat rentan dengan resiko kecelakaan kerja. Untuk itulah, Hitachi sangat memperhatikan aspek keamanan dalam produk excavatornya. Ruang operator didesain bukan hanya melindungi tetapi memberikan kemudahan dalam pengoperasian. Terdapat struktur penyangga tengah yang diperkuat (CRES) dan desain kabin diperkokoh supaya menjaga keselamatan operator dari cedera berat apabila terjadi kecelakaan.

Berbagai kelebihan unit ini mendapat apreasi dari customer-customer penggunanya. Salah satunya adalah sebuah perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) di wilayah Kalimantan Barat yang memiliki lebih dari 100 unit excavator Hitachi. ZX138MF diakui sebagai unit yang lincah dan memiliki tenaga yang besar. Berkat dukungan dari PT. Hexindo Adiperkasa, Tbk. sebagai dealernya, hampir tidak pernah ada keluhan dari operator-operatornya.

(TM)

Leave a Comment