Featured Product

Performance Tak Tertandingi, Volvo Soil Compactor Series

Pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia seringkali harus dibangun di atas tanah yang kurang ideal untuk  jalan yang akan dilewati berbagai kendaraan dengan tonase yang besar, karakteristik tanah di Indonesia yang subur menyebabkan tanah menjadi gembur dan gampang amblas jika dilewati kendaraan. Untuk itu dalam pembangunan jalan, hal yang harus menjadi pertimbangan bagi kontraktor pembangunan jalan adalah kehandalan alat berat yang digunakan. Dalam proyek pembangunan jalan, compactor menjadi alat berat yang sangat vital peranannya.

Volvo-SD110-Soil-Compactor

Salah satu proses yang sangat penting pada pembangunan jalan, setelah dilakukan proses land clearing adalah pemadatan area yang akan dijadikan jalan. Pekerjaan pemadatan bertujuan menyiapkan bakal jalan agar siap untuk dilapisi sirtu sebelum dilakukan proses pengaspalan. Proses pemadatan area jalan ini menggunakan soil compactor atau yang populer diistilahkan dengan nama vibro compactor.

Vibro compactor sesuai dengan namanya menggunakan energi getaran (vibration) untuk memadatkan lapisan dasar dari jalan. Dengan adanya energi getaran yang dihasilkan oleh vibratory motor akan menyebabkan lapisan jalan menjadi lebih padat dengan kepadatan yang lebih baik dibandingkan compactor konvensional tanpa getaran.

Untuk menjawab kebutuhan pekerjaan pembangunan jalan yang semakin kompleks, Volvo Construction Equipment, produsen alat berat terkemuka dari Swedia, mendisain secara khusus seri soil compactor yang cocok digunakan untuk kondisi di Indonesia. Ada 4 model compactor yang tersedia untuk menjawab kebutuhan yang bervariasi, yakni SD110, SD130, SD160 dan SD200. 3 digit angka ini menyatakan berat unit compactor dalam kondisi siap beroperasi.

Salah satu fitur utama dari seri soil compactor Volvo ini adalah kemampuan getar dan manuver. Dengan sudut getar +/1 17 derajat, Volvo soil compactor memiliki kemampuan pemadatan yang lebih baik, material akan mendapatkan pemadatan yang cukup dan merata pada batasan lebar dari drum. Untuk mengontrol sudut getaran cukup dilakukan pada panel operator, sehingga operator dapat melakukan penyesuaian frekuensi getaran dengan mudah. Untuk kemampuan manuver, Volvo soil compactor series memiliki sudut belok yang mencapai 38 derajat, sehingga sangat efektif untuk beroperasi di area yang sempit.

soil-compactor-sd110-t3

Melakukan pemadatan di jalan yang curam? Tidak masalah. Karena Volvo soil compactor series ini mampu bekerja dengan baik pada tingkat kecuraman jalan mencapai 35 derajat, bahkan pada medan yang licin sekalipun karena unit compactor ini sudah dilengkapi dengan sistem traksi yang handal. Jika dibutuhkan padfoot untuk pemadatan yang lebih tinggi, pemasangannya cukup mudah karena hanya menggunakan clamp untuk mengikat clamp shell dengan padfoot drum.

Untuk pengontrolan sistem secara keseluruhan, Volvo Contronics akan mengatur sistem compactor pada saat beroperasi secara real time. sehingga sistem akan bekerja secara efisien dengan konsumsi bahan bakar yang ekonomis tanpa operator harus bersusah payah mengatur pengoperasian.

Sebagai sumber penggerak, Volvo soil compactor series menggunakan mesin-mesin yang didisain buatan Volvo sendiri yang telah teruji kehandalannya. Tenaga mesin yang dikeluarkan diklaim bisa menghemat konsumsi bahan bakar sampai dengan 30% tanpa mengorbankan performance dari keseluruhan unit.Mesin-mesin ini memiliki tingkat kebisingan dan emisi yang rendah sehingga ramah lingkungan. Untuk pemeliharaan mesin dan unit secara keseluruhan, desain Volvo soil compactor series ini sangat memperhatikan kemudahan. Mekanik dapat mengakses poin-poin maintenance, seperti greasing, penggantian oli dan coolant, serta filter-filter secara mudah, sehingga mekanik tidak perlu menghabiskan waktu banyak hanya untuk mengakses poin-poin maintenance itu.

Jika anda tertarik untuk membeli produk ini, anda dapat memilih opsi menggunakan kabin tertutup atau tidak. Kabin ini telah mememenuhi standar internasional untuk keamanan, sehingga operator akan merasa aman bekerja bahkan pada kondisi yang sangat tidak aman.

Masih banyak fitur-fitur unggulan yang menjadi nilai tambah dari Volvo soil compactor series ini. Jika anda memerlukan informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi Kanedo Purba di PT. Indotruk Utama pada 08119695313.

 SD110SD130SD160SD200
Operating weight (kg)11.21212.57816.19920.643
Drum width (mm)2.1342.1342.1342.134
EngineVolvo D5Cummins QSB4.5Cummins QSB6.7Cummins QSB6.7
Rated power (kW) / Hp99 / 133119 / 160129 / 173151 / 203

 

(ES)

 

Leave a Reply