PT. Alun, Hampir 50 Tahun Memberikan Layanan Spare Part dan Service Bagi Kendaraan Komersial Eropa

Tidah mudah untuk sebuah bisnis tetap konsisten di jalurnya selama berpuluh tahun. Butuh ‘passion’ untuk melewati pasang surut yang terjadi selama perjalanan panjang itu. Bagi sebagian bisnis, melebarkan sayap adalah satu cara untuk bertahan pada saat mengalami masa-masa yang sulit. Dengan memiliki berbagai jenis bisnis pada bidang yang berbeda diyakini akan menjadi payung penyelamat di saat ada salah satu bisnis yang mengalami kemunduran. Namun bagi bisnis-bisnis yang tetap konsisten pada bidangnya, kekonsistenan itu justru bisa menjadi berkah tersendiri karena mereka akan menjadi sangat menguasai bidang itu dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan-pelanggannya.

PT. Alun adalah salah satu yang tetap memilih untuk ‘tidak latah’ membuka berbagai bisnis yang berbeda dari bisnis asalnya dengan tetap berfokus memasarkan dan memberikan layanan bagi kendaraan-kendaraan niaga Eropa yang diageninya selama hampir 50 tahun usianya. Kekonsistenan ini berbuah kepercayaan dari masyarakat Indonesia, sekalipun telah melewati berbagai kesulitan nyatanya PT. Alun terus tumbuh berkembang sampai dengan saat ini.

alun_equipina_1

PT Alun adalah perusahaan penyedia kendaraan niaga yang didirikan sejak tahun 1953. Pada awalnya PT. Alun adalah perusahaan yang bergerak pada kegiatan ekspor impor, barulah pada tahun 1968 PT. Alun mulai memasuki bisnis otomotif dengan mengageni kendaraan penumpang bermerek Citroen dan kendaraan komersial melalui truk- dan bus Berliet yang kelak diakuisi olleh Renault.

Seiring dengan perkembangan ekonomi di Indonesia di era 1970-an, pada tahun 1975, PT. Alun membuka assembling plant untuk merakit mobil-mobil Citroen di Cakung, Jakarta Timur. Sayangnya, merek Citroen di Indonesia kurang begitu bergaung, karena begitu masifnya merek-merek Jepang di Indonesia. Hal ini juga tidak terlepas dari pasang surut Citroen di negara asalnya, Perancis, yang akhirnya diakusisi oleh Peugeot. Walaupun sempat mengalami masa keemasan pada tahun 1980-an, akhirnya produksi terakhir Citroen diluncurkan pada tahun 1994 dan PT. Alun kemudian memfokuskan diri menjadi distributor Renault Trucks.

Perlahan-lahan truk Renault mulai mendapatkan tempat di pasar kendaraan komersial di Indonesia. Pada tahun 2010 PT. Alun mendirikan Alun Reman Center (ARC) sebagai fasilitas untuk meremanufaktur komponen dari truk, trailer maupun bus, yang populasinya sudah cukup banyak di Indonesia. Pada tahun 2011, PT. Alun melebarkan sayap bisnisnya dengan menjadi distributor resmi Mercedes Benz trucks sampai dengan saat ini.

Mengawali usaha sebagai ATPM untuk mobil Citroen, Berliet dan Renault Truck, PT Alun kini telah berkembang menjadi Alun Group dengan beberapa perusahaan yang bergerak dalam industri transportasi, logistik dan pergudangan. Perusahaan-perusahaan yang termasuk Alun Group yaitu PT. Alun Indah dengan bisnisnya sebagai distributor kendaraan komersial seperti Mercedes Benz, PT. Premium Technica yang berfokus pada penyediaan aftermarket parts, dan filter untuk truk, trailer dan bus, PT. Dwimakmur Primatamas yang berfokus pada penyediaan truk dan trailer bagi sektor pertambangan, Alun Property dengan fokus pada penyediaan properti-properti komersial dan manajemen gedung yang meliputi kawasan pergudangan di Cakung dan kawasan industri di Cileungsi, serta PT. Teravisindo Sukses yang memasok berbagai produk control system dan instrumentasi pada berbagai industri baik di Indonesia maupun mancanegara.

alun_equipina

Sebagai perusahaan yang berfokus pada kendaraan komersial, PT. Alun sangat menyadari salah satu kunci kepercayaan pelanggan adalah layanan purna jual yang baik, itulah sebabnya sejak awal PT. Alun membangun sistemlayanan purna jual yang terintegrasi dan berfokus pada customer-customernya. Adapun layanan purna jual yang diberikan meliputi:

Penjualan Spare Part

PT. Alun menawarkan spare part untuk truk-truk Eropa dari sumber OEM dan juga sumber lain yang terpercaya. Selain itu, jaminan warranty dari produk dan layanan yang diberikan.

Layanan Perawatan Unit (Maintenance Service)

Untuk mendukung penjualan spare part, PT. Alun juga menawarkan jasa perawatan dan perbaikan truk-truk komersial yang diageninya, dengan dipimpin mekanik-mekanik yang berpengalaman dan bersertifikat. Tim mekanik ini akanmemastikan unit selalau mendapatkan maintenance yang terbaikdan dapat dioperasikan dengan maksimal.

Layanan Alun Revitalization Team (ART)

Alun Revitalization Team (ART) menawarkan solusi revitalisasi kendaraan agar dapat beroperasi secara optimal dengan kondisi prima.

Layanan Alun Reman Center (ARC)

Alun Reman Center (ARC) adalah divisi dari PT. Alun dengan spesialisasi pada perbaikan komponen. ARC menawarkan kompenen remanufaktur seperti engine, gearbox, differential dan beberapa komponen-komponen minor dengan harga yang kompetitif untuk pelanggan yang ingin melakukan pertukaran komponen dari kendaraan-kendaraannya.

PT. Alun
Website : www.ptalun.com

Head Office – Alun Graha
Jl. Prof. Dr. Supomo, S.H. No. 233
Jakarta 12870
Telp. : 021 – 829 0608
Fax : 021 – 828 0075

Cakung
Jl. Raya Bekasi Km. 23
Jakarta 13910
Telp. : 021 – 461 5657
Fax : 021 – 461 5658

Balikpapan
Jl. Mulawarman No. 45 RT. 032
Batakan, Manggar
Balikpapan 76117
Telp. : 0542 – 747 333
Fax : 0542 – 746 333

 

(TP)

 

(Visited 23 times, 1 visits today)