Business & Profile

PT. Berkat Manunggal Jaya, Turut Memperkuat Basis Energi Negeri Dengan Kualitas

Permasalahan kurangnya pasokan listrik di berbagai wilayah Indonesia menjadi satu fokus pemerintahan di bawah Presiden Jokowi saat ini. Kebutuhan listrik yang sangat besar tentunya tidak bisa dipenuhi oleh pemerintah melalui PT. PLN. Disinilah peranan swasta menjadi sangat vital. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak pada industri peralatan yang berkaitan dengan energi, PT. Berkat Manunggal Jaya (BMJ) berkomitmen berkontribusi bagi pemenuhan kebutuhan listrik dengan produk-produk genset yang diageni berikut berbagai layanan yang disediakannya.

BMJ yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, merupakan perakit genset dengan brand BMGS. BMJ ditunjuk oleh Mitsubishi Heavy Industries Engine & Turbocharger, Ltd., Jepang sebagai exclusive dealer engine dan genset Mitsubishi untuk wilayah Indonesia sejak tahun 2003. Namun sejarah BMJ dimulai jauh sebelum itu, tepatnya pada tahun 1987 di Juwana, sebuah kota kecil di JawaTengah. Kala itu Agus Budiharto, founder BMJ, memiliki hobi mengkopel engine Mitsubishi 6-D14 dan 6-D22 untuk menghasilkan genset 60 kVA dan 150 kVA.

Dengan semakin bertambah pengalamannya, pada tahun 1995 Agus mendapat kesempatan untuk menggunakan engine-engine MTU Friesrichshafen bagi genset-genset yang dibuatnya. Pada tahun yang sama CV. Berkat Manunggal Jaya berdiri. Kerjasama kedua pihak terus berlanjut dan mencapai puncaknya pada tahun 1997, CV. BMJ memperoleh lisensi OEM dari MTU untuk genset-genset MTU yang dipasarkan oleh CV. BMJ. Berawal dari menjual 20 unit genset per tahun, CV BMJ makin memperkuat posisinya di pasar genset tanah air dengan menjual lebih dari 200 genset di tahun 2000.

Untuk memperkuat organisasinya, pada tahun 2002 Agus menjalin kerjasama dengan mitra bisnisnya dan pada tahun itu juga CV. BMJ berubah statusnya menjadi PT. Berkat Manunggal Jaya. Pada tahun 2003, BMJ ditunjuk sebagai distributor engine dan genset Mitsubishi di Indonesia. Puncaknya pada tahun 2010-2012, BMJ mendapatkan penghargaan  sebagai MGS Top Worldwide Sales dari Mitsubishi Heavy Industries (MHI), Jepang. Sejak itu bisnis BMJ terus berkibar sampai dengan sekarang.

Pada saat ini, BMJ merakit engine Mitsubishi menjadi genset dari rentang 4 kVA sampai dengan 2200 kVA. Sampai saat ini lebih dari 3000 unit genset telah terjual di seluruh wilayah Indonesia. Brand BMGS digunakan untuk menekankan identitas kerjasama antara BMJ dengan Mitsubishi.

Produk-produk genset BMGS memiliki variasi yang beragam, mulai dari High Speed Small Series (4- 6 silinder), High Speed Big Series (6-16 silinder) dan Low and Medium Series (6-18 silinder). Tidak hanya genset diesel, produk-produk BMGS juga memiliki variasi menggunakan bahan bakar gas, MFO dan HFO. Selain genset dengan brand BMGS, BMJ juga merupakan memasarkan genset-genset MGS yang diproduksi MHI di Indonesia.

bmj_equipina

Tidak hanya memasarkan produk-produk genset, sejak 2003 BMJ juga memproduksi panel-panel genset, seperti panel AMF-ATS, panel SDP & MDP, Panel Starter Motor, dan Panel Automatic Synchronizing.

Untuk memasarkan berbagai produknya, BMJ menggunakan 2 saluran pemasaran, yaitu retail dan project. Untuk penjualan retail, difokuskan untuk produk-produk dengan range 20-500 kVA untuk berbagai segmen pasar, dari mulai rumah tangga, gedung-gedung sampai dengan manufaktur. Untuk pemasaran yang berbasis project, BMJ memiliki tim khusus yang berpengalaman menangani berbagai Turn Key Project, alias project-project sejak dari awal pembangunan sampai dengan pengoperasiannya. Untuk pemasaran berbasis project ini, yang disasar adalah project-project yang membutuhkan kapasitas di atas 500 kVA. Berbagai project dari mulai gedung, pabrik, rumah sakit sampai dengan power plant telah menjadi customer-customer BMJ, baik dengan sistem rental, BOOT (Build, Own, Operate and Transfer), maupun opsi pengoperasian saja.

Layaknya semua bisnis yang berbasis produk, aspek after sales service mendapat perhatian serius dari BMJ. Internal tim after sales service BMJ terdiri dari sekumpulan mekanik yang berpengalaman dan handal menangani berbagai pekerjaan after sales service. Tim after sales ini terus ditingkatkan kemampuannya melalui training-training berkala maupun special tools yang terus ditambahkan dan diperbaharui. BMJ juga bekerjasama erat dengan MHI dalam mendukung customer-customernya. Untuk spare part, BMJ memiliki warehouse besar untuk menyimpan lebih dari 6000 item spare part.

Dengan berbagai pengalaman, sumber daya dan nama baik yang dimilikinya, saat ini BMJ terfokus untuk memperkuat eksistensinya di Indonesia dengan mencoba menjadi pemain utama di industri energi ini. Ke depannya BMJ yang memiliki visi menjadi pemain global untuk bisnis energi terbarukan memiliki rencana untuk melebarkan marketnya, tidak hanya di Indonesia melainkan juga ke berbagai negara. Semoga.

 

PT. Berkat Manunggal Jaya
Jl. Gatot Subroto Blok-B No. 1
Candi Industrial Estate, Semarang
Telp. 024 – 7612 991
Fax : 024 – 7612 995
Email : support@bmj.co.id, info@bmj.co.id
Website : www.bmj.co.id

 

(TP)

Leave a Reply