News

Rencana Akuisisi Wirtgen oleh John Deere

John Deere, sebuah pabrikan alat berat asal AS yang berfokus pada alat-alat berat konstruksi dan pertanian, mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi Wirtgen, pabrikan alat berat konstruksi asal Jerman. Hal ini diungkapkan pada rilis resmi John Deere akhir Mei yang lalu.

Dalam penjelasannya, John Deere menyatakan nilai pembelian Wirtgen yang telah disepakati senilai 5,2 milyar dollar termasuk hutang-hutang dari Wirtgen, dan ditargetkan seluruh proses akuisisi akan selesai pada kuartal pertama 2018.

Wirtgen Group merupakan grup perusahaan multinasional dengan fokus pada produk-produk alat berat bagi sektor konstruksi,, mulai dari pembangunan jalan, perbaikan jalan, berbagai plant bagi industri pertambangan, berbagai peralatan daur ulang material jalan, termasuk aspal. Berbagai brand yang berada di bawah bendera Wirtgen group meliputi Wirtgen, Vogele, Hamm, Kleemann dan Benninghoven.

Sejatinya Wirtgen Group merupakan perusahaan keluarga yang didirikan oleh Reinhard Wirtgen pada tahun 1963. Kendati usianya masih 20 tahun kala itu, Reinhard Wirtgen berhasil mengembangkan perusahaannya menjadi produsen alat berat yang disegani di dunia. Memiliki jaringan di lebih dari 100 negara, Wirtgen tumbuh menjadi korporasi raksasa. Pada tahun 2016, Wirtgen Group berhasil membukukan penjualan sebesar 2,59 milyar Euro dan mempekerjakan lebih dari 8000 orang karyawan di seluruh dunia.

Tidak semua produk-produk yang dimiliki Wirtgen saat ini merupakan produk-produk yang dikembangkan Wirtgen sejak awal berdirinya. Vögele Hamm, pabrikan paver asal Jerman diakuisisi pada tahun 1999. Kemudian berturut-turut Kleemann, pabrikan mobile and stationary processing plants asal Jerman pada tahun 2005 dan Benninghoven, pabrikan asphalt mixing plants(AMP) pada tahun 2014.

Secara finansial, tidak ada problem berarti yang dihadapi oleh Wirtgen Group. Bisnis Wirtgen terus tumbuh menggurita di seluruh dunia. Pertimbangan keluarga Wirtgen yang mengendalikan bisnis keluarga, yang sekarang dipegang oleh Jürgen Wirtgen dan Stefan Wirtgen, anak dari Reinhard Wirtgen, hanya keinginan untuk mengalihkan bisnisnya ke bisnis lain. Di sisi lain, hubungan antara John Deere dan keluarga Wirtgen telah berlangsung lama.

Dengan akuisisi ini akan membuat John Deere memiliki product range yang cukup komplit di sektor konstruksi jalan, bisa dikatakan nantinya dengan akuisisi ini John Deere akan memiliki portfolio produk yang paling lengkap dari berbagai brand heavy equipment di dunia.

Masih dari rilis yang sama, secara diagram, John Deere menggambarkan rencana akuisisi ini dalam bentuk diagram berikut. Selama ini produk-produk John Deere diaplikasikan pada proses-proses 1 (quarry), 5 (road construction site), 6 (rough grading), 7 (finish grading), dan 11 (concrete paving). Setelah akuisisi ini seluruh produk John Deere Group bisa diaplikasikan end-to-end di segmen konstruksi jalan.

roadbuilding_illustration_final EDITS[1]

Di Indonesia, keagenan produk-produk Wirtgen dipegang oleh PT. Gaya Makmur Tractors (GMT) yang ditunjuk sebagai distributor tunggal. Sementara produk-produk John Deere di Indonesia memiliki beberapa dealer, yaitu PT. Hexindo Adiperkasa, Tbk. untuk segmen construction dan forestry, PT. Wahana Inti Selaras dan PT. Satrindo Mitra Utama untuk segmen farming, dengan produk-produk traktor pertanian.

 

(ES)

Leave a Reply