Sangdo Mini Crane SMC 3000, Solusi Efisiensi Pemuatan Tandan Buah Sawit

Dalam setiap bisnis, efisiensi menjadi satu kata sakti yang menjadi muara dari setiap upaya yang dilakukan oleh bisnis tersebut. Apalagi dalam bisnis yang berkaitan dengan produksi,  efisiensi waktu menjadi sedemikian penting karena akan berpengaruh terhadap jumlah produksi yang dihasilkan.

Hal ini terlihat nyata pada perkebunan kelapa sawit yang menghasilkan tandan buah segar kelapa sawit yang menjadi bahan baku industri minyak goreng. Produksi di pabrik yang memproduksi minyak goreng dipengaruhi oleh suplai dari perkebunan kelapa sawit. Tentunya bila terjadi pengurangan suplai tandan buah segar, maka produksi pun akan terpengaruh. Apalagi pada kondisi-kondisi tertentu misalnya pada musim hujan, dimana akses di dalam perkebunan kelapa sawit menjadi becek dan licin. Penggunaan truk-truk berukuran sedang untuk mengangkut sawit-sawit di area pengumpulan jelas akan mengalami kesulitan karena truk-truk ini tidak didisain untuk bekerja di area yang memiliki medan yang sukar. Belum lagi faktor tenaga kerja juga bisa menjadi persoalan tersendiri. Pada kondisi hujan tentunya tidak memungkinkan buruh-buruh tersebut untuk bekerja. Bisa dibayangkan kehilangan waktu yang timbul saat puncak musim hujan.

Bila masalah efisiensi menjadi pertimbangan utama, maka produk Sangdo Mini Crane SMC 3000 bisa menjadi jawabannya.

Sangdo International yang merupakan pabrikan crane terkemuka di Korea, memiliki pengalaman panjang dalam mendisain dan memproduksi breaker, truck mounted crane, bucket crusher, attachments dan mini tractor cranedan memasarkannya ke seluruh penjuru dunia. Mini crane ini sangat cocok diaplikasikan di perkebunan-perkebunan kelapa sawit di wilayah Indonesia yang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi serta kondisi jalan-jalan aksesnya yang kurang begitu baik. Sangdo Mini Crane SMC 3000 dipasang pada sebuah traktor pertanian dengan memanfaatkan output tenaga dari engine melalui PTO yang akan memberikan pressure kepada pompa hidaulik, yang digunakan untuk menggerakkan crane.

Penggunaan traktor mini dengan sendirinya akan mengatasi permasalahan medan buruk yang sulit dilewati oleh truk-truk konvensional. Tandan buah segar kelapa sawit dimuat pada sebuah bak yang ditarik oleh traktor dengan menggunakan Sangdo Mini Crane SMC 3000. Hal ini akan meniadakan penggunaan buruh angkat yang biasanya dibutuhkan saat memuat kelapa sawit ke truk pengangkutnya. Alih-alih menggunakan buruh, pengangkatan tandan sawit cukup dilakukan oleh operator traktor dengan menggunakan control panel dari Sangdo Mini Crane. Praktis dan bebas dari masalah.

Sangdo Mini Crane SMC 3000 bekerja dengan menggunakan 4 rahang (jaw) yang digerakkan secara hidaulis, sehingga tandan buah segar dapat bisa ‘dipegang’ dan diangkat dan dimasukkan ke bak pengangkut. Boom dan arm-nya dapat berputar dengan sudut 2200, sehingga dapat menjangkau tandan kelapa sawit hampir di semua sisi. Dengan jarak jangkauan ‘lengan’ mencapai 3 meter dan ketinggian 3 meter, Sangdo Mini Crane SMC 3000 ini memiliki fleksibilitas, sehingga tidak membutuhkan pengaturan posisi traktor dan bak berulang-ulang agar dapat menjangkau semua tandan kelapa sawit.

PT. Altrak 1978 yang mengageni Sangdo Mini Crane SMC 3000 menjamin ketersediaan spare part dan perbaikan dari unit mini crane ini. Dengan memiliki lebih dari 30 cabang di seluruh Indonesia, PT. Altrak 1978 berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi bisnis Anda.

Spesifikasi :

sangdo_mini_crane_equipina_3

Untuk informasi lebih lanjut mengenai unit Sangdo Mini Crane SMC, silakan hubungi:

PT. Altrak 1978
Jl. RC. Veteran No. 4, Bintaro
Jakarta Selatan 12330
Contact person : Fitrah Jaya Atmaja
Email : fitrah.atmaja@altrak1978.co.id
Telp. : 021 7361978 Ext 242
Fax. : 021 7376477

 

(ES)

Leave a Comment