Scania Menambahkan Truk Berbahan Bakar Gas di Deretan Line Product-nya

Scania meluncurkan engine gas OC13 6 silinder yang inovatif dengan output daya 410 Hp. Engine 13 liter ini bisa digunakan baik untuk angkutan jarak jauh maupun sebagai angkutan pada berbagai pekerjaan konstruksi. Kemampuannya setara dengan engine diesel dengan ukuran yang sama. Engine ini semakin melengkapi deretan engine yang diproduksi Scania yang merupakan bagian dari komitmen Scania untuk menyediakan solusi transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan. dengan pengurangan kadar emisi CO2 15 sampai 90 persen.

scania_gas_truck_equipina

Henrik Eng, Product Director Urban Scania menyatakan, “Ada minat yang besar di Eropa untuk solusi transportasi jarak jauh berbahan bakar gas. Engine OC13 ini mampu menjawab tuntutan pasar sekaligus memberikan keuntungan finansial bagi pemiliknya.”

Engine ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum 410 Hp dan torsi maksimum 2.000 Nm pada 1100 – 1400 rpm. Angka ini bisa dibandingkan dengan mesin diesel dengan ukuran engine yang sama. Dengan LNG (Liquid Natural Gas), sebuah truk semi trailer dengan muatan 40 ton bisa mencapai jarak 1100 km tanpa pengisian bahan bakar. Bahkan, bila dilengkapi dengan tangki LNG tambahan, truk yang menggunakan engine OC13 ini mampu menempuh jarak hingga 1600 km.

“Sampai saat ini, kebanyakan engine gas memiliki kelemahan dimana jarak tempuhnya terbatas. Tapi Scania telah memecahkan masalah tersebut dengan mengembangkan engine ini, sekaligus mengurangi kadar emisi CO2, hasilnya profitabilas customer pun meningkat,  jelas Johan Mühlbach, Product Manager Gas Scania.

 

(TP)