Setiap Mekanik Harus Memahami Sistem Dasar Alat Berat, Ini Caranya

Sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mekanik, setiap mekanik dituntut untuk memahami alat berat yang bermacam-macam jenisnya. Hal ini bukan pekerjaan yang mudah, karena begitu banyak merek alat berat yang beredar di pasaran, dengan berbagai jenis dan model. Tentunya setiap mekanik harus bisa secara cepat memahami alat-alat berat yang dimiliki perusahaan dan melakukan pemeliharaan, sehingga operasional perusahaan tidak terganggu dengan problem-problem yang tidak perlu.

msm3

Kunci dari kemampuan beradaptasi terhadap alat berat bagi seorang mekanik adalah penguasaan komponen-komponen pada alat berat dan bagaimana komponen-komponen itu bekerjasama untuk menciptakan sinergi untuk melakukan suatu pekerjaan. Tanpa adanya pemahaman ini, seorang mekanik tak ubahnya seperti seorang pemadam kebakaran, yang hanya mengatasi masalah saat masalah sudah ada. Mekanik tersebut akan mengalami kesulitan untuk menganalisa penyebab masalahnya dan mencari solusi agar masalh itu tidak timbul di kemudian hari.

Menyadari pentingnya membangun kompetensi mekanik dari hal yang mendasar, INTA Institute, satu divisi pengembangan sumber daya manusia dari Intraco Penta Group, menyusun satu program training untuk menjawab kebutuhan perusahaan-perusahaan pemilik alat berat melalui paket training Machine System & Maintenance. Paket program training ini disusun oleh trainer-trainer berpengalaman dari Intraco Penta pada berbagai jenis alat berat dan didukung oleh sarana dan fasilitas yang memadai.

Perusahaan (customer)  yang ingin mengikutkan mekanik-mekaniknya di training ini dapat memilih opsi tempat pelaksanaan training apakah di fasilitas INTA Institute atau di lokasi (jobsite) dari customer tersebut. Tentunya jika customer ingin melakukan training di jobsitenya sendiri, customer harus menyediakan fasilitas ruang training yang memadai, LCD projector dan unit alat berat yang akan digunakan sebagai obyek training, karena training ini merupakan training yang bersifat teori dan praktek. Trainer-trainer dari INTA Institute akan datang ke lokasi customer untuk melakukan training ini.

Diharapkan setelah mengikuti training ini, setiap mekanik dapat.

  • Mengetahui informasi secara umum mengenai suatu unit alat berat
  • Mengetahui letak komponen-komponen utama dari alat berat tersebut
  • Mengetahui fitur keamanan dan pengoperasiannya
  • Mampu menjelaskan fungsi dan komponen utama pada unit alat berat dan sub sistemnya, serta bagaimana sistem tersebut saling mempengaruhi
  • Mampu melakukan pengecekan dengan metode yang tepat berdasarkan service literatur
  • Mampu melakukan basic troubleshooting berdasarkan literatur
  • Mampu menjelaskan bagaimana melakukan periodic service pada unit alat berat tersebut

Selama pelaksanaan training, peserta akan dibekali dengan pengenalan informasi umum mengenai unit alat berat tersebut, berikut dengan instrumen-instrumen yang ada beserta dengan control panel untuk pengaturannya. Peserta juga akan dijelaskan mengenai sistem-sistem yang ada di unit alat berat tersebut, meliputi mesin, drivetrain, rem, steering, hidraulik dan elektrikalnya serta bagaimana semua sistem itu bekerja sama. Dan yang tak kalah pentingnya, peserta akan diberikan pemahaman cara melakukan perawatan berkala terhadap alat berat tersebut. Sebagai prasyarat dari training ini, setiap peserta harus memiliki pengetahuan dasar mekanik yang dibutuhkan untuk memudahkan memahami training ini.

msm2
Bila anda ingin mendapat informasi lebih lanjut, atau tertarik untuk mengikutkan mekanik-mekanik anda di training ini, anda dapat menghubungi :

Inta Institute

Jl. Raya Cakung Cilincing Km 3,5 Jakarta 14130
Telp.       : (62-21) 4401408 Ext: 6801
Email     : corp_training@intracopenta.com
Website : http://www.intainstitute.com

 

(ES)

Leave a Comment