Solar “Dikencingin’? Ini solusinya

76801_620

Bagi anda yang setiap hari berkutat dengan operasional alat berat, truk atau bus, anda mungkin sangat memahami istilah solar ‘dikencingin’. Ya, ini bukan dikencingin dalam arti harfiah, melainkan solar dicuri, sehingga mengakibatkan ketidakefisienan operasional bisnis anda. Pencurian solar bisa dilakukan dari sisi internal, misalnya operator atau pengemudi anda. Namun bisa juga dari sisi eksternal, seperti pencurian solar dari truk-truk kontainer yang sedang berjalan pelan, seperti di Tanjung Priok, Cilincing atau beberapa wilayah lain di Indonesia yang dekat dengan pelabuhan, dimana banyak truk-truk kontainer yang terjebak kemacetan, menjadi sasaran pencurian solar.

Pencurian solar seperti ini kerap terjadi setiap hari. Bisa anda bayangkan, jika anda memiliki puluhan atau ratusan unit truk/bus, atau alat berat, berapa kerugian yang harus anda tanggung. Katakanlah, setiap minggu terjadi penyedotan solar 25 liter per unit per minggu, sementara anda memiliki 50 unit truk yang beroperasi setiap hari. Kerugian yang anda tanggung per bulan adalah 50 x 25 x 4 x Rp. 5.950 = Rp. 29.750.00. Ini adalah nilai kerugian yang anda tanggung bila menggunakan solar subsidi, bagaimana jika anda menggunakan solar industri? Misalnya anda memiliki truk-truk yang beroperasi di wilayah pertambangan, dengan harga 1 liter solar industri berkisar Rp. 6.700 per liter. Maka kerugian anda adalah 50 x 25 x 4 x Rp. 6.700 = Rp. 33.500.000. Belum lagi dengan fluktuasi harga bahan bakar minyak yang sulit diprediksi, bila pencurian solar ini terjadi saat harga bahan bakar minyak cukup tinggi, anda bisa kalkulasi kerugian yang anda tanggung.

Menghadapi kasus penyedotan solar seperti ini tidaklah mudah, karena seringkali pencurian dilakukan oleh sindikat yang tentunya tidah mudah untuk dihentikan. Namun jangan kuatir, sekarang ada solusi yang bisa anda tempuh dengan menggunakan TankSafe.

TankSafe merupakan merek dagang dari produk anti pencurian bahan bakar yang didisain dan diproduksi oleh TISS Security Systems, Ltd., Inggris.

tanksafe_1

Terbuat dari material alumunium, TankSafe memiliki 2 varian : Standard dan Impregnable. Prinsip kerjanya adalah sebagai berikut : TankSafe Impregnable dipasang pada mulut pengisian dari tanki solar. Pada saat pengisian bahan bakar, tekanan dari aliran solar yang masuk ke tangki akan menekan bola alumunium pada bagian bawah Tanksafe dan membuka jalan bagi masuknya solar, sehingga solar dapat masuk ke tangki. Saat pengisian telah selesai dilakukan, bola alumunium ini akan naik ke atas dan menutup saluran masuk solar ke tangki. Perbedaan dengan varian Standard, varian Standard dipasang pada bagian bawah pada bagian saluran pembuangan dari tangki.

Bagaimana TankSafe dapat mencegah pencurian solar? Pencurian solar dapat dilakukan dengan cara menyedot solar baik melalui bagian mulut pengisian tangki di bagian atas atau samping maupun pada saluran pembuangan (drain) pada bagian bawah. TankSafe akan menutup jalan pengeluaran solar dengan cara menyumbat saluran dengan bola alumunium. Bola alumunium ini terlindung di dalam chasing alumunium yang tebal dan sulit untuk dirusak. Pencurian solar terjadi dalam waktu yang sangat singkat, sekitar 1-2 menit saja yang hampir mustahil untuk melakukan perusakan TankSafe dan menyedot solar.

tanksafe1

Dengan kecepatan pengisian solar ke tangki yang sudah dipasang TankSafe 120 liter per menit, penggunaan TankSafe tidak akan mengganggu kegiatan pengisian bahan bakar di SPBU atau menggunakan fuel truck. TankSafe ini mudah dan cepat dipasang di tangki dengan menggunakan bahan adhesif khusus. Bahan adhesif ini tidak akan merusak tangki apabila TankSafe tidak dibutuhkan lagi, misalnya truk/bus atau alat berat akan dijual.


Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi :

PT. Kontrol Indo Raya

Sentral Senayan II 16th Floor

Jl. Asia Afrika No. 08

Jakarta Pusat 10270

Telp.   : 021 – 29655819

Email : info@kontrolindoraya.co.id

www.kontrolindoraya.co.id

 

(ES)

Leave a Comment