Solid Tyre Traxter – Bila Harga, Daya Tahan dan Kenyamanan Menjadi Pertimbangan Bagi Ban Forklift Anda

Dalam Owning & Operating Cost (OO Cost) dari sebuah alat berat, salah satu komponen biaya yang cukup besar dan harus menjadi perhatian bagi pemilik alat berat berat adalah komponen ban/under carriage. Biaya ban atau under carriage dapat menjadi cukup besar dan ujung-ujungnya akan berpengaruh terhadap nilai OO Cost secara keseluruhan. Ban/under carriage dikategorikan sebagai consumable cost yang artinya biaya ini merupakan biaya yang harus dikeluarkan, karena memang dibutuhkan, karena memerlukan penggantian secara periodik.

Umumnya pada perhitungan OO Cost hanya memasukkan biaya pembelian ban/under carriage. Ada biaya lain yang seringkali luput dari perhatian dan tidak dimasukkan dalam perhitungan yaitu biaya pemeliharaan. Kalaupun biaya pemeliharaan dimasukkan dalam perhitungan, hanya biaya pemeliharaan under carriage karena dengan menjalankan program maintenance yang baik, biaya under carriage dapat diprediksi. Namun berbeda dengan ban, umumnya dalam perhitungan OO Cost, biaya pemeliharaan ban jarang dimasukkan karena sangat sulit untuk memprediksi kerusakannya. Padahal dalam praktek pekerjaan sehari-hari, ban bisa mengalami suatu masalah misalnya tertusuk benda tajam sehingga harus dilakukan penambalan (jika memungkinkan).

Bagi equipment tertentu, misalnya forklift, bisa terjadi ban forklift yang digunakan kempes atau pecah karena tertusuk benda tajam. Hal ini bisa terjadi jika forklift banyak bekerja di area yang banyak bertaburan benda-benda tajam, misalnya paku, kaca, batu-batuan tajam dan lain-lain. Bila situasi ini terjadi, bisa dibayangkan yang terjadi, tentunya downtime forklift akan meningkat, begitu juga dengan biaya perbaikan (biaya penambalan). Jika hal ini sering terjadi dalam jangka waktu bertahun-tahun, bisa dibayangkan berapa downtime yang muncul, begitu juga dengan biayanya.

Kebanyakan ban forklift menggunakan ban pneumatis atau ban yang berisi angin. Ban seperti ini cukup rawan bila digunakan di area-area yang banyak bertebaran benda-benda tajam atau area yang memiliki suhu cukup tinggi. Ketimbang forklift harus sering berhenti beroperasi untuk melakukan penggantian ban dan juga harus dikeluarkan biaya untuk penambalannya, mengapa tidak menggunakan ban berkategori solid tyre?

Solid tyre adalah ban padat yang tidak berisi udara. Ban bertipe ini menggunakan karet khusus yang didisain tahan gesekan dan tekanan dari benda-benda tajam. Beberapa merek juga menggunakan plat logam di bagian dalamnya untuk memperkeras struktur ban. Namun sayangnya, banyak orang enggan menggunakan solid tyre karena harga ban ini lebih mahal dari ban konvensional. Selain itu, solid tyre dianggap kurang nyaman karena tidak adanya udara membuat ban bertipe ini tidak banyak menyerap getaran dari permukaan jalan yang tidak rata.

Namun berbeda dengan solid tyre Traxter ini, Traxter yang keagenannya dipegang oleh PT. DSL Indonesia ini (baca juga : Merambah Bisnis Material Handling Dengan Komitmen), memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para pemilik forklift, yaitu daya tahan dan kenyamanan, dan tentu saja harga.

traxter_equipina_1

 

Solid Tyre Traxter memang didisain untuk memberikan daya tahan yang tinggi. Hal ini terlihat dari digunakannya 3 lapis karet dengan durabilitas tinggi. Selain itu lug alias kembangan ban Traxter cukup dalam, sehingga akan membuat lifetime dari ban cukup panjang. Untuk membuat solid tyre Traxter ini lebih nyaman saat digunakan, pada bagian tengah permukaan ban memiliki elastisitas yang tinggi. Di samping itu, Traxter juga mendisain ban-ban solid tyre memiliki luasan kontak (patch) yang cukup besar, dan juga bentuk profil patch persegi sehingga tetap stabil saat digunakan di area yang licin.

Solid tyre Traxter memiliki 2 jenis kembangan (lug), yaitu Lug dan Lug-A. Perbedaannya, Lug-A memiliki kembangan yang ukurannya lebih kecil. Sementara untuk ukuran ban yang tersedia, Traxter memiliki produck line yang cukup banyak, dari ukuran terkecil 15×4 1/2-8 sampai dengan 28×12.5-15 untuk kembangan berjenis Lug. Sedangkan unuk kembangan yang berjenis Lug-A hanya memiliki satu ukuran, yaitu 10.00-20.

Soal harga, solid tyre Traxter ini memiliki harga yang cukup kompetitif dibandingkan ban solid tyre dari merek-merek lain.

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan pembelian ban bagi forklift, Anda mesti mempertimbangkan solid tyre Traxter ini. Ketimbang Anda hanya memperhatikan harga yang murah dengan membeli ban konvensional yang pada akhirnya biaya yang Anda keluarkan lebih besar, dengan menggunakan solid tyre Traxter Anda bisa menghemat biaya dan waktu.

 

Untuk informasi dan pemesanan solid tyre Traxter, silakan hubungi:

PT. DSL Indonesia
Berlian 88 Biz Estate Alexandrite A/77
Jl. Raya Diklat Pemda No. 88
Bojongnangka Kelapa Dua, Legok
Tangerang 15820

Telp. : 021 2987 1377
Fax : 021 – 2987 1381
Website : http://www.dslindonesia.com

 

(BW)

Leave a Comment