Solusi Produktivitas On-Site : Bucket Crusher

Maraknya pembangunan jalan-jalan baru di berbagai wilayah Indonesia selain memberikan dampak positif bagi masyarakat, juga memberikan tantangan bagi para kontraktor-kontraktor yang tidak sedikit. Pembukaan jalan yang menembus hutan, gunung dan lembah di daerah terpencil membutuhkan sarana penunjang agar semua pekerjaan bisa terlaksana dengan baik.

Pada proyek-proyek pembangunan jalan selain dibutuhkan berbagai alat berat yang tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan material pembuat jalan itu sendiri, seperti aspal, batu dan pasir. Pada pekerjaan konstruksi, batu digunakan sebagai pondasi bawah (sub base course) berupa hamparan sirtu maupun pondasi atas (base course) berupa batu split, Baik sirtu maupun batu split diperoleh dari menghancurkan batu-batu yang diperoleh dari penambangan batu (quarry). Bongkahan batu yang diperoleh dari quarry kemudian dihancurkan pada mesin penghancur (stone crusher) pada sebuah fasilitas crushing plant, sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. Batuan inilah yang kemudian diangkut ke lokasi pembangunan jalan untuk digunakan sebagai material jalan.

Pada umumnya fasilitas crushing plant tidak ubahnya semacam pabrik kecil (lihat gambar di atas). Membangun crushing plant di area terpencil, misalnya pembangunan jalan Trans Papua, dll, yang memiliki banyak keterbatasan, seperti tingginya biaya mob-demob, keterbatasan sumber daya manusia, disamping secara bisnis kurang feasible karena investasi yang sangat mahal akan menjadi kendala tersendiri. Walaupun saat ini mobile stone crusher banyak digunakan, namun harganya yang cukup mahal membuat jenis alat berat ini relatif belum banyak digunakan di Indonesia. Untuk mengatasi kendala ini bucket crusher bisa menjadi solusi yang paling mudah dan murah

Bucket crusher adalah satu jenis attachment yang bisa dipasang pada alat berat, (biasanya excavator atau wheel loader), yang berfungsi untuk menghancurkan bongkahan batu yang diperoleh dari area penghasil batuan yang terdekat dengan lokasi pembangunan jalan. Sebagai sumber tenaga dari bucket crusher adalah oli hidraulik yang berasal dari alat berat.

Bagian utama bucket crusher adalah dua rahang penghancur (jaw), dimana yang satu merupakan rahang penghancur statis, rahang penghancur kedua bisa bergerak. Bongkahan batu yang masuk ke dalam bucket crusher kemudian dihancurkan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan untuk kemudian bisa langsung dimuat ke sebuah dump truck untuk diangkut ke lokasi yang sedang dikerjakan. Penggunaan bucket crusher yang praktis karena cukup diinstal sebagai attachment alat berat, ukurannya yang relatif kecil, biaya investasi yang rendah, merupakan sekian keunggulan yang dimiliki bucket crusher dibanding stone crusher.

Namun disamping berbagai kelebihannya, bucket crusher memiliki kelemahan. Kelemahan utama bucket crusher adalah volumenya yang relatif rendah. Hal ini akan menjadi kendala manakala proyek pembangunan jalan yang dikerjakan merupakan proyek yang berskala besar atau membutuhkan waktu penyelesaian yang cepat. Kekurangan lainnya, bila bongkahan batu yang masuk berukuran besar akan membuat rahang penghancur tidak bisa bergerak (stuck). Jia terjadi situasi seperti ini diperlukan waktu ekstra untuk mengeluarkan batu yang menyumbat bucket crusher. Situasi ini akan mengganggu produktivitas jika terjadi dengan frekuensi yang cukup sering.

Kabar baiknya, saat ini ada sebagian bucket crusher yang telah mengaplikasikan teknologi yang bisa mengatasi permasalahan ini. Bucket crusher dengan teknologi yang telah dipatenkan ini menggunakan prinsip berputar (rotary). Ketimbang menggunakan dua buah rahang penghancur, bucket crusher jenis ini menggunakan prinsip jaw yang berputar, sehingga produksinya lebih tinggi dibandingkan tipe sebelumnya.

Untuk mencegah batu berukuran besar masuk dan mengganjal jaw, sebuah mekanisme yang dilengkapi sensor akan mengontrol ukuran batu yang masuk dan menghalangi batu tersebut masuk ke dalam bucket. Posisi dari jaw juga disusun secara bersilang sehingga bisa mengurangi kemungkinan terjadi penumpukan batuan yang bisa menyebabkan jaw mengalami stuck. Dengan konfigurasi jaw yang bersilang ini juga memungkinkan penghancuran material basah.

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan penggunaan bucket crusher, berikut beberapa brand bucket crusher sebagai referensi Anda:


Atlas Copco

Atlas Copco memiliki produk-produk bucket crusher dengan brand Epiroc. Epiroc merupakan sister company dari Atlas Copco yang berfokus pada produk-produk pertambangan dan quarry (baca juga : http://www.equipina.com/debut-epiroc-pada-pertambangan-dan-infrastruktur/). Bucket-bucket crusher yang diproduksi merupakan attachment untuk excavator dari mulai kelas 18 – 54 ton

Atlas Copco Mining and Rock Excavation – Head Quarter & Jakarta Branch
Cilandak Commercial Estate, Building 201
Jalan Raya Cilandak KKO, Jakarta Selatan 12560
Telp. : +6221 – 7890550
Fax : +6221-7890549
Email : jakarta.branch@id.atlascopco.com
Website : https://www.atlascopco.com


MB Crusher

MB Crusher dikenal sebagai produsen bucket crusher terkemuka di dunia. Di Indonesia, produk-produk dari perusahaan asal Itali ini dipasarkan oleh PT. Universal Tekno Reksajaya, anak perusahaan dari PT. United Tractors. Produk-produk bucket crusher dari MB Crusher bisa dipasang sebagai attachment pada excavator, wheel loader, skid steer loader dan backhoe loader dengan range yang cukup lebar. Untuk excavator, bucket excavator MB Crusher bisa digunakan dari kelas 4 ton sampai lebih dari 70 ton. Sementara untuk wheel loader, skid steer loader, dan backhoe loader bisa digunakan dari mulai kapasitas 2,8 ton sampai lebih dari 6 ton.

PT. Universal Tekno Reksajaya
Jl. Raya Bekasi Km. 22, Cakung
Jakarta 13910 – Indonesia
Tel. +62 21 2457 6818
Fax. +62 21 4682 2748
Website : http://www.utr.co.id


JCB

Pabrikan alat berat asal Inggris ini juga memproduksi bucket crusher. Namun, produk-produk bucket crusher JCB diperuntukkan bagi alat-alat berat yang diproduksi oleh JCB, sehingga tidak bisa diaplikasikan pada alat berat merek lain.

JCB Indonesia
Perkantoran Gandaria 8 Lt. 12 Unit J
Jl.Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama – Jakarta Selatan
Telp. : +6221-29304046
Fax : +6221-29304046
Website : https://www.jcb.com


Hartl

Produsen bucket crusher asal Amerika Serikat ini memproduksi bucket-bucket crusher untuk excavator. Produk-produknya bisa diaplikasikan pada excavator dari mulai kelas 22 ton sampai dengan di atas 78 ton. Pemasaran produk-produk Hartl di Indonesia dilakukan oleh dealernya, PT. Bruder Utama Nusantara.

PT. Bruder Utama Nusantara
Jl. Sunset Road No. 88, Kuta
Badung 80352, Bali
Telp. : +6285100303197
Website : http://bruderutama.com


Xcentric

Xcentric merupakan pabrikan attachemnt asal Spanyol. Kategori produk yang diproduksi Xcentric meliputi bucket crusher, bucket, ripper, screener dan quick coupler. Produk bucket crusher dengan brand Xcentric khusus diaplikasikan pada excavator dari mulai 13 – 85 ton. Pemasaran produk-produk Xcentric di Indonesia dilakukan oleh PT. STM Construction Equipment.

PT. STM Construction Equipment
Alamanda Tower 25th F.
Jl. TB Simatupang Kav 23-24
Jakarta 12430
Tel.: +62818 943808
Email : indonesia@stm-ce.com
Website : http://www.stm-ce.com


Ueda

Ueda merupakan pabrikan attachment asal Jepang. Berbagai produk attachment seperti jaw crusher, impact crusher, cutter, hydraulic cutter, calm screen dan vibrator bucket. Produk-produk bucket excavator Ueda merupakan attachment untuk excavator dari kelas 6 ton sampai dengan 45 ton. Pemasaran produk-produk bucket crusher Ueda di Indonesia dilakukan oleh PT. Kasana Teknindo Gemilang.

PT. Kasana Teknindo Gemilang
Jl. Lingkar Luar Barat No. 9
Jakarta Barat 11740
Telp. : +6221 54359999
Fax : +6221 54379999
Email : admbc@kasana.co.id
Website : http://www.kasana.co.id

(TM)

Leave a Comment