Sumitomo SH210-5, Excavator Legest Teknologi Jepang

Jepang dikenal dunia sebagai negaraperancang dan pengembang produk-produk berkualitas tinggi, terutama untuk produk-produk industri. Tidak terkecuali dalam pengembangan hydraulic excavator yang dalam desain dan pembuatannya dibutuhkan konsep terintegrasi yang mencakup semua komponen utama, teknik manufaktur dan jaminan kualitas produk.

Untuk memenuhi permintaan global, Sumitomo mendesain dan mengembangkan hydraulik excavator Sumitomo dengan konsep utamanya: produktivitas, kehandalan, dan efisiensi. Salah satu line product dari hydraulic excavator besutan Sumitomo ini adalah Sumitomo SH210-5, yang dijuluki Si Legest. Legest sendiri adalah sebuah istilah yang berarti tangkas dan kuat.

sumitomo_sh210_equipina

Sumitomo memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan bisnis berbasis teknologi. Sumitomo sendiri adalah salah satu perusahaan tertua di dunia yang memiliki sejarah 400 tahun. Sebagai bagian Sumitomo Group, Sumitomo (S.H.I) Construction Machinery Co., Ltd., merupakan produsen alat berat, yang memproduksi Si Legest. Dalam usianya yang telah mencapai lebih adri 50 tahun, Sumitomo (S.H.I) Construction Machinery Co., Ltd. tetap dapat tumbuh stabil di tengah-tengah fluktuasi ekonomi global.

Indonesia sendiri dipandang oleh Sumitomo memiliki posisi strategis bagi pengembangan marketnya di Asia Tenggara. Itulah sebabnya semenjak Juni 2010, didirikanlah PT. Sumitomo (S.H.I) Construction Machinery Indonesia dengan fasilitas manufakturnya di Karawang, Jawa Barat. Sementara pada Desember 2010, berdiri PT. Sumitomo (S.H.I) Construction Machinery Southeast Asia di Jakarta, sebagai pintu penjualannya.

Sebagai salah satu produk excavator yang diproduksi PT. Sumitomo (S.H.I) Construction Machinery Indonesia di Indonesia, Sumitomo SH210-5 didesain dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan pasar Indonesia.Sebagai sebuah excavator kelas 20 ton yang merupakan kelas terpopuler bagi excavator, SH210-5 dilengkapi fitur-fitur yang memudahkan pengoperasian dan perawatannya. Bahkan bisa dikatakan, produk ini sangat detil memperhatikan kebutuhan customer-customer di Indonesia.

Dengan sumber tenaga engine Isuzu 4HK1X berkapasitas 5193 cc turnocharge, intercooler, excavator ini mampu menghasilkan tenaga output 157 Hp pada putaran engine 1800 rpm. Engine yang sudah mengadopsi teknologi common rail ini dioptimalisasi kinerjanya dengan teknologi Space 5 dari Sumitomo, yang membuat SK210-5 memiliki tenaga yang kuat, ekonomis, bersih dan suara yang halus. Sebagai gambaran efisiensi yang dihasilkan oleh SK201-5 ini, sebagian besar excavator kelas 20 ton yang ada di pasaran memiliki tenaga kurang dari 150 Hp dengan putaran engine 2000 rpm ke atas. Di sisi lain, semakin rendah putaran engine maka semakin irit konsumsi bahan bakarnya. Dengan kata lain, SK210-5 ini low rpm – high power.

Penghematan bahan bakar dari excavator yang memiliki ukuran bucket standar 0,9 m3 ini dicapai berkat sistem BES (Boom-down Energy Save) yang mengontrol konsumsi bahan bakar saat excavator bekerja dengan energi minimum saat menurunkan boom dan melakukan gerakan berputar (swing). Peningkatan efisiensi yang bisa diperoleh sebesar 3% dibandingkan SH210 versi sebelumnya.

sumitomo_sh210_equipina_1

Tenaga besar yang dihasilkan engine menjadi tidak ada artinya jika tidak dioptimalkan untuk menghasilkan unjuk kerja excavator secara keseluruhan. Untuk mentransmisikan tenaga mesin ke dalam berbagai sistem gerak dari unit ini, Sumitomo mengembangkan teknologi SIHIS (Sumitomo Intelligent Hydraulic System) untuk mengoptimalkan sistem hidraulik untuk menggerakkan bucket, boom, arm, gerakan swing, travelling dan gerakan maju mundur.

Secara gampangnya SIHIS akan mengoptimalkan fungsi engine, dan main pump, sebelum oli hidraulik masuk ke control valve. Dengan tekanan dan volume oli yang telah dioptimalisasi, oli hidraulik akan dipakai untuk mnggerakkan berbagai fungsi excavator secara tepat.

Satu fitur yang menjadi keunggulan dari SH210-5 adalah fitur perawatan unit yang dikemas dalam teknologi EMS (Easy Maintenance System). Teknologi ini membuat perawatan harian unit menjadi lebih ringan. Prosedur maintenance alat berat yang baik mewajibkan dilakukannya pelumasan harian pada pin dan bushing dari boom, arm dan bucket. Dengan teknologi EMS, greasing tidak perlu dilakukan setiap hari. Rekomendasi Sumitomo untuk pelumasan bucket dilakukan pada interval 250 jam, sedangkan untuk pin danbushing pada boom dan arm cukup dilakukan setiap 1000 jam. EMS ini menggunakan pelumas padat yang dipadatkan pada lubang-lubang pada cincin kuningan berkekuatan tinggi, yang akan membentuk lapisan pada permukaan bushing untuk mencegah kontak antar logam  yang bergesekan.

Kemudahan lain yang diberikan unit ini adalah interval penggantian oli hidraulik yang panjang : 5000 jam dan interval penggantian filter oli yang mencapai 2000 jam, berkat penggunaan filter kinerja tinggi dari Sumitomo.

Masih banyak fitur-fitur unggulan yang menjadikan Sumitomo SH210-5 ini merupakan unit yang handal dengan biaya operasional yang rendah. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

PT. Oscar Mas
Sastra Graha Building, 3A Floor
JL. Raya Perjuangan, No. 21, Kebon Jeruk
Jakarta, 11530

Telp. +62-21-5361333
Fax : +62-21-53671190
Mail and Inquiry : info@oscarmas.co.id
Service Department : service@oscarmas.co.id
Parts Department : parts@oscarmas.co.id

 

(BW)