Takeuchi Meluncurkan Hybrid Mini Excavator Pertama di Dunia

Takeuchi Mfg. Co., Ltd, sebuah pabrikan compact equipment asal Jepang yang dikenal dengan produk-produk inovatifnya baru-baru ini meluncurkan produk hybrid excavator TB216H. Hybrid excavator TB216H menggunakan electric motor dan mesin diesel yang masing-masing menggerakkan pump group yang terpisah untuk menggerakkan perangkat hidrauliknya.

Dengan sistem dual-power ini. TB215H mampu bekerja di dalam maupun luar ruangan dengan fleksibel.
Operator memiliki fleksibilitas dalam menggunakan apakah menggunakan tenaga listrik atau mesin diesel. Pada mode mesin diesel, TB216H menggunakan engine Yanmar 3TNV74, Tier 4 dengan output 14,9 hp. Sedangkan pada mode elektrik, TB216H dapat menghasilkan output 14,2 hp.

Yang sangat menarik, unit ini dapat beroperasi seperti unit-unit compact equipment lainnya dengan menggunakan mesin diesel, pada saat yang sama bisa dilakukan pengisian daya melalui kabel yang terhubung pada sumber listrik. Saat pengisian daya telah selesai, mesin diesel akan otomatis dimatikan dan unit menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Walaupun dengan 2 pilihan sumber tenaga mesin, berbagai perangkat seperti starting (ignition), throttle, joysticks dan handel untuk travelling hanya 1, yang berfungsi sama saat unit menggunakan tenaga listrik atau mesin diesel. Sehingga saat terjadi pergantian dari mesin diesel ke listrik dan sebaliknya, operator tidak akan merasakan ada suatu perubahan berarti.

Fitur lainnya yang menjadi andalan TB216H ini adalah jarak undercarriage kiri dan kanan yang dapat dilebarkan atau dipersempit sesuai kondisi medan. Lebar minimum (total lebar) adalah 0,98 m sedangkan lebar maksimum 1,3 meter. Untuk mengimbangi lebar undercarriage yang bisa diubah, B216H memiliki extension untuk penggantian blade dengan menggunakan baut.

Produk pertama hybrid excavator ini memiliki kualitas dan detil yang sama dengan produk-produk Takeuchi lainnya, yang dikenal dengan produk-produknya yang berkualitas sehingga mampu menjadi salah satu pemimpin pasar global untuk compact equipment. Unit ini didisain dengan kemudahan untuk melakukan maintenance, salah satu contohnya adalah electric motor yang dapat dijauhkan (swing) dari engine.

Unit ini sangat cocok untuk berbagai pekerjaan seperti pemasangan pipa, kabel, berbagai pekerjaan instalasi dalam ruangan, penghancuran (demolition) di dalam ruangan maupun landscaping di luar ruangan.

takeuchi_hybrid_equipina_1

 

(BW)

Leave a Comment