Operation

Tips Mencocokan Hydraulic Breaker dengan Alat Berat

Pada pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan hydraulic breaker sebagai attachment, kesesuaian antara hydraulic breaker dan excavator maupun alat berat lainnya merupakan hal penting. Bila tidak, hal ini akan berpengaruh pada efisisiensi kerja dan keamanan pekerjaan yang dilakukan, yang tentunya akan berpengaruh pada orang-orang yangada di sekitarnya.

Banyak situasi di lapangan terjadi dimana hydraulic breaker dipaksakan dipasang pada sebuah excavator atau alat berat lain, dengan alasan penghematan biaya atau waktu. Sepintas hal ini tidak ada masalah, namun jika hal ini berlangsung terus menerus, tentunya cepat atau lambat akan timbul permasalahan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk menyesuaikan hydraulic breaker dan alat beratnya:

Cek Spesifikasi Alat Berat dan Breaker

Tentunya Anda menginginkan alat berat yang dipasangkan hydraulic breaker memiliki kapasitas yang sesuai. Hal ini meliputi pemilihan alat berat dengan tekanan hidraulik yang memadai yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Periksa juga bobot alat berat saat beroperasi dan kemampuan angkatnya, panjang boom dan arm, dan karakteristik aliran hidrauliknya.

Jika breaker yang digunakan terlalu besar atau terlalu berat, alat berat akan lebih cepat mengalami keausan pada berbagai bagiannya. Hal ini akan berdampak besar terhadap kinerja dan usia alat berat, disamping akan mengancam keselamatan operator dan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Yang juga perlu diingat, ketidaksesuaian akan berpengaruh terhadap daya tahan breaker jika dioperasikan pada alat berat dengan karakteristik aliran oli hidraulik yang tidak sesuai. Breaker keluaran terbaru memiliki part atau komponen bergerak yang lebih sedikit dari breaker-breaker lama; yang berarti breaker keluaran terbaru lebih awet, namun tetap perlu diingat, ketidaksesuaian alat berat akan menjadi masalah tersendiri.

Gunakan Coupler yang Sesuai dan Lakukan Perawatan yang Baik

Anda tentunya tidak menginginkan operator/mekanik harus berusaha keras memasang hydraulic breaker pada alat berat, atau ketika mengoperasikannya. Coupler yang sesuai akan mempermudah pemasangan dan pengoperasiannya, menghemat waktu dan biaya dan memberikan keamanan kerja yang lebih tinggi.

Pada saat ini, pemilihan breaker dengan coupler yang bisa dipasang dengan cepat merupakan pilihan yang tepat, karena membuat operator bisa memasang breaker tanpa meninggalkan kabin. Namun, pengecekan koneksi breaker dan alat berat maupun berbagai benda yang bisa mempengaruhi kerja breaker tetap perlu dilakukan.

breaker_tips_equipina_1

Maintenance adalah Kunci Penting

Maintenance rutin baik daily maintenance maupun service baik pada alat berat maupun breaker sangat penting dilakukan, karena bisa memperpanjang lifetime-nya. Selalu ikuti petunjuk jadwal maintenance dari pabrikan, yang dipengaruhi jam kerja alat.

Operator juga harus dijelaskan cara pengoperasian dan maintenance breaker disamping training penyegaran pengoperasian alat berat.

Hubungi Dealer Alat Berat dan Breaker yang Anda Gunakan

Semua informasi yang Anda butuhkan bisa ditemukan pada manual alat berat dan breaker, namun hal ini tidak bisa menggantikan pentingnya training dan instruksi dari dealer. Diskusikan dengan dealer alat berat Anda mengenai breaker yang sesuai dengan alat berat Anda.

 

(TM)

Leave a Reply