Tips Penyimpanan Batere Alat Berat

Pengetahuan cara penyimpanan baterai alat berat sangat penting untuk memastikan usia dan produktivitas alat berat Anda, terutama ketika alat-alat berat itu digunakan pada pekerjaan yang berat. Sementara baterai akan tentu akan mengalami pengurangan daya dari waktu ke waktu. Ikuti trik-trik sederhana berikut ini untuk memastikan baterai Anda tetap dalam kondisi baik:

Penyimpanan

  1. Selalu pastikan untuk menyimpan baterai Anda di daerah kering, dalam posisi tegak.
  2. Lakukan pengontrolan suhu tempat penyimpanan baterai. Suhu udara yang terlalu dingin atau panas dapat mengurangi usia baterai.
  3. Jangan menumpuk baterai di atas satu sama lain, kecuali  telah dikemas dalam karton atau palet yang akan melindungi baterai.
  4. Selalu gunakan metode first-in, first-out dalam penyimpanan baterai. Ini berarti baterai pertama yang masuk ke penyimpanan harus menjadi yang pertama untuk keluar, dan sebaliknya.

Pengecekan dan Pengisian Baterai

Jika Anda sudah mengikuti tips-tips dalam penyimpanan baterai di atas, Anda juga harus mengikuti tips-tips sederhana berikut untuk menjaga baterai tetap dalam keadaan baik:

battery-compartment

  1. Ukur tegangan baterai Anda dan jika turun di bawah 12,4 volt atau 24,6 volt, pastikan Anda melakukan pengisian sebelum digunakan.
  2. Lakukan selalu pengecekan baterai sebelum dipasang pada alat berat anda, hal ini dapat menghemat waktu dan potensi kerusakan pada peralatan berat Anda jika Anda mengetahui baterai tidak berfungsi dengan baik.
  3. Lakukan pengisian baterai dimulai dengan voltase yang rendah kemudian berangsur-angsur dinaikkan sampai mencapai voltase maksimum dalam waktu 15 menit.

Utamakan Keselamatan

Mungkin hal-hal berikut ini kelihatan sebagai hal yang sepele, namun penting dilakukan karena menyangkut keselamatan Anda (termasuk baterai dan alat berat Anda).

  1. Gunakan pelindung mata saat melakukan pengisian baterai.
  2. Pastikan baterai telah terputus dari sistem kelistrikan alat berat.
  3. Perhatikan tanda-tanda abnormal pada baterai, jika timbul kebocoran pada baterai yang ditunjukkan tegangan standar baterai tidak kunjung tercapai, atau suhu baterai terlalu panas, lakukan penghentian pengisian baterai sesegera mungkin.

(ES)

Leave a Comment