Trakindo Meluncurkan 2 Model Terbaru Motor Gradder, Cat 14M3 dan Cat 18M3, Pada Mining Indonesia 2017

Pada ajang Mining Indonesia 2017, 13 – 16 September 2017 di Jakarta International Expo Kemayoran, PT. Trakindo Utama menampilkan generasi terbaru motor grader Caterpillar yang diageninya, Cat 14M3 dan Cat 18M3, yang didesain untuk meningkatkan produktivitas, mencapai biaya operasi yang lebih rendah dan menghadirkan keamanan serta kemudahan dalam pengoperasian.

Heru Susanto, Chief Supply Chain Officer PT Trakindo Utama mengatakan, perkembangan industri alat berat di Indonesia menunjukkan indikator yang positif, termasuk industri pertambangan. Penjualan alat berat pada kuartal II 2017 meningkat seiring dengan kenaikan harga komoditas, khususnya batu bara serta proyek-proyek infrastruktur dari pemerintah. Meningkatnya penjualan alat berat khususnya di industri pertambangan ini, mendorong total industri alat berat tumbuh sampai dengan 40 – 45% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Trakindo melayani industri pertambangan dengan menyediakan alat-alat berat, antara lain Motor Grader yang berperan penting dalam mendukung kelancaran operasional pertambangan. Bertepatan pada pameran Mining Indonesia 2017, Trakindo memperkenalkan Motor Grader Caterpillar seri M terbaru, yaitu Motor Grader Cat 14M3 dan Cat 18M3 yang didesain untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi bahan bakar dan biaya-biaya operasional, lebih aman serta kemudahan dalam pengoperasian. Kehadiran Motor Grader Cat 14M3 dan Cat 18M3 memberikan pelanggan lebih banyak pilihan akan jajaran Motor Grader pertambangan Caterpillar,” jelasnya.

Sementara Aryamir Husein Sulasmoro, Mining Market Development Manager PT Trakindo Utama, menambahkan motor grader berperan penting dalam mendukung kelancaran operasional pertambangan, antara lain mempertahankan dan merawat kondisi jalan di areal pertambangan serta meratakan material sehingga alat-alat berat lainnya dapat beroperasi dengan optimal dan lancar.

“Permukaan tanah atau jalan yang rata akan memperpanjang masa pakai kendaraan tambang yaitu dengan menghemat waktu angkut truk pertambangan dan menghemat bahan bakar serta mengurangi perpindahan transmisi truk tambang. Motor Grader Cat 14M3 serta Cat 18M3 hadir untuk mendukung produktivitas dan efisiensi industri pertambangan,” katanya.

Secara teknis, motor gader Cat 14M3 dibekali mesin Cat C13 yang dapat menghasilkan daya lebih tinggi hingga 8% serta peningkatan torsi sebesar 8%. Untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, mode Ekonomis Standar (ECO) membantu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 5%. Sementara di sektor transmisi, Cat 14M3 juga dibekali sistem Strategi Kontrol Elektronik Produktivitas Tingkat Lanjut (Advanced Productivity Electronic Control Strategy/APECS) yang memungkinkan proses perpindahan gigi transmisi terasa lebih halus.

Guna memastikan keakuratan pengendalian Cat 14M3 dalam operasionalnya, operator dimudahkan melalui fitur Gen 2 Electro-Hydraulic (EH) steering valve menggunakan joystick. Dari sisi keamanan, fitur safety yang dibenamkan antara lain rear view camera untuk meningkatkan visual ke bagian belakang alat berat, ditambah dengan torsi pengereman dinamis yang lebih besar 9% dari generasi sebelumnya. Cat 14M3 merupakan motor grader di kelas 16 feet yang memiliki kompatibilitas dengan truk pertambangan Caterpillar berkapasitas 60-100 ton.

Sedangkan motor grader Cat 18M3 merupakan satu-satunya pemain di kelas motor grader 18 feet. Cat 18M3 menggunakan mesin Cat C13 yang menghasilkan daya lebih tinggi hingga 5% serta memenuhi standar emisi global setara Tier 2. Varian ini juga dibekali fitur penghemat BBM mode ECO yang diklaim mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 4% dari generasi sebelumnya. Cat 18M3 cocok disandingkan dengan truk pertambangan berkapasitas 100-150 ton.

Cat 18M3 memiliki beberapa fitur dan sistem yang sama dengan Cat 14M3, antara lain APECS, GEN 2 electro hydraulic steering valve, advanced control joystick, dan torsi pengereman dinamis yang lebih besar 14%. Selain itu, rangka (frame) didesain lebih besar dengan pelat yang lebih tebal, sama dengan kepunyaan Cat 14M3.

Interval untuk perawatan berkala pada kedua varian baru motor grader Caterpillar ini juga lebih lama, karena pabrikannya mengklaim jika waktu penggantian olinya mencapai 500 jam, sehingga dapat lebih menghemat biaya perawatan unit. “Perawatan atau perbaikan unit juga dapat diselesaikan secara cepat dan efisien karena area servis mudah diakses,” kata Heru.

Selain unit Motor Grader Cat 14M3 dan 18M3, Trakindo menampilkan juga unit-unit lain seperti Excavator Cat 320D2 GC dengan attachment B20 Hammer, genset DE33EO, Sykes Pump, Mini Hydraulic Excavator Cat 305.5E, Forklift Cat DP30ND, Vibratory Soil Compactor Cat CS79B dan Cat CB14B, termasuk juga berbagai kapabilitas yang dimiliki oleh PT Trakindo Utama, baik dari sisi Teknologi Minestar, pembelian suku cadang melalui Partstore Online, Cat Oil, coolant dan sebagainya. Trakindo juga menghadirkan laboratorium Scheduled Oil Sampling (S.O.S) agar pelanggan dapat melakukan pengecekan langsung terhadap kualitas oli alat berat yang dimiliki.

(BW)

Leave a Comment