Trenching Material Keras? Tidak Masalah Dengan Vermeer T555 Commander

Pekerjaan trenching, seperti penanaman pipa, kabel listrik, kabel telepon, kabel serat optik, pembuatan parit adalah jenis pekerjaan yang umum di bidang konstruksi. Di kawasan perkotaan kita sering melihat pemandangan pembongkaran jalan atau trotoar untuk penanaman kabel atau pipa seperti ini.

Sudah menjadi pemandangan umum di mana-mana manakala pekerjaan penggalian dilakukan akan menimbulkan kemacetan yang disebabkan banyaknya tumpukan material tanah kerap menjadi sumber kemacetan lalu lintas. Kemacetan yang timbul akansemakin berlaurt-larut jika pekerjaan yang dilakukan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Salah satu penyebab lambatnya pekerjaan penggalian seperti ini, disamping semrawutnya instalasi kabel dan pipa bawah tanah, koordinasi lintas instasi dan perusahan juga kesulitan dalam pekerjaan yang dilakukan menggunakan tenaga manusia untuk membongkar jalan atau trotoar adalah kerasnya material yang digali.

Vermeer T555 Commander adalah track trencher equipment yang didesain untuk mengatasi berbagai kesulitan pada pekerjaan penggalian. Diproduksi oleh Vermeer Corporation, perusahaan alat berat yang berbasis di Amerika Serikat ini dikenal memiliki pengalaman panjang dalam mengembangkan berbagai peralatan berat pertanian dan industri.

vermeer_t555_equipina

Vermeer T555 menggunakan engine diesel John Deere Powertech E Tier 3 atau 4 yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 185 Hp. Unit ini didesain untuk mengerjakan berbagai pekerjaan tranching yang cukup sulit seperti tanah berbatu sampai dengan material beton atau aspal. Tersedia beberapa opsi boom dengan kedalaman penggalian 1.2 m, 1.5 m, 1.8 m atau 2.4 m. Lebar lubang penggalian yang bisa dikerjakan sampai dengan 61 cm. Untuk material yang keras seperti batuan, opsi penggunaan attachment rock wheel dengan sistem hydrostatic bisa dipilih. Dengan attachment khusus ini, kerasnya batuan yang digali tidak menjadi masalah. Kedalaman penggalian dengan attachment ini bisa mencapai 91,4 cm, sementara lebar lubang penggalian 15,2 cm.

Salah satu fitur andalan dari unit Vermeer T555 ini adalah TECPlus. Sistem cerdas ini akan membantu operator mengontrol pengoperasian unit dengan lebih efisien disamping menyajikan data operasional untuk keperluan manajemen pengoperasian dengan mengumpulkan data yang dihasilkan berbagai modul yang tertanam di unit. Sistem ini juga akan membantu memberikan informasi trobleshooting saat unit mengalami masalah. Sistem TECPlus bekerja dengan cara menentukan kedalaman galian dan putaran drum headchain yang optimum. Saat kedua parameter ini telah diperoleh, sistem TECPlus akan memaksimumkan kecepatan berpindah unit, sehingga pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat.

Penggalian material yang keras akan berdampak pada umur headshaft chain (bagian trencher yang berputar menggali batuan). Menyadari permasalahan yang dihadapi sebuah trencher, Vermeer mendesain T555 dengan sistem rotary power drive motor. Dengan motor khusus ini penggalian bisa dilakukan putaran rendah namun dengan torsi yang besar, alhasil penggalian pun menjadi lebih efektif dan usia chain menjadi lebih lama.

 

vermeer_t555_equipina_1

Untuk unit yang sering bekerja pada suatu kemiringan, unit ini bisa dilengkapi dengan sistem Autotilt Track (opsional). Dengan sistem ini, sekalipun kedua sisi track berada pada ketinggian yang berbeda, kabin operator posisinya tetap mendatar, sehingga akan mengurangi kelelahan operator dan meningkatkan konsentrasi pada pekerjaan yang dilakukan. Kemiringan medan yang bisa diakomodir dengan penggunaan dengan sistem Autrack Tilt ini sebesar 100. Selain itu juga dimungkinkan menggunakan Full Function Remote Control secara opsional, berupa remote control wireless yang bisa mengoperasikan semua fungsi dari unit.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

PT Vermeer Indonesia
Marketing office

Gedung Wisma Raharja Lt.2
Jl. TB. Simatupang kav.1 Cilandak Timur
Jakarta Selatan 12560

T. +62 21 78843803, 78835128
F. +62 21 78846184
E. sales@vermeer.co.id

Warehouse

Kawasan Industri Jababeka 1
Jl. Jababeka III, Blok C46, G-H
Cikarang – Bekasi 17530

T. +62 21 89832004, 89832072
F. +62 21 89832072
E. sales@vermeer.co.id

Website : http://www.vermeer.co.id

 

(TP)