Ultratrex Amphibious Excavator, Untuk Berbagai Pekerjaan di Area Genangan Air

Excavator merupakan jenis alat berat yang paling populer. Karena kepopulerannya excavator kerap digunakan menggantikan alat berat yang lain. Berbagai jenis pekerjaan memang bisa dikerjakan oleh excavator, sehingga bisa menghemat biaya operasional. Namun, excavator juga memiliki keterbatasan, salah satunya saat bekerja pada area berair, misalnya sungai atau rawa, excavator tidak bisa bekerja optimal.

Pada beberapa situasi excavator tetap digunakan, misalnya dengan excavator long reach atau menggunakan ponton. Namun opsi-opsi inipun tidak selalu bisa digunakan. Excavator longreach tidak selalu bisa menjangkau semua area, terutama pada saat menggali di lokasi berair yang cukup lebar. Sedangkan excavator dengan ponton memiliki keterbatasan, apalagi kalau bukan tidak semua area bisa dijangkau denganponton. Pada area-area yang berlumpur, ponton tidak bisa digunakan karena ponton akan kandas pada lumpur. Disinilah satu opsi berupa amphibious excavator merupakan pilihan terbaik.

ultratrex_equipina

Amphibious excavator pada dasarnya merupakan excavator biasa yang diganti track-nya. Bila pada excavator standar, undercarriage digunakan untuk bergerak baik di permukaan tanah yang keras maupun berlumpur, pada amphibious excavator, undercarriage diganti dengan undercarriage khusus sehingga excavator bisa bergerak di area berlumpur dan berair dangkal, bahkan di air yang cukup dalam.

PT. Ultratrex Indonesia, merupakan sebuah perusahaan yang khusus memproduksi amphibious undercarriage. Untuk instalasi undercarriage khusus ini, PT. Ultratrex Indonesia menggarapnya di workshopnya yang terletak di wilayah Kelapa gading Jakarta Utara. PT. Ultratrex Indonesia sendiri merupakan anak perusahaan dari Ultratrex, sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura.

Ultratrex sendiri hadir di berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina. Di Malaysia, Ultratrex memiliki fasilitas manufacturing di area hampir 1 hektar dengan 3 line produksi menggunakan mesin-mesin modern. Di Indonesia Ultratrex memiliki fasilitas perakitan (assembling). Komponen-komponen dari amphibious track diimpor secara terpisah, barulah komponen-komponen ini dirakit dan dipasang pada unit excavator pesanan pelanggan.

Semua brand excavator yang berada di pasaran saat ini bisa dipasang amphibious track ini. Ultratrex memiliki pengalaman luas dalam memproduksi dan instalasi amphibious track pada berbagai merek excavator baik excvator lama maupun baru. Untuk excavator  baru, pelanggan memiliki opsi apakah menggunakan excavator yang telah dibelinya atau menyerahkan kepada pihak Ultratrex untuk membeli sekaligus memasang amphibious track.

Bila customer membeli unit amphibious excavator secara keseluruhan pada PT. Ultratrex Indonesia, baik untuk pembelian excavator maupun amphibious track-nya, menurut salah seorang staf PT. Ultratrex Indonesia yang ditemui Equipina di sela-sela ajang Construction Indonesia 2017 menyatakan total harganya lebih murah ketimbang customer membeli excavator sendiri kemudian menyerahkan kepada PT. Ultratrex Indonesia untuk dipasang amphibious track. Hal ini disebabkan Ultratrex telah menjalin hubungan dengan berbagai merek excavator sehingga harga yang diperoleh pun merupakan harga khusus.

ultratrex_equipina_1

Belum lagi faktor pajak karena customer membeli excavator dan amphibious secara terpisah, akan dikenai perhitungan pajak yang berbeda. Hal lain yang harus diperhatikan customer jika mengorder amphibious excavator secara terpisah adalah biaya transportasi dari lokasi customer ke workshop PT. Ultratrex Indonesia yang akan membuat keseluruhan biaya bertambah.

Namun yang perlu diperhatikan, bila customer membeli unit excavator sendiri, ada kemungkinan customer akan memperoleh komponen undercarriage ekstra (beberapa merek excavator memberikan promo seperti ini). Sebaliknya jika customer membeli amphibious excavator secara keseluruhan dari PT. Ultratrex Indonesia, customer tidak mendapatkan komponen undercarriage ekstra (jika merek tersebut memiliki promo).

Untuk amphibious excavator, PT. Ultratrex memberikan garansi selama 2000 jam. Garansi ini merupakan garansi untuk amphibious track saja, sedangkan garansi utuk unitnya tergantung dari policy masing-masing merek.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

PT. Ultratrex Indonesia
Kirana Boutique Office
JL. Kirana Avenue 3, Blok F-2 No.10
Kelapa Gading Timur, Jakarta 14240

Tel: +6221 45878800, +6221 29365261-62
Fax: +6221 29365263
Contact Person: Halim Podiono
Contact No: +62 816 877 737
Email:halim@ultratrex.co.id
Website : http://www.ultratrex.co.id

(BW)