Product Review

Ural, Truk Tangguh Untuk Segala Medan

Bila ada truk yang kategorinya on highway truck alias truk yang didisain untuk beroperasi di jalan raya sekaligus mampu mengatasi medan-medan ekstrim maka Ural adalah salah satunya. Mungkin merek truk satu ini cukup asing di Indonesia. Namun di sebagian negara Eropa truk-truk Ural cukup dikenal, terutama versi militernya yang banyak digunakan sebagai kendaraan angkut personil militer.

Truk-truk Ural memang didisain khusus sebagai kendaraan militer. Situasi pada saat itu (1941) dimana sedang terjadi Perang Dunia II, membuat Stalin, pemimpin Uni Soviet menginstruksikan untuk membangun pabrik kendaraan militer bagi keperluan operasional tentara Uni Soviet yang saat itu melakukan pertempuran di berbagai wilayah melawan tentara Nazi Jerman. Pabrik kendaraan militer yang memproduksi truk-truk pertama Uni Soviet kemudian dibangun di Chelyabinsk Oblast, di wilayah Pegunungan Ural.

Pada tahun 1942, pabrik ini telah mampu memproduksi engine dan gearbox. Barulah pada 8 Juli 1944, pabrik ini sudah dapat memproduksi truk secara utuh. Awalnya truk-truk ini menggunakan merek UralZIS, ZIS merupakan inisial nama Stalin dalam bahasa Rusia.

Segera setelah truk-truk UralZIS diproduksi, truk-truk ini diterjunkan pada berbagai medan pertempuran penting yang mematikan. Salah satunya adalah penaklukan Kota Berlin pada April 1945. Kekalahan tentara Jerman di kandangnya sendiri ini diyakini banyak orang sebagai salah satu penyebab menyerahnya Nazi Jerman yang sekaligus mengakhiri Perang Dunia II.

Seusai Perang Dunia II, produksi UralZIS semakin meningkat. Beberapa model baru bermunculan dengan fokus tetap pada truk-truk militer. Puncak kejayaan truk-truk UralZIS terjadi pada tahun 1960-an dengan produksi yang semakin meningkat. Bahkan UralAZ, pabrikan dari truk Ural, mendapat penghargaan bergengsi dari pemerintah Uni Soviet, Order of the Red Banner of Labour, dengan pencapaian total produksi lebih dari 500 ribu truk Ural dan lebih dari 1,3 juta engine.

Pada tahun 1977, engine KamAZ mulai digunakan menggantikan engine-engine asli produksi Ural, dan pada 1981 truk-truk Ural mulai menggunakan engine-engine Caterpillar sejalan dengan ukuran truk yang semakin besar. Bila sejak awal, truk-truk Ural berbobot maksimum 5 ton, setelah menggunakan engine Caterpillar, Ural mulai memproduksi truk-truk ukuran 8 ton.

Satu momentum terpenting bagi Ural terjadi pada tahun 1987. Dengan produksi yang semakin besar, pemerintah Uni Soviet yang saat itu berada di bawah pemerintahan Mikhail Gorbachev kemudian melakukan privatisasi UralAZ, dari sebelumnya adalah sebuah perusahaan yang dimiliki negara, diubah menjadi perusahaan swasta. Sesuatu hal yang mustahil di era pemerintahan sebelum Gorbachev. Privatisasi ini kemudian diikuti langkah strategis dengan mulai memproduksi truk-truk bagi warga sipil.

Namun sayangnya privatisasi ini tidak lantas membuat kinerja UralAZ meningkat. Setelah selama puluhan tahun Ural didukung oleh pemerintahan Uni Soviet, setelah privatisasi itu Ural harus berjuang sendiri untuk bisa bertahan hidup. Puncaknya terjadi pada tahun 1998, UralAZ hampir mengalami kebangkrutan. Namun sebelumnya pada tahun 1992, Ural mulai menjalin hubungan dengan Iveco, produsen truk terkemuka asal Itali.

Iveco lah yang menjadi dewa penyelamat bagi Ural dengan mengakuisisi mayoritas saham Ural dan menjadikan bagian dari Iveco pada tahun 2008. Setelah berada di bawah Iveco, brand Ural kembali berkibar sampai dengan saat ini. Iveco tetap mempertahankan disain-disain awal Truk Ural, dengan dilengkapi berbagai fitur modern yang membuat truk-truk Ural versi baru menjadi lebih nyaman. Untuk engine, truk-truk Ural modern kebanyakan menggunakan engine Deutz. Fasilitas pabrik di Chelyabinsk, Rusia digunakan untuk assembling, sedangkan untuk memproduksi komponen-komponen truk Ural, Iveco membangun fasilitas produksi di kota Turin, Itali.

ural_equipina_1

Kekuatan utama truk-truk Ural terletak pada ketangguhan menghadapi medan-medan ekstrim. Hal ini bisa terjadi berkat disain frame dan body yang sangat kuat, mesin yang didisain untuk bekerja maksimal dengan menghasilkan torsi yang besar, untuk disalurkan pada semua roda (all wheel drive). Ground clearance-nya pun cukup tinggi, sehingga truk-truk Ural dapat bermanuver dengan mudah di area-area berlumpur tebal, atau berbatu-batu besar. Pada beberapa video di Youtube, truk-truk Ural bahkan bisa melintasi sungai-sungai yang deras dan dalam sambil mengangkut beban berat seperti batang-batang pohon. Pada sebuah video yang diunggah di Youtube terlihat truk Ural menarik Volvo FH16 long trailer melintasi sebuah sungai berair deras dengan mudahnya. Sesuatu yang sulit dilakukan truk-truk yang sejatinya didisain untuk beroperasi di jalan raya.

Truk-truk Ural juga dikenal dengan kemudahannya untuk dilakukan maintenance. Hal ini merupakan warisan dari disain awal truk-truk Ural sebagai truk militer yang menuntut truk-truk harus tangguh menghadapi berbagai medan namun mudah dalam maintenance-nya.

 

(TM)

Leave a Reply