Vertical vs Radial Skid Steer Loader, Mana yang Seharusnya Dipilih?

Anda berencana melakukan investasi pembelian skid steer loader? Jika ya, Anda akan segera mendapatkan penawaran dari berbagai merek dengan aneka fitur dan kelebihannya. Namun apakah dari penawaran-penawaran yang diterima itu sesuai dengan kebutuhan Anda? Sebelum Anda memutuskan produk mana yang akan dipilih, Anda harus memahami karakter dari masing-masing produk dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

vertical_radial_lift_skid_steer_loader_equipina
Skid Steer Loader Gehl Tipe Radial Lift

Biasanya sebuah brosur produk skid steer loader menjelaskan unit tersebut merupakan tipe vertical lift atau radial lift. Sayangnya tidak semua sales akan menjelaskan secara detil perbedaannya. Walaupun sepintas terlihat sama namun ada perbedaan fungsi antara keduanya.

Dalam kapasitas dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan, tidak ada perbedaan signifikan antara kedua tipe ini. Kedua tipe skid steer loader ini bisa melakukan berbagai pekerjaan seperti loading material, membersihkan material maupun meratakan suatu area.

Sebuah skid steer loader yang bertipe radial lift, pada saat menaikkan arm-nya sebelum mencapai ketinggian maksimum, attachment yang terpasang akan berputar dalam sudut putaran tertentu, sementara skid steer loader bertipe vertical lift akan bergerak secara vertikal ke atas. Dari karakteristik gerakan masing-masing, kedua tipe skid steer loader ini, ada perbedaan dari pekerjaan yang bisa dilakukan.

Radial lift sangat cocok untuk pekerjaan penggalian, baik penggalian tanah (excavating dan digging), pemuatan (loading) maupun perataan permukaan tanah (grading), karena skid steer loader dengan tipe radial lift pada saat posisi arm mencapai ketinggian maksimum memiliki sudut bukaan attachment yang lebih besar daripada tipe vertical lift. Sementara skid steer loader tipe vertical lift sangat ideal untuk berbagai pekerjaan material handling, seperti memuat barang menggunakan pallet ke atas sebuah truk dan menurunkan dari atas truk. Contoh lain aplikasi yang sesuai bagi tipe vertical lift adalah memuat (dumping) material ke atas dump truk.

vertical_radial_lift_skid_steer_loader_equipina_1
Perbandingan Antara Vertical Lift dan Radial Lift

Dalam penggunaannya, jarang sekali skid steer loader hanya digunakan untuk mengerjakan satu pekerjaan. Sebuah skid steer loader kerap digunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan. Anda perlu menentukan dari sekian kemungkinan pekerjaan yang akan dilakukan oleh skid steer loader yang akan dibeli, jenis pekerjaan apa yang paling sering dilakukan oleh unit tersebut. Diperlukan diskusi antar departemen mengenai pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan.

Secara umum, harga skid steer loader tipe vertical lift lebih mahal dibanding tipe radial lift karena tipe vertical lift membutuhkan lebih banyak spare part daripada tipe radial lift. Namun hal ini bergantung hal teknis dan kebijakan dari masing-masing merek.

 

(LK)