Video : JCB 220X Excavator, Standar Baru Excavator Masa Depan

Produsen alat berat konstruksi, pertanian dan industri asal Inggris, JCB, baru-baru ini mengujicoba satu prototipe excavator terbarunya: X Series yang diklaim akan menjadi standar baru excavator masa depan.

JCB telah menginvestasikan 110 juta poundsterling (sekitar USD 155 juta) dan waktu empat tahun dalam pengembangan line product excavator ini. Seri X ini diklaim memiliki standar baru dalam hal daya tahan dan kualitas, konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, peningkatan produksi, kabin operator yang lebih nyaman, dan mengurangi total biaya kepemilikan.

Dua model pertama yang akan diproduksi adalah excavator kelas 22 ton, JCB 220X, dan excavator kelas 21 ton, JCB 210X.

Excavator Seri X memiliki desain upperstructure baru yaitu 200 mm lebih lebar dari model sebelumnya, dengan lebar keseluruhan 2,7 m. Hal ini memungkinkan boom utama diposisikan tepat di tengah uppserstructure, bukan pada bagian yang agak ke pinggir (offset). Dampak pada desain terpusat ini akan mengurangi tekanan pada swing gear dan mampu meningkatkan akurasi penggalian. Kemampuan swing motor yang digunakan 38% lebih besar dari versi pendahulunya yang mampu menghasilkan swing torque 16% lebih besar.

Kedua model excavator JCB ini didukung oleh engine diesel 4.8L L 4 Final/EU Stage IV EcoMAX yang diproduksi oleh JCB. Engine ini mampu menghasilkan tenaga 129 kW (173 hp) dan torsi maksimum 690 N·m (509 lb.ft) yang selanjutnya menggerakkan dua pompa piston aksial bertipe variable-displacement dari Kawasaki yang mampu memompa 2 x 228 L/menit oli.

Selain itu, perusahaan telah pindah ke selang hidrolik Gates 25-mm yang lebih besar dengan koneksi flanged empat-baut, menghasilkan tekanan balik yang berkurang dan peningkatan efisiensi. Perusahaan mengklaim bahwa 220X memberikan manfaat konsumsi bahan bakar 15% dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sambil memberikan peningkatan 10% dalam produktivitas penggalian. Mesin tersebut ditawarkan GPS siap dari pabrik, untuk bekerja dengan berbagai sistem panduan mesin 2D dan 3D.

Seri X ini menggunakan undercarriage serta desain boom dan arm yang sama dengan unit generasi sebelumnya. Namun, kabin mengalami pembaruan desain. Sebagai informasi, kabin ini diproduksi sendiri oleh JCB Cabs. Dengan upperframe yang lebih lebar, volume kabin baru ini 15% lebih besar dari versi sebelumnya.

Kabin ini menggunakan sistem isolasi ganda untuk suara, sehingga unit ini memiliki tingkat kebisingan 5 dB lebih rendah dari pendahulunya. Tingkat kebisingan maksimum 68 dB. Ini membanggakan sistem HVAC baru dengan peningkatan 43% dalam kapasitas dan 11 ventilasi udara. JCB bekerja sama dengan pabrikan kursi operator, Grammer untuk memberikan pilihan tiga kursi operator yang mencakup fungsi pemanasan dan pendinginan. Kabin CommandPlus memiliki joystick dan kontrol yang dipasang pada kursi operator, yang memungkinkan operator bekerja tanpa harus kehilangan fokus. Peningkatan faktor ergonomi juga mencakup monitor 7 inch yang dipasang di sebelah kanan kursi operator.

Pekerjaan tubuh bagian atas baru memiliki rok diucapkan yang dirancang untuk memberikan zona dampak di sudut belakang. Pintu-pintu servis kaset-gaya baru menawarkan peningkatan kekuatan dan daya tahan, sambil menyediakan akses mudah ke titik-titik servis. Memang, mesin Seri X membanggakan peningkatan 30% dalam rating layanan SAE. Alat berat juga menawarkan penggantian oli hidraulik 5000 jam dan interval filter hidrolik 2000 jam, sementara sistem auto-pelumas tersedia dari pabrik. Filter udara Donaldson Powercore generasi terbaru juga menawarkan masa pakai layanan selama 2000 jam, mengurangi biaya pengoperasian.

Semua excavator Seri X ini telah dilengkapi dengan standar sistem kontrol LiveLink, yang menyediakan informasi lokasi dan data operasi dari jarak jauh ke service departemen dan manajemen.

(TP)

Leave a Comment